x

Raja Hoaks Sepanjang Masa, Ini Sosok 'Ratna Sarumpaet' Sepak Bola Internasional

Jumat, 5 Oktober 2018 21:50 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Lanjar Wiratri
Carlos Kaiser.

INDOSPORT.COM - Minggu ini, seluruh Rakyat Indonesia dibuat gempar atas pengakuan spektakuler yang diucapkan oleh Ratna Sarumpaet, aktivis sekaligus juru kampanye nasional tim Prabowo – Sandi.

Santer terdengar, Ratna mengaku dianiaya oleh tiga orang yang tidak jelas di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Sontak, hal ini membuat banyak politisi papan atas geram dan menduga bahwa kejadian ini ada hubungannya dengan politik.

Seminggu berselang, Rabu, (03/10), Ratna menggelar konferensi pers di rumahnya. Pada saat itu, Ratna mengaku bahwa babak belur pada mukanya bukan karena dianiaya, melainkan karena efek dari operasi sedot lemak di salah satu klinik kecantikan di Jakarta.

Baca Juga

Dianggap sebagai pembohongan publik yang dapat berakibat fatal, kasus ini pun dianggap hoaks paling epik di Indonesia sepanjang masa.

Namun menariknya, hoaks seperti ini ternyata tidak hanya terjadi di dunia politik. Dunia olahraga pun menyimpan cerita yang sama luar biasanya.

Berikut INDOSPORT coba beberkan kasus hoaks terhebat sepanjang masa yang pernah terjadi di dunia olahraga.


1. Carlos Kaiser

Carlos Kaiser pada masa tua.

Menjadi pemain sepak bola selama dua puluh tahun, tapi tidak pernah bermain di pertandingan sekali pun? Itulah Carlos Kaiser, pesepak bola yang pernah melakukan “hoaks” terhebat sepanjang sejarah sepak bola Internasional.

Lelaki bernama lengkap Carlos Henrique Raposo ini hanya mengandalkan kecerdikan dalam menapaki kariernya selama dua dekade tersebut.

Ingin menjadi pesepak bola, tapi tidak suka bermain sepak bola dan skill pun pas-pasan. Akhirnya tipu daya pun menjadi jalan keluar.

Hal pertama yang Kaiser lakukan agar dapat masuk ke dalam persepakbolaan nasional tanpa bakat apapun, ialah menjalin relasi akrab dengan dengan pemain-pemain bintang Brasil. Pemain besar seperti Carlos Alberto, Bebeto, Zico, Junior, dan Renato Gaucho pun pernah jadi korban mulut manis Kaiser.

Dilansir oleh The Sun, Bebeto mengungkapkan hal menarik dari Kaiser, “Obrolan yang dia buat sangat menarik. Jika Anda membiarkan dia membuka mulut, dia akan memanipulasi Anda,” ujarnya.


2. Hoaks Terhebat Sepanjang Sejarah Sepak Bola

Potret Carlos Kaiser dalam surat kabar

Kaiser memulai kariernya pada tahun 1973. Di awal karier, Ia bergabung dengan klub Botafogo. Tak berselang lama, Kaiser pindah ke Flamengo.

Lelaki kelahiran 2 April 1963 ini sedikit demi sedikit akhirnya berhasil mencapai tujuannya untuk bergabung dengan tim sepak bola professional. Di umurnya yang ke 16, Kaiser berkesempatan gabung dengan Klub Meksiko, Puebla.

Tidak bisa menunjukkan kemampuan bermain yang bagus, sebulan kemudian pun Kaiser dikeluarkan dari klub tersebut.

Ia pun balik ke strategi lamanya, kembali ke Brasil dan berkumpul grup lamanya, yakni Botafogo. Untuk kesekian kalinya, si cerdik dari negeri Samba ini mencoba mengambil hati teman-teman lamanya. Dengan tujuan, mendapatkan kontrak dan klub untuk bermain.

Berhasil dengan triknya yang pertama, Kaiser pun lanjut dengan trik hoaks lainnya. Agar tidak mendapatkan tanggung jawab untuk bermain, Kaiser pun melakukan akting pura-pura cedera.

Demi melanjutkan kariernya tanpa harus bermain bola, Kaiser selalu mengaku sedang tidak enak badan dan harus melakukan latihan khusus seorang diri. Dengan mulut manisnya, Ia masih dipercaya untuk tetap berada di klub itu.

Terus menerus bertahan dengan trik kecil, akhirnya Kaiser pun mengeluarkan hoaks terbaiknya ketika Ia bermain untuk klub barunya, Bangu.

Disiapkan sebagai pemain cadangan, keberuntungan tidak memihak Kaiser kali itu. Diakibatkan formasi tim yang tidak berjalan sesuai rencana, Kaiser pun harus turun ke lapangan.

Inilah awal mula terjadinya trik pamungkas dikeluarkan. Kaiser yang panik pun melakukan pemanasan sembari mencari ide agar Ia tak jadi bermain. Tiba-tiba pada saat itu Ia mendengar ada salah satu penonton yang meneriakinya menggunakan kata-kata yang kasar.

Berpikir hal ini bisa menjadi senjatanya, Kaiser pun pura-pura emosi dan langsung memanjat pagar penonton dan berkelahi. Ia pun dikeluarkan sebelum bermain. Ternyata trik hoaks belum berhenti sampai sana, Kaiser pun mengelabui dokter dengan mengatakan Ia cedera, padahal tidak.

Dengan serentetan akal bulusnya, Kaiser pun berhasil menamati karier sepak bola selama dua tahun tanpa bermain sekalipun di pertandingan kompetitif.

Kisah hoaks nya yang menarik ini pun akhirnya diangkat menjadi sebuah film pada April 2018 dengan judul “Kaiser! The Greatest Footballer Never To Play Football.”

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Nasional dan Internasional di INDOSPORT.

Sandiaga S. UnoPrabowo SubiantoCarlos Henrique KaiserBola Internasional

Berita Terkini