x

6 Hoaks Terbesar di Dunia Sepak Bola dari Masa ke Masa

Rabu, 3 Oktober 2018 20:44 WIB
Editor: Isman Fadil
Ilustrasi Hoax Dalam Sepak Bola.

INDOSPORT.COM -Kabar bohong atau hoaks memang rentan menjadi konsumsi sejumlah besar orang di era informasi seperti sekarang ini.

Banyak dari masyarkat di abad millenial yang cenderung percaya buta dengan kabar-kabar yang beredar tanpa terlebih dahulu mencari tahu terkait kebenarannya.

Namun demikian, hoaks ternyata tidak marak di zaman ini saja, melainkan juga telah banyak beredar pada masa-masa sebelumnya ketika distribusi informasi tidak secepat sekarang. 

Baca Juga

Kabar hoaks juga terjadi di dunia sepak bola. Sempat muncul berita-berita palsu yang menghebohkan, bahkan melibatkan pemain besar.

Berikut INDOSPORT.com merangkum 6 cerita bohong atau hoaks terbesar di ranah sepak bola di dunia.


1. 1. Tangan Tuhan Diego Maradona

Diego Armando Maradona.

Pesepakbola legendaris Argentina, Diego Maradona, punya julukan mentereng selepas menjuarai Piala Dunia 1986.  Julukan yang disandangkan padanya itu adalah 'Si Tangan Tuhan.' 

Hal itu lantaran pemain bertubuh gempal itu mencetak sebuah gol kontroversial ke gawang Inggris yang sebagian pihak mencurigai bahwa itu dilakukan menggunakan tangan.

Namun selepas pertandingan, Maradona segera mempublikasikan berita bohong kepada pers melalui jargon yang ia buat: "Sedikit menggunakan kepala Maradona dan sedikit menggunakan bantuan tangan Tuhan".

Namun, 22 tahun kemudian, Maradona akhirnya mengakui bahwa golnya pada 1986 itu diciptakan sepenuhnya menggunakan tangan kirinya.  


2. 2.Aksi Heroik Ronaldo

Cristiano Ronaldo pemain terakhir yang memakai nomor punggung 7 di Real Madrid sebelum Mariano Diaz.

Nama Cristiano Ronaldo juga sempat terbawa dalam berita hoaks. Pada 2011 silam, Ronaldo yang tengah menjalani musim keduanya di Real Madrid dikabarkan hendak pindah ke klub lain di Liga Spanyol dengan biaya transfer 160 juta poundsterling.

Akan tetapi, kehendak Ronaldo untuk hengkang dari Real Madrid didasari atas niat mulianya membantu melunasi hutang pemerintah Portugal.

Kabar itu akhirnya terbukti sebagai hoaks. Karena di samping tidak ada bukti, Ronaldo nyatanya menjalani musim yang panjang bersama Los Blancos.


3. 3. Transfer Fiktif Maradona

Ferrara dan Maradona serta rekannya di Napoli kala merengkuh gelar Piala UEFA (Europa League).

Kabar ini mengemuka di tahun 1980. Sebuah media cetak terkemukan Uni Soviet, Izvestia, memberitakan kabar bohong terkait bintang Argentina yang tengah bersinar kala itu, yang tidak lain adalah Diego Maradona. 

Izvestia mengatakan hendak angkat kaki dari Napoli dan berlabuh ke klub Uni Soviet (sekarang Rusia), Spartak Moscow. Padahal karier Maradona tengah gemilang saat itu bersama Napoli. Sampai akhirnya, kabar itu diketahui sebagai sebuah lelucon April Mop oleh koran tersebut. 


4. 4. Konspirasi Piala Dunia Swedia

Brasil Juara Piala Dunia 1958.

Dalam dokumenter berjudul 'Conspiracy 58' besutan sutradara Swedia, Johan Loefstedtlah Da Waern, diklaim bahwa Piala Dunia 1958 bukan digelar di Swedia, melainkan Amerika Serikat.

Karya dokumenter itu ternyata adalah sebuah hoaks yang sengaja dibuat De Waern untuk menggemparkan publik. Loefstedtlah pun mengakui bahwa karya film dokumenternya tidak nyata.

“Kami ingin membodohi sebanyak mungkin orang,” ujar Loefstedt.


5. 5. Sepupu Palsu Presiden Weah

Ali Dia.

Ini merupakan kabar hoaks pada tahun 1996. Kala itu, pesepak bola Senegal, Ali Dia, mengaku-ngaku sebagai sepupu mantan bintang AC Milan, George Weah, demi bermain bersama Southampton.

Dia melakukan hal tersebut dengan menyuruh seseorang untuk menelpon pihak Southampton dengan mengaku sebagai Weah sendiri.

Kedok Dia tersebut akhirnya terungkap saat ia ditarik keluar lapangan lantaran bermain sangat buruk bersama Southampton saat pertandinan kontra Leeds United.


6. 6. Target Transfer Khayalan

Lacazette berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Everton.

Pada September 2015 silam, Arsenal dikabarkan meneken kontrak dengan pemain muda berbakat Rex Secco dengan nilai tranfer cukup fantastis 34 juta pounds atau sekitar Rp564 miliar.

Meski wajah sang bintang muda tak kunjung diketahui, namun para fans Arsenal telah terlanjur percaya.  Lewat media sosial, mereka ramai membahas pemain yang saat itu masih berumur 16 tahu. Padahal, pemain muda bernama Rex Secco tidak pernah ada alias khayalan belaka. 

Penulis: Bagas Rahadian

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Sepak Bola Internasional Hanya di INDOSPORT.COM.

Cristiano RonaldoDiego MaradonaAli DiaBola InternasionalPiala Dunia 1958TRIVIA

Berita Terkini