x

4 Fakta Kemenangan Timnas Indonesia U-16 di Piala Asia

Jumat, 21 September 2018 20:14 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Iran vs Indonesia

INDOSPORT.COMTimnas sepak bola Indonesia U-16 berhasil meraih catatan positif, kala menghadapi Timnas Iran U-16 di laga perdana Piala Asia U-16 2018 grup C dengan skor 2-0, Jumat (21/09/19) di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia.

Pada pertandingan ini, Timnas Indonesia U-16 berhasil mengejutkan lawannya melalui serangan cepat yang dibangun anak asuh Fakhri Husaini. Terbukti, di menit ke-4, Bagus Kahfi berhasil merobek jala gawang Timnas U-16 Iran.

Selepas gol tersebut, keduanya pun langsung saling melancarkan serangan. Tak ayal, jual beli serangan pun terjadi sepanjang babak pertama dan kedua.

Baca Juga

Akan tetapi menjelang berakhirnya pertandingan, saudara kembar Bagus, Bagas Kaffa, berhasil menggandakan kedudukuan sekaligus memastikan tiga angka untuk Skuat Garuda Asia.

Namun di balik keberhasilan Timnas Indonesia U-16 itu, tenyata terdapat beberapa fakta yang cukup menarik. Maka dari itu, INDOSPORT pun telah merangkum beberapa fakta-fakta menarik pasca kemenangan Timnas U-16 Indonesia di Piala Asia U-16.


1. Gol Kelas Dunia dari Seorang Bek

Iran vs Indonesia.

Saat pertandingan mendekati akhir, Indonesia berhasil menggandakan kedudukan sekaligus mengunci kemenangan atas timnas U-16 Iran melalui aksi ciamik Bagas Kaffa di menit ke-90+1.

Menariknya, saudara kembar Bagus ini berhasil mempecundangi pemain belakang Iran dengan cara yang berkelas. Bukan hanya satu atau dua, melainkan empat pemain Iran berhasil ia perdaya melalui aksi solo run-nya.

Baca Juga

Berawal dari bola liar, Bagas yang berhasil mendapatkan bola dan langsung berlari ke dalam kotak penalti Iran. Menariknya, ia berhasil mengocek satu persatu para pemain belakang Iran, sebelum melesatkan sepakan terukur ke gawang Iran.

Satu hal yang perlu diketahui, Bagas Kaffa merupakan seorang pemain belakang. Tak ayal, gol ini menjadi sangat berkelas mengingat posisinya adalah seorang bek, bukan penyerang.


2. Kali Pertama, Indonesia Diselamatkan oleh Pemain Kembar

Duo kembar Timnas Indonesia U-16, Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi.

Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi memang berhasil mencuri perhatian pada pertandingan ini. Bagaimana tidak? Dua gol Indonesia pada pertandingan ini berasal dari sepakan kaki mereka.

Tak ayal, Bagas dan Bagus dipuja-puji oleh para pendukung Indonesia. Baik yang hadir secara langsung di Malaysia, ataupun yang menonton di rumah.

Nama Bagas dan Bagus sendiri tidaklah asing bagi para pencinta tim nasional Indonesia. Keduanya, telah berhasil mempersembahkan gelar Piala AFF U-16  pada bulan Agustus lalu. 

Baca Juga

Kini di Piala Asia 2018 Malaysia, kombinasi keduanya pun berhasil mengantarkan kemenangan Indonesia atas salah satu lawan kuat di ajang ini, Timnas Iran U-16.

Berawal dari gol Bagus Kahfi di menit ke-4, sang saudara pun mengunci kemenangan pada pertandingan ini, melalui aksi cantiknya di menit ke-90+1. Hal ini untuk kali pertama Timnas Indonesia U-16 berhasil memenangkan pertandingan lewat gol yang dicetak dari pemain kembar.


3. Stadion Bukit Jalil Bergemuruh oleh Fans Timnas Indonesia

Suporter Indonesia

Walau bermain di Negeri Malaysia, nyatanya antusiasme para suporter Indonesia untuk mendukung Timnas Indonesia tidak mengenal kasta senior atau junior.

Hal ini terbukti saat pertandingan Timnas Indonesia U-16 saat melawan Timnas Iran U-16.

Sepanjang 90 menit jalannya pertandingan, yel-yel serta nyanyian 'Garuda di Dadaku' terus terdengar hingga seisi stadion Bukit Jalil berkat para fans yang hadir.

Baca Juga

"Fans Indonesia membuat dirinya mereka terdengar!" ucap AFC.

Tak ayal, berbagai pujian pun datang untuk pendukung Indonesia. Salah satunya, dari AFC langsung. Melalui cuitannya, induk tertinggi sepakbola Asia ini, memuji para penonton Indonesia yang berhasil menarik perhatian pada pertandingan tersebut.


4. 'Pocong' Turut Andil dalam Kemenangan Timnas Indonesia U-16

Suporter Indonesia

Kehadiran Mentri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Imam Nahrawi, di tengah-tengah para pendukung yang hadir memang berhasil mencuri perhatian. Akan tetapi, ada yang lebih menarik perhatian dibandingkan Imam Nahrawi.

Tak lain tak bukan adalah kehadiran salah satu sosok fenomenal di Indonesia, hantu 'Pocong' di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia. 

Baca Juga

Hal ini diketahui setelah Imam Nahrawi mengunggah sebuah video pada akun Instagramnya. Terlihat sesosok hantu fenomenal di Indonesia.

Akan tetapi bukannya seram, justru pocong tersebut membuat bapak Menpora Indonesia tertawa terbahak-bahak. Bahkan, dalam video tersebut terdengar jelas, Imam memuji kehadiran setan khas Indonesia ini di dalam stadion.

"Nih pocong aja dukung timnas tuh. Ayo pocong, gerak-gerak," ucap Imam Nahrawi sambil tertawa.

Penulis: Ridi F Khan

Jadwal Timnas Indonesia U-16 di Piala Asia

Ikuti Update Terbaru Jadwal Piala Asia U-16 2018 dan Perkembangan Timnas Indonesia U-16 di INDOSPORT.COM

Indonesia U-16Timnas Indonesia U-16Bola InternasionalPiala Asia U-16Bagas KaffaBagus KahfiPiala Asia U-16 2018Piala AFC U-16

Berita Terkini