x

Jakmania Tewas, Panpel Persib Bandung Langgar Peraturan FIFA

Senin, 24 September 2018 14:56 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Haringga Sirila, suporter Persija yang tewas karena pengeroyokan sebelum laga Persib vs Persija di Stadion GBLA, Minggu (23/09/18).

INDOSPORT.COM - Kabar tewasnya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirilia membuat semua pecinta sepak bola Tanah Air murka. Siapa yang harus disalahkan?

Jelang laga Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (23/09/18), suporter yang diyakini seorang Jakmania tewas karena pengeroyokan oleh oknum Bobotoh.

Jika merujuk kepada sebuah pertandingan sepak bola, tentu saja, panitia pelaksana  tim yang menjadi tuan rumah yang harusnya bertanggung jawab atas insiden pengeroyokan Jakmania.

Baca Juga

Hal ini pun ternyata sudah tercantum dalam salah satu pasal yang terdapat dalam peraturan FIFA, Safety and Security Regulations, yang membahas segala sesuatu tentang keamanan dan keselamatan sebuah pertandingan sepak bola.


1. Panpel Persib Langgar FIFA

FIFA.

INDOSPORT pun menemukan kalimat di mana panitia pelaksana sebuah pertandingan resmi harus bisa bekerja sama dengan pihak keamanan setempat untuk menjamin keamanan dan keselamatan semua pihak yang terlibat di pertandingan tersebut.

Dalam Safety and Security Regulations pasal 60, FIFA menegaskan bahwa, "Panitia Pelaksana harus bisa bekerja sama dengan pihak keamanan lokal, menjaga perilaku para suporter agar tidak provokatif atau agresif."

Safety and Regulations FIFA pasal 60

FIFA juga menjelaskan keamanan para suporter tamu di luar stadion yang harus dijamin oleh panitia pelaksana dalam Safety and Security Regulations pasal 62. 

Baca Juga

"Panitia Pelaksana pertandingan harus menjaga para penonton di stadium dari awal hingga akhir pertandingan, dan menjamin keselamatan mereka di luar stadion."

Safety and Regulations FIFA pasal 62

2. Gede Widiade Kecam Panpel Persib

Gede Widiade Jamu Makan Malam Pers.

Seperti yang sudah diberitakan, Direktur Persija, Gede Widiade juga mengecam panpel yang tidak dapat menjamin keselamatan Jakmania yang kedapatan datang ke Bandung.

"Saya sangat kecewa ada kejadian ini. Waktu Persib main di PTIK, satu orang Bobotoh berhasil kami amankan dan kami pulangkan dalam keadaan selamat," tambah Gede.

Baca Juga

"Kenapa giliran kami, kok, malah begini. Ini sudah jelas panpel (Panitia Penyelenggara) tidak layak mengurus pertandingan," tambahnya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

FIFAPersib BandungPersija JakartaLiga IndonesiaHaringga Sirila

Berita Terkini