x

4 Calon Klub Baru Antonio Conte dalam Waktu Dekat

Selasa, 2 Oktober 2018 15:11 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Antonio Conte, mantan pelatih Chelsea.

INDOSPORT.COM - Antonio Conte merupakan salah satu pelatih terbaik di Eropa yang saat ini sedang menganggur alias tidak memiliki klub.

Sebelumnya, pelatih asal Italia ini mampu meraih kesuksesan bersama tim Premier League, Chelsea, di mana pada musim perdananya 2016/17 ia langsung mempersembahkan gelar liga dan di musim keduanya ia menorehkan gelar Piala FA.

Sayangnya, raihan gelar Piala FA tak membuat pihak klub merasa puas. Pasalnya, di musim 2017/18 permainan Chelsea bisa dibilang kurang konsisten, bukan hanya gagal mempertahankan gelar Premier League, tetapi mereka juga absen di Liga Champions.

Baca Juga

Hal inilah yang akhirnya membuat manajemen Chelsea sepakat untuk mendepaknya di musim 2018/19 ini dan menggantikannya dengan Maurizio Sarri.

Terlalu cepat? Ya memang begitulah sepak bola pada masa kini dan juga kebijakan yang dimiliki oleh tim asal London Barat tersebut.

Mauruzio Sarri, pelatih Chelsea.

Meski demikian, bukan berarti Conte tidak diminati oleh sejumlah klub elite Eropa. INDOSPORT merangkum ada 4 klub elite Eropa yang bisa menjadi pelabuhan bagi mantan pelatih Juventus tersebut dalam waktu dekat maupun di musim depan. Klub apa sajakah itu? Berikut ulasannya:


1. Manchester United

Logo Man United.

Saat ini, pelatih The Red Devils, Jose Mourinho kerap masuk dalam pemberitaan karena rentetan hasil minor yang didapat oleh timnya, ditambah ia juga berseteru dengan sejumlah pemain, salah satunya adalah sang bintang, Paul Pogba.

Kabar pemecatan pelatih asal Portugal ini pun mulai berembus kencang. Memang, Man United lebih sering dikaitkan dengan mantan pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, namun dalam sepak bola segalanya bisa saja terjadi, termasuk Conte yang menjadi pelatih United.

Apalagi, Conte terbilang memiliki pengalaman yang sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan Zidane di ajang Premier League, sehingga bisa saja Conte yang akan menjadi pelatih Man United di musim depan.

Perlu diingat, pastinya pria yang pernah latih Juventus ini juga ingin membalas dendam terhadap apa yang dilakukan Chelsea kepadanya.


2. AC Milan

Logo AC Milan

Milan kini ditangani oleh salah satu legenda mereka, Gennarro Gattuso. Bersama pria asal Italia ini, performa Milan memang sedikit lebih membaik.

Hanya saja, tim berjuluk Rossoneri ini masih sering bermain kurang konsisten sehingga pastinya manajemen Milan tentu akan mempertimbangkannya.

Sebenarnya, Gattuso bisa saja didepak pada awal musim ini, di mana Milan ingin menjadikan Conte sebagai pelatih mereka.

Namun, tim yang bermarkas di San Siro ini sepertinya masih ingin melihat kiprah Gattuso di musim ini sehingga mereka pun masih memberikannya kesempatan.

Di kompetisi Serie A Italia, Conte jelas lebih berpengalaman di mana 3 Scudetto pernah ia berikan untuk Bianconeri, serta 2 gelar Coppa Italia. Tentunya, hasil ini akan menjadi modal berharga untuknya jika melatih AC Milan.


3. AS Roma

Logo AS Roma.

Nyaris serupa dengan Milan, di musim 2018/19 ini juga Conte sempat dikabarkan diminati oleh klub Ibu Kota Italia ini. Giallorossi merasa tertarik untuk meminang Conte karena taktiknya yang dianggap mengesankan, baik saat melatih Juve maupun Chelsea.

Hanya saja, Roma juga masih memberikan kepada pelatihnya, Eusebio Di Francesco dan kala itu, nasibnya di Chelsea masih belum jelas.

Meski demikian, bukan tidak mungkin jika pada musim depan seandainya Di Francesco tidak memberikan dampak positif kepada Roma, maka Conte akan menjadi penggantinya.


4. Paris Saint-Germain (PSG)

Logo PSG.

klub Ibu Kota Prancis ini juga pernah dikaitkan dengan Conte. Hanya saja, karena saat itu nasib Conte masih tak jelas dan PSG ingin cepat-cepat memiliki pelatih, maka ia menunjuk Thomas Tuchel sebagai juru taktik bagi Neymar cs.

Melatih PSG yang memiliki segudang pemain bintang jelas sangat memudahkan bagi pelatih manapun untuk bisa memborong gelar domestik.

Hanya saja, tim manajemen Les Parisiens menuntut bagi para pelatihnya agar dapat mendapatkan gelar Liga Champions.

Hal ini juga yang menjadikan pelatih sebelum Tuchel, yakni Unai Emery didepak dari Parc des Princess. Di tangan Tuchel, kiprah PSG di ajang Liga Champions belum terlalu teruji.

Pada awal laga, PSG justru ditekuk oleh runner up musim lalu, Liverpool yang membuat nasibnya jelas terancam jika tak memberikan perubahan.

Seandainya Conte nanti dipercaya untuk melatih PSG, maka pelatih berusia 49 tahun ini tentu akan belajar dari pengalaman pelatih sebelumnya, yaitu fokus di pentas Liga Champions dan merotasi pemain di kompetisi domestik.

Penulis: Fildzah Yumna

ChelseaJuventusAntonio ConteBola Internasional

Berita Terkini