x

Pemain Naturalisasi Curhat Soal Sepak Bola Indonesia

Jumat, 12 Oktober 2018 13:32 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Greg Nwokolo berusaha melewati hadangan pemain Bhayangkara FC.

INDOSPORT.COM - Sepak bola Indonesia terus mendapatkan sorotan tajam dari berbagai pihak, mulai dari meninggalnya suporter Persija Jakarta bernama Haringga, sanksi komisi disiplin kepada Persib Bandung yang dinilai terlalu berat, hingga pengeroyokan yang dilakukan suporter Arema FC terhadap pendukung Persebaya Surabaya.

Sikap anarkis yang ditunjukan oleh suporter bola akhir-akhir ini tampaknya semakin menjadi-jadi. Persaingan antar pendukung kontestan Liga 1 Indonesia yang semakin memanas tampaknya ikut memengaruhi tensi yang ada di pendukungnya.

Nyanyian rasis yang digaungkan oleh suporter sepak bola Indonesia tampaknya sudah mendarah daging dan sulit dihilangkan. Setidaknya, itu yang terjadi pada laga Arema vs Persebaya. Tak hanya pertandingan itu saja, laga Persib Bandung vs Madura United yang berjalan tanpa penonton juga menyimpan cerita sendiri.

Baca Juga

Kata-kata rasis memang tidak terdengar saat pertandingan berjalan. Tapi ketika laga usai, salah satu akun Instagram pemain Madura United diserang oleh Bobotoh dan Viking yang kesal dengan tindakannya.

Pemain itu bernama Greg Nwokolo yang mendapat banyak hujatan di kolom komentar Instagram pribadinya. Pada akhirnya, pemain yang telah dinaturalisasi menjadi WNI itu angkat bicara dengan mem-posting dirinya dengan caption berisi curhatannya akan sepak bola Indonesia.

“Aku sudah menjadi bagian dari Indonesia lebih dari 14 tahun. Respect dan saling support dari supporter adalah 2 hal yang membangun dalam perjalanan karier aku. Tapi, tolong jangan lupa kalo terlepas dari public figure aku juga manusia biasa yang punya hati,” tulis pemain yang lahir di Nigeria itu.

Baca Juga

Lebih lanjut, pemain berusia 32 tahun itu mengajak semua insan untuk merenungkan dengan pikiran dingin dan saling introspeksi untuk sepak bola Indonesia yang lebih baik. Pada akhirnya itu demi kebaikan sepak bola negeri ini.

“Mau apapun klubnya, lagu kebangsaan kita satu. Respect is reciprocal, salam damai selalu,” tutup pemain andalan Madura United itu.

Saat ini, Greg dan rekan-rekannya tengah menyiapkan diri untuk berhadapan dengan Persija Jakarta di pekan ke-25 Liga 1 Indonesia. Saat ini kedua tim tersebut sedang bersaing ketat di papan klasemen dengan perolehan poin yang sama yaitu 39 poin.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lain Serta Serba-serbi Liga 1 di INDOSPORT.COM

Persib BandungGreg NwokoloNaturalisasiMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini