x

Bukan Hanya Costa, Ini 5 Pemain yang Pernah Ludahi Lawan

Selasa, 18 September 2018 17:21 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Yohanes Ishak
Douglas Costa saat insiden meludahi wajah Federico Di Francesco, Minggu (16/09/18)

INDOSPORT.COM - Publik sepak bola Italia dikejutkan dengan aksi tak terpuji dari Douglas Costa saat membela Juventus vs Sassuolo pada Minggu (16/09/18) kemarin. Pemain internasional asal Brasil tertangkap kamera meludahi pemain Sassuolo, Federico Di Francesco pada akhir pertandingan.

Mantan pemain Bayern Munchen itupun diganjar kartu merah oleh sang pengadil lapangan. Hingga saat ini, Costa masih belum meminta maaf secara langsung ke Di Francesco.

Baca Juga

Aksi meludah lawan sendiri bukanlah hal baru dalam dunia sepak bola. Banyak pemain yang bahkan mempunyai reputasipun pernah melakukan tindakan tercela ini.

Siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT rangkum dalam 5 pemain yang pernah meludah ke lawannya.


1. Frank Rijkaard

Frank Rijkaard meludah ke Rudi Voeller

Bersama Marco van Basten dan Ruud Gullit, Frank Rijkaard membentuk trio Belanda menakutkan pada era 80-an. Berposisi sebagai gelandang bertahan atau bek tengah, Belanda sukses dibawanya menjuarai satu-satunya gelar untuk Belanda yaitu Piala Eropa 1988 di Jerman Barat.

Akan tetapi, mantan pelatih Barcelona itu pernah melakukan aksi meludah yang bukan hanya sekali, bahkan sampai 2 kali. Korbannya ialah andalan Jerman, Rudi Voeller pada Piala Dunia 1990.

Baca Juga

Atas aksinya, Rijkaard diganjar kartu merah yang berakibat fatal bagi Belanda di laga klasik melawan Jerman. Der Panzer mampu mengalahkan 10 pemain The Oranye dengan skor 2-1, hingga akhirnya Jerman keluar sebagai juara pada turnamen itu setelah mengalahkan Argentina di final.


2. Patrick Vieira

Patrick Vieira (kiri).

Batu karang asal Prancis ini adalah sosok penting Arsenal dalam perjalanan menuju kesempurnaan pada pada musim 2003-2004. Kehilangannya diyakini telah menyulitkan Arsenal kembali ke peforma terbaiknya.

Baca Juga

Namun, siapa sangka, Patrick Vieira pernah dikartu merah karena meludah ke pemain West Ham, Neil Ruddock pada Oktober 1999. Vieira pun terpaksa mandi lebih cepat dibanding rekan lainnya.

Larangan 6 pertandingan dan denda sebesar 30.000 pounds melengkapi ganjaran yang harus diterima legenda Prancis itu.


3. Francesco Totti

Francesco Totti vs Christian Poulsen dalam pertandingan Piala Eropa 2004.

Pangeran Roma ini juga tak lepas dari insiden meludah. Dirinya pernah meludah saat membela Timnas Italia pada ajang Piala Eropa 2004 di Portugal.

Gli Azzuri sendiri mengalami nasib buruk pada turnamen antar 4 tahunan itu. Mereka disingkirkan pada fase grup secara tragis oleh Swedia dan Denmark hanya dengan selisih gol.

Baca Juga

Francesco Totti tertangkap meludahi gelandang Denmark, Christian Poulsen di laga yang berkesudahan dengan skor kacamata. Alhasil, hukuman larangan bertanding sebanyak 3 laga harus diterima oleh pemain yang identic dengan nomor punggung 10 itu.


4. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo ketika masih membela Manchester United.

Megabintang asal Portugal juga tak luput dari insiden meludah, dirinya melakukan aksi tak terpuji itu saat masih berseragam Manchester United. Kala itu di musim 2008/09 pada babak 16 besar Piala FA.

Baca Juga

Cristiano Ronaldo yang masih berjiwa muda sangat mudah untuk terpancing provokasi. Pemain Derby County, Robbie  Savage adalah sosok yang berhasil memancing amarah CR7, untungnya aksi meludahnya tidak menghentikan laju setan merah melaju ke babak selanjutnya setelah menang 4-1 atas Derby.


5. Lionel Messi

Lionel Messi tidak termasuk dalam daftar pemain terbaik versi FIFA.

Lionel Messi, ya anda tidak salah baca, sosok yang kalem dan tenang ini juga pernah melakukan aksi meludah juga. Kala itu bintang Argentina itu sedang membela Barcelona menghadapi Malaga di La Rosaleda, 1 November 2008.

Baca Juga

Pekan ke-9 La Liga Spanyol menjadi saksi bagaimana emosi La Pulga tak terbendung hingga meludah ke winger Malaga, Duda. Kabarnya Messi kesal karena kerap menerima tekel horor dari pemain Malaga itu.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

Cristiano RonaldoLionel MessiFrancesco TottiPatrick VieiraFrank RijkaardDouglas CostaBola Internasional

Berita Terkini