x

3 Pemain Top Dunia yang Pernah Dilahirkan Eks Pelatih Malaysia U-16

Sabtu, 29 September 2018 15:10 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil

INDOSPORT.COM - Bertindak sebagai tim tuan rumah, Timnas Malaysia U-16 gagal total meraih prestasi di ajang Piala Asia U-16.

Ya, Malaysia U-16 gagal meloloskan diri dari babak grup. Mereka harus tersingkir setelah hanya menjadi juru kunci Grup A dengan torehan tiga poin. Awalnya, Luqman Hakim dan kolega tampil meyakinkan berkat kemenangan telak atas Tajikistan dengan skor 6-2 di laga pertama.

Namun setelah itu, Malaysia U-16 mengalami degradasi peforma. Mereka dikalahkan Thailand di laga kedua dengan skor 2-4, dan takluk dari Jepang 0-2 pada pertandingan pamungkas Grup A.  

Baca Juga

Menyusul kegagalan ini, pihak federasi sepak bola Malaysia (FAM) langsung bertindak tegas. FAM tak segan-segan untuk memecat pelatih Malaysia U-16, Lim Teong Kim.

Padahal, bila dirunut berdasarkan sejarah, Lim Teong Kim memiliki kiprah bagus dalam karir kepelatihan tim pemain muda. Kapabilitasnya bahkan pernah dipercaya menjadi pelatih tim muda raksasa Jerman, Bayern Munchen U-19 pada periode 2001 hingga 2013.

Lim pun diketahui juga pernah berhasil menelurkan bakat-bakat muda pesepakbola hebat Bayern Munchen. Bahkan, beberapa di antaranya sudah berhasil menjadi pemain top dunia.

Lalu, siapa saja pemain hebat dunia hasil didikan Lim yang dimaksudkan tersebut? Berikut ulasan INDOSPORT.com


1. Holger Badstuber

Holger Badstuber.

Pemain yang satu ini pernah begitu menghiasi skuat utama Bayern Munchen pada periode 2009 hingga 2017. Ya, Holger Badstuber, jadi salah satu didikan akademi Bayern yang sukses hingga mampu menembus Tim Nasional (Timnas) Jerman.

Perjalanan karier Badstuber ternyata pernah dilalui bersama Lim Teong Kim. Kala Badstuber masih berstatus pemain Bayern U-19, ia dilatih dan tunduk pada arahan Lim.

Bastuber sendiri hanya dua tahun bersama Bayern U-19, yakni sejak 2006 sampai 2007. Setelah dari tim U-19, Badstuber dipromosikan ke tim FC Bayern II. Kini, pemain berusia 29 tahun sudah meninggalkan Bayern dan berseragam VFB Stuttgart sejak tahun 2017 lalu.


2. Thomas Muller

Thomas Muller.

Tak perlu diragukan lagi, Thomas Muller merupakan didikan akademi Bayern yang berhasil menjadi pemain top. Ia bahkan berperan besar saat Timnas Jerman berhasil menjuarai Piala Dunia 2014.

Perjalanan karier gemilang Muller itu ternyata pernah dilaluinya bersama Lim Teong Kim. Ya, saat masih bermain di Bayern U-19, Muller dididik dan dilatih oleh Lim.

Akan tetapi, perkembangan Muller sungguhlah cepat. Alhasil, ia hanya dua tahun (2006-2008) merasakan dilatih Lim, dan kemudian dipromosikan ke tim senior Bayern Munchen.


3. David Alaba

David Alaba.

Alaba terbilang sebagai pemain serba bisa. Ia bisa ditempatkan sebagai bek sayap kiri, bek tengah, gelandang bertahan, dan kesemuanya mampu dilaksanakannya dengan baik.

Kegemilangan Alaba ini ternyata tak lepas dari campur tangan dingin Lim Teong Kim. Ya, Alaba pernah dilatih Lim saat masih di tim Bayern U-19.

Sama seperti dua pemain sebelumnya, perkembangan Alaba juga termasuk cepat. Pemain berdarah Filipina ini hanya bertahan selama semusim bersama tim U-19, yakni 2008-2009, dan lanjut dipromosikan ke tim senior Bayern Munchen pada tahun 2010.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT

Bayern MunchenThomas MullerMalaysiaDavid AlabaBola InternasionalPiala Asia U-16Lim Teong Kim

Berita Terkini