x

Hasil Pertandingan Piala Asia U-16 2018: Timnas Indonesia U-16 vs Australia

Senin, 1 Oktober 2018 17:25 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Beberapa pemain Timnas Indonesia U16 saat akan melakukan selebrasi.

INDOSPORT.COM - Laga perempatfinal Piala Asia U-16 2018 antara Timnas Indonesia U-16 vs Australia U-16 baru saja berakhir dengan skor 3-2 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (01/10/18) sore.

Timnas Indonesia U-16 yang diharapkan membuat kejutan, memang sempat membuat semua para pecinta sepak bola Tanah Air bersorak. Dengan gol cepat Sutan Zico pada menit ke-17.

Mengawali babak kedua dengan keunggulan sementara 1-0, Timnas Indonesia malah bermain tidak lepas hadapi Australia. Alhasil, tidak hanya menyamakan kedudukan, Australia juga mencetak dua gol tambahan dan membuat mereka menang 3-2 atas Garuda Asia.

Baca Juga

Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT berikan rangkuman jalannya pertandingan perempatfinal Piala Asia U-16 2018 antara Indonesia U-16 vs Australia U-16.


1. Babak Pertama

Sutan Zico melakukan selebrasi usai cetak gol.

Sejak menit pertama, Australia menunjukkan ketenangan mereka dalam mengalirkan bola dari belakang ke barisan depan. Hingga Duzel yang memanfaatkan umpan tarik rekannya, nyaris membobol gawang Indonesia, berhasil diselamatkan tiang gawang.

Menit ke-10, lini pertahanan Indonesia nampak kehilangan fokus. Duzel berhadapan satu lawan satu dengan Ernando, lagi-lagi penyelamatan dilakukan oleh sang kiper yang menepis sepakan gelandang Australia itu.

5 menit kemudian, giliran Indonesia mendapat peluang. Menit ke-15, Sutan Zico yang tidak terkawal melepaskan tembakan ke gawang Australia, kiper bernama Pavlesic harus terjatuh untuk kali pertama guna menepis bola.

Selang dua menit, Zico kembali mencoba peruntungannya dengan sepakan pelan mendatar di dalam kotak penalti. Tembakan tersebut berhasil mengecoh bek dan kiper Australia dan membuat Indonesia unggul 1-0.

Memasuki menit ke-30, Indonesia terlihat mampu mengimbangi permainan Australia. Mengandalkan kecepatan pemain berkaki cepat, Supriyadi yang rajin mengirimkan umpan tarik, sayang Zico belum mampu memaksimalkannya.

Menit ke-44, Andre Oktaviansyah mendapat peluang dan melepaskan sepakan yang berhasil dipatahkan oleh Pavlesic. Bola liar yang mengarah ke Supriadi, gagal dimanfaatkan dengan baik oleh pemain sayap berkaki cepat itu.

Peluang tersebut pun menjadi yang terakhir. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 1-0 untuk Indonesia atas Australia.


2. Babak Kedua

Skuat timnas Australia,

Babak kedua kembali dimulai, dengan Australia masih mencoba untuk memancing para pemain Indonesia keluar dari pertahanan. Hingga pada menit ke-50, Australia mendapat tendangan bebas jauh dari kotak penalti.

Mengejutkan. Tendangan bebas yang menjadi umpan lambung ke kotak penalti Timnas U-16, berhasil dijangkau oleh Daniel Walsh dengan tandukan. Para pemain bertahan Timnas U-16 tidak mampu menandingi lompatan Walsh, kedudukan imbang 1-1 menit ke-51.

Kebobolan, Timnas U-16 seperti bermain dalam kondisi tertekan. Bahkan, Australia memiliki peluang serupa seperti di awal babak pertama, lagi-lagi tiang menjadi penyelamat gawang Indonesia.

Hingga menit ke-65, Adam Leombruno yang menyambut umpan terobosan dari rekannya, melepaskan sepakan keras ke gawang Garuda Asia. Ernando Ari tidak mampu menjangkau bola dan Indonesia tertinggal 2-1.

Timnas U-16 sesekali berusaha merusak pertahanan Australia, namun tidak ada peluang yang benar-benar membahayakan.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Indonesia malah kebobolan lagi. Kali ini, Ernando merasakan keganasan striker andalan Australia, Noah Botic pada menit ke-74.

Menit ke-90, Rendy Juliansyah yang baru dimasukkan secara mengejutkan mampu mencetak gol tambahan untuk Indonesia, skor 3-2, Timnas U-16 masih tertinggal satu gol.

Mendapat 4 menit tambahan, Timnas U-16 berusaha keras untuk menyamakan kedudukan. Namun, pertahanan Australia terlalu rapat dan laga pun berakhir dengan skor 3-2, Timnas U-16 gagal ke Piala Dunia U-17 di Peru.


3. Susunan Pemain Timnas Indonesia U-16 vs Australia U-16:

Skuat Garuda Asia di perempatfinal Piala Asia 2018.

Indonesia U-16: Ernando; Komang, Fadillah, Yudha, Bagas Kaffa; David Maulana, Brylian, Andre; Supriadi, Bagus Kahfi, Sutan Zico

Australia U-16: Pavlesic; Courtney-Perkins, Jordan Bos, Walsh, Leombruno, Lambiris; R. Teague, Kirdar, Luke Duzel; Noah Botic, Joseph Roddy

Terus Ikuti Berita Piala Asia U-16 2018 dan Perkembangan Timnas Indonesia U-16 Hanya di INDOSPORT

AustraliaIndonesia U-16Timnas Indonesia U-16Bola InternasionalPiala AsiaPiala Asia U-16Piala Asia U-16 2018

Berita Terkini