x

3 Keuntungan Persib Bandung Bermain Kandang di Papua

Kamis, 4 Oktober 2018 16:03 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Logo Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Mendapatkan hukuman dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI dengan tidak boleh menggelar laga kandang di Pulau Jawa yang merupakan buntut tewasnya Jakmania Haringga Sirila, Persib Bandung akhirnya memilih Stadion Mandala di Jayapura, Papua, untuk menggelar laga kandang mereka nanti.

Pemilihan tersebut setidaknya membuat klub berjuluk Maung Bandung itu akan menghadapi Madura United di pekan ke-24 kasta tertinggi Liga Indonesia, Gojek Liga 1 2018 akhir pekan ini di kandang dari Persipura Jayapura tersebut.

Kepastian itu diungkapkan oleh pelatih Mario Gomez usai memimpin latihan anak asuhnya di Stadion Si Jalak Harupat. Pelatih asal Argentina itu juga telah menyebutkan beberapa alasan di balik keputusan itu.

"Bagus (soal Stadion Mandala), kapasitasnya besar dan lapangannya juga bagus, jadi tidak masalah. Tapi alasan utama kami pergi ke sana adalah kami tidak mau harus pergi dari stadion satu ke stadion lain. Jadi kami hanya satu kali melakukan perjalanan," tutur Gomez.

Baca Juga

Buat Persib Bandung, bermain jauh dari Jawa Barat jelas sebuah kerugian. Namun dengan hukuman yang didapat mereka, pemilihan Stadion Mandala Jayapura rasanya adalah pilihan yang paling bijak.

Pasalnya, banyak keuntungan yang bisa dipetik Maung Bandung nanti ketika berkandang di Jayapura. Apa saja keuntungan itu? Berikut INDOSPORT merangkum tiga di antaranya.


1. Irit Biaya

Victor Igbonefo (kiri) bersalaman dengan Boaz Solossa (kanan).

Pengiritan anggaran jelas menjadi keuntungan utama. Bermain kandang vs Madura United di Jayapura, artinya Persib Bandung tak harus lagi keluar uang untuk biaya transportasi di pertandingan berikutnya yang juga akan berlangsung di kota dan stadion yang sama.

Sekadar informasi, setelah berhadapan dengan Madura United, Maung Bandung akan langsung ditantang Persipura Jayapura dengan status sebagai tim tamu di pekan ke-25, seminggu berselang.

Baca Juga

Dengan fakta tersebut, manajemen Persib setidaknya tidak harus keluar uang lebih banyak untuk pulang pergi Papua, yang ongkosnya jauh lebih mahal dari pada pergi ke wilayah lain di Indonesia.


2. Bisa Memantau Perkembangan Bibit Muda Papua

Patrich Wanggai tengah mengontrol bola dari pemain Mitra Kukar.

Bermain di Tanah Papua secara langsung Persib Bandung, khususnya tim pelatih, bisa memantau langsung bibit-bibit pemain muda yang tersebar di bumi Cendrawasih ini.

Sudah sejak lama, Tanah Papua terkenal selalu mampu melahirkan para pemain-pemain muda berbakat dan sejalan dengan Persib Bandung.

Klub asal Jawa Barat itu dikenal sebagai salah satu klub yang memiliki tim pembinaan usia dini terbaik di Indonesia.

Baca Juga

Jika kesempatan berkandang di Papua bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Mario Gomez untuk melakukan hal tersebut, akan banyak keuntungan yang didapat Persib Bandung.

Bukan hanya sebatas buat tim muda, tapi juga tim senior yang selama ini juga cukup sering menggunakan bakat-bakat asal Papua. Sepertihalnya nama Patrich Wanggai yang saat ini menjadi salah satu penyerang andalan Maung Bandung.


3. Berkontemplasi dengan Alam Papua

Persib Bandung buat video menyentuh untuk Palu.

Sebelum akhirnya memilih berkandang di Papua, Persib Bandung datang dengan segudang masalah. 

Hukuman berat dari PSSI, jelas bukan hanya mengganggu pikiran pihak manajemen, namun juga berimbas kepada pelatih dan pemain.

Baca Juga

Dan dengan suasana baru di Papua nanti, secara langsung juga bisa menjadi momen untuk para pemain sejenak melupakan masalah yang mereka hadapi.

Suasana Papua yang jelas berbeda dengan pulau Jawa, keindahan dan ketenangan alamnya juga bisa menjadi sarana tepat Bojan Malisic dan kawan-kawan untuk berlibur, menenangkan pikiran setidaknya dalam dua minggu ke depan.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Perkembangan Sepak Bola Liga Indonesia Hanya di INDOSPORT