x

5 Bintang Sepak Bola Yang Memiliki Klub Sendiri

Selasa, 25 September 2018 15:00 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Ryan Giggs, Paul Scholes, Nicky Butt, Gary Neville, Phil Neville sebagai pemilik Salford City.

INDOSPORT.COM - Kabar mengenai Ronaldo Nazario yang membeli klub asal Spanyol, Real Valladolid, serta David Beckham yang mendirikan sebuah klub di Amerika Serikat, memang sangat mengejutkan. Pasalnya, tak ada yang menyangka, bahwa seorang mantan pemain sepakbola 'mampu' membeli atau membuat klub sepak bola profesional.

Tak ayal, banyak yang meragukan keduanya, bisa memimpin sebuah klub menuju ke jalur kesuksesan. Akan tetapi, kesuksesan sendiri, beragam jenisnya. Ada sukses secara sejarah, seperti Liverpool.

Baca Juga

Adapula sukses secara finansial, seperti Ajax Amsterdam, FC Porto, serta SL Benfica. Ataupun sukses dalam keduanya, seperti Real Madrid.

Baca Juga

Maka dari itu, banyak pasang mata yang menanti kiprah, baik Ronaldo besama Valladolid, dan juga Beckham bersama Inter Miami. Namun, selain dua mantan pemain Real Madrid ini, sejatinya terdapat beberapa pemain yang terlebih dahulu membuat atau membeli sebuah klub. Baik itu, secara individu ataupun berkelompok.

INDOSPORT pun telah merangkum klub-klub yang dimiliki oleh beberapa pemain yang sudah pensiun maupun yang belum pensiun.
 


1. 1904 FC - Eden Hazard, Demba Ba, Yohan Cabaye dan Moussa Sow

Logo 1904 FC.

Pada tahun 2017 lalu, sebuah kabar mengejutkan datang dari Amerika Serikat, atau lebih tepatnya dari kota San Diego. Pasalnya, kala itu telah dikabarkan, bahwa Eden Hazard (Chelsea), Demba Ba (Shanghai Shenhua), Yohan Cabaye (Al Nasr Dubai) dan Moussa Sow (Shabab Al-Ahli) telah melakukan sebuah kesepakatan dengan salah satu pengusaha di sana, untuk membuat sebuah klub sepakbola profesional, bernama 1904 FC.

Tak ayal, kabar ini pun berhembus kencang, seiring dengan kepopulerannya keempat pesepakbola yang masih aktif bermain tersebut. Rencananya, 1904 FC ini, baru akan bersaing dengan tim-tim Amerika lainnya, pada pertengahan tahun ini, melalui kompetisi North American Soccer League (NASL).
 


2. Phoenix Rising FC - Didier Drogba

Didier Drogba, pemain dan pemilik Phoenix Rising.

Sejak memutuskan untuk hengkang dari Chelsea, legenda Pantai Gading ini, memilih Amerika Serikat, sebagai destinasi berikutnya dalam karier sepakbolanya. kala itu, Montreal Impact menjadi tim pertama yang ia pilih, sekembalinya dari Chelsea.

Setelahnya, klub Phoenix Rising menjadi tujuan terakhirnya, selepas dirinya tidak memperpanjang masa baktinya dengan Montreal di tahun 2017. Uniknya, di tahun yang sama, dirinya turut membeli beberapa persen saham klub asal Arizona tersebut.

Alhasil, saat mengarungi musim 2017, dirinya pun beberapa kali harus turun gunung, dari kantornya menuju lapangan untuk bermain. Tercatat, di musim itu, Drogba bermain sebanyak lima kali, dan berhasil memberikan kontribusi di setiap pertandingannya, dengan empat gol dan satu assist.

Drogba pun berhasil membawa Phoenix melaju ke babak play-off setelah menempati peringkat kedua dengan 56 poin di zona barat United Soccer League (USL) yang merupakan kasta kedua dari Major League Soccer (MLS). Hanya kalah empat angka dari Orange County.
 


3. Salford City FC - The Class of '92 Manchester United

Ryan Giggs, Paul Scholes, Nicky Butt, Gary Neville, Phil Neville sebagai pemilik Salford City.

Berbicara The Class of '92 Manchester United, tergambar jelas bagaimana hebatnya akademi United dalam mencetak pemain-pemain berkualitas kala itu. Buktinya, bersama pemain asli '92 ini, The Reds Devils berhasil meraih berbagai gelar bergengsi, baik di Inggris ataupun Eropa.

Nama-nama seperti Phill dan Garry Neville, Paul Scholes, David Beckham, Nicky Butt dan Ryan Giggs merupakan sebagian pemain yang merupakan lulusan Class '92. Tak ayal, hubungan mereka pun berlanjut hingga kini.

Buktinya, Phill Neville, Garry Neville, Butt, Scholes dan Giggs telah bersepakat untuk membeli sebuah klub sepakbola, Salford City FC yang berada di kasta Vanarama Nations league atau divisi enam Liga Inggris.

Uniknya, setiap pemain Class '92 memiliki saham masing-masing 10%. Tidak ada yang lebih ataupun kurang dari angka tersebut.

Pada musim ini, Salford sendiri berhasil meraih enam kemenangan dan hanya mengalami dua kali kekalahan dari 11 pertandingan. Tak ayal, Salford berhasil menempati peringkat keempat dalam klasemen sementara. 
 


4. Miami FC - David Beckham

David Beckham rilis klub barunya di MLS, yaitu Inter Miami FC

Sekali lagi, Amerika Serikat menjadi destinasi favorit bagi para investor atau pencinta si kulit bundar untuk membuat sebuah klub. Kali ini, mantan pemain bintang Real Madrid dan Manchester United, David Beckham yang mendirikan klub bernama Internacional Club de Futbol Miami atau singkatnya, Inter Miami. 

Rencananya, klub Beckham ini akan mulai mengarungi kerasnya persaingan Major League Soccer (MLS). Uniknya, walau belum diresmikan secara sah, logo klub tersebut sudah bocor ke publik. Tak ayal, logo yang berwarnakan pink tersebut, menjadi bahan olok-olokan karena tidak cocok untuk lambang klub sepakbola.

Namun, dibalik semua itu, nama Beckham sendiri, masih menjadi salah satu daya tarik yang kuat. Buktinya saja, Antoine Griezmann secara terang-terangan, mengatakan ingin memperkuat Inter Miami saat  memasuki akhir dari kariernya sebagai pesebakbola sebelum pensiun.
 


5. Real Valladolid - Ronaldo Nazario

Ronaldo Nazario, Presiden baru Valladolid.

Tak ada kabar sebelumnya, bahwa mantan juru gedor terkemuka Brasil ini akan berkecimpung lagi, ke dunia yang membesarkan namanya tersebut, dengan cara membeli sebuah klub asal Spanyol Real Valladolid.

Menariknya, pemain yang membawa Brasil menjuarai Piala Dunia 2002 ini, membeli 51% persen saham klub Spanyol tersebut, yang artinya, Ronaldo secara resmi telah menjadi presiden Real Valladolid karena memiliki saham terbesar.

Real Valladolid sendiri, tengah berjuang di kasta kedua Liga Spanyol, setelah gagal meraih tiket promosi pada musim lalu. Akan tetapi, perlu diingat, ternyata pada skuat Valladolid, terdapat satu anak asal Indonesia Khairul Imam Zakiri.
 

Terus Ikuti berita sepak bola dan berita olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

Penulis: Ridi F Khan

David BeckhamDidier DrogbaSalford CityRonaldoBola Internasional

Berita Terkini