x

3 Hal yang Dibutuhkan PSG untuk Juarai Liga Champions

Kamis, 4 Oktober 2018 08:02 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Logo PSG.

INDOSPORT.COM - Paris Saint-Germain belum pernah mencicipi gelar Liga Champions. Berikut 3 hal yang dibutuhkan oleh PSG untuk menjuarai Liga Champions. 

Paris Saint-Germain, kini menjelma menjadi salah satu klub sukses di tanah Prancis. Kekuatan PSG semakin meningkat setelah dibeli oleh Oryx Qatar Sports Investments yang dipimpin oleh Nasser Ghanim Al-Khelaifi. 

Setelah itu PSG mulai menunjukkan tajinya dan mulai memenangkan trofi. Setelah menjuarai Ligue 1 Prancis musim 2012/13, PSG konsisten selalu meraih trofi dalam 6 musim terakhir. 

Namun, ada satu gelar yang belum dimenangkan oleh PSG hingga kini. Gelar itu adalah gelar Liga Champions atau UEFA Champions League. Prestasi tertinggi klub sepak bola asal Kota Mode itu di Liga Champions adalah babak semifinal Liga Champions musim 1994/95. 

Baca Juga

Saat itu, PSG diperkuat oleh legenda AC Milan sekaligus Presiden Liberia, George Weah. Prestasi mencapai babak semifinal Liga Champions tersebut masih belum bisa disamai hingga saat ini. 

Padahal, sejumlah pelatih dan pemain-pemain bintang silih berganti menginjakkan kaki di Stade de France. Lalu apa yang dibutuhkan oleh PSG untuk meraih gelar Liga Champions?

Berikut 3 hal yang dibutuhkan PSG untuk menjuarai Liga Champions versi INDOSPORT.


1. Pelatih Juara Liga Champions

Zinedine Zidane dan Real Madrid usai juara Liga Champions 2017/18.

PSG sebenarnya pernah memiliki pelatih yang pernah menjuarai Liga Champions pada sosok Carlo Ancelotti. Sayangnya, Ancelotti hanya satu setengah musim menangani PSG. 

Ancelotti masuk di paruh kedua musim 2011/12 menggantikan Antoine Kombouare. PSG pun hanya dibawanya finish sebagai runner up Ligue 1 Prancis. 

Musim berikutnya, barulah Ancelotti mampu mempersembahkan gelar juara Ligue 1 yang terakhir diraih PSG pada musim 1993/94. Namun, usai memberi gelar juara Ligue 1 Ancelotti pergi ke Real Madrid dan langsung mempersembahkan gelar juara Liga Champions. 

Gelar yang tak sempat diberikannya kepada PSG. Sejak Ancelotti mundur, belum ada lagi pelatih yang pernah menjuarai Liga Champions di kursi kepelatihan Les Parisiens. 

Baca Juga

Meski mampu memberikan trofi, Laurent Blanc, Unai Emery, dan Thomas Tuchel bukanlah pelatih yang pernah menjuarai Liga Champions. Lalu, siapa pelatih yang pernah juara Liga Champions dan bisa direkrut PSG?

Saat ini, setidaknya ada 4 nama yang bisa didekati PSG, Zinedine Zidane, Luis Enrique, Rafael Benitez, dan Jose Mourinho. Merekrut Zidane adalah peluang terbesar bagi PSG untuk mendapatkan pelatih yang pernah juara Liga Champions. 

Atau skenario lain adalah Jose Mourinho yang bisa dipecat kapan saja dari Manchester United. Sedangkan untuk Rafael Benitez dan Luis Enrique bisa menjadi pilihan alternatif. 


2. Mental Seperti Para Juara Liga Champions

Real Madrid menjuarai Liga Champions.

Hingga musim 2017/18, baru ada 22 klub yang pernah menjadi juara Liga Champions. Dan 10 diantaranya hanya meraih 1 kali gelar. 

Dan PSG setidaknya harus meniru dan memiliki mental seperti 10 klub yang baru sekali meraih gelar juara tersebut. Mental Aston Villa ketika meraih gelar juara dan menghempaskan Bayern Munchen menjadi satu gal yang patut dicontoh. 

Baca Juga

Selain Aston Villa, juga ada kisah Steaua Bukarest yang mengalahkan Barcelona. Marseille yang mengalahkan AC Milan, hingga Borussia Dortmund yang mengalahkan Juventus. 

PSG sudah memiliki materi pemain yang lebih dari mumpuni, tinggal mengasah mental mereka agar bisa menjadi juara di kompetisi para juara, Liga Champions. 


3. Dewi Fortuna

Logo PSG.

Keberuntungan adalah hal terakhir yang dibutuhkan oleh Paris Saint-Germain. Dalam 6 musim terakhir PSG hanya berkutat di babak 16 besar atau perempatfinal Liga Champions. 

Baca Juga

Hal itu karena PSG selalu bertemu tim-tim kuat seperti Barcelona, Chelsea,  Manchester City, dan Real Madrid. Seandainya Dewi Fortuna menaungi langkah PSG di Liga Champions dan membuat langkah PSG semakin mudah dalam undian, bisa saja kelak PSG akan meraih gelar Liga Champions. 

Ikuti terus berita seputar sepak bola dan olahraga lain serta Liga Champions hanya di INDOSPORT.COM

Liga ChampionsParis Saint-GermainPSGTRIVIA

Berita Terkini