x

4 Pemain yang Layak Menjadi Starter Timnas Indonesia U-19 vs Yordania U-19

Sabtu, 13 Oktober 2018 10:48 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Egy Maulana Vikri dan dua pemain Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Timnas sepak bola Indonesia U-19 akan kembali melakoni satu pertandingan uji coba lagi yaitu menghadapi Yordania U-19 sebelum berkompetisi dalam turnamen sepak bola Piala Asia U-19 pada 18 Oktober sampai 4 November 2018 di Indonesia.

Sebagai uji coba terakhir jelang Piala Asia U-19, laga Timnas U-19 vs Yordania U-19 ini tentu akan dimanfaatkan Timnas Indonesia U-19 sebaik mungkin. Apalagi di laga sebelumnya anak asuh Indra Sjafri itu harus menyerah dari Arab Saudi U-19 dengan skor tipis 1-2.

Buat pelatih Indra Sjafri sendiri, laga Timnas U-19 vs Yordania U-19 ini juga menjadi 90 menit terakhirnya untuk mengukur kemampuan terbaik anak asuhnya, serta menentukan nama-nama pemain yang akan menjadi andalannya di skuat inti Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia U-19 nanti.

Baca Juga

Untuk itu, besar kemungkinan Laga Timnas U-19 vs Yordania U-19 nanti, sejumlah nama yang sebelumnya hanya dibangkucadangkan kemungkinan akan diturunkan sejak menit awal.

Terlebih secara kualitas para pemain tersebut memiliki kemampuan yang tak kalah dengan pemain lainnya. 

Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT merangkum empat nama yang layak mendapatkan kesempatan menjadi pemain inti di laga Timnas U-19 vs Yordania U-19.


1. Todd Rivaldo Ferre

Todd Rivaldo Ferre berhasil melewati dua pemain Vietnam sekaligus.

Nama Todd Rivaldo Ferre sejatinya merupakan pemain yang menjadi andalan pelatih Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-19.

Namun dalam pertandingan uji coba Timnas U-19 vs Arab Saudi U-19 lalu, pemain asal Papua itu baru diturunkan pada menit ke-34 menggantikan Resky Fandi.

Usai diturunkan di pertandingan tersebut, dirinya memang langsung bisa menjadi pemain penting di permainan Timnas Indonesia U-19.

Baca Juga

Dengan olah bola mumpuni dan kecepatan di atas rata-rata pemain lainnya, rasanya sudah sangat layak bagi Todd Rivaldo untuk langsung merasakan permainan sejak menit pertama di laga Timnas U-19 vs Yordania U-19 nanti.

Selain karena kualitas yang dimilikinya nanti, kesempatan Timnas U-19 vs Yordania U-19 yang merupakan laga terakhir jelang Piala Asia U-19 jelas akan bermanfaat banyak bagi pemain Persipura itu.

Todd bisa memanfaatkan kesempatannya untuk semakin menguatkan kerja samanya dengan pemain-pemain Timnas Indonesia U-19 lainnya. 

Karena selama ini meski memiliki kualitas mumpuni, Todd terkesan lebih banyak mengandalkan kemampuan individunya, alih-alih lebih bekerja sama dengan pemain lainnya.


2. M. Rafli Mursalim

Striker Tim Nasional Indonesia U-19 Rafli Mursalim saat mencetak gol ke gawang Vietnam U-19 di Piala AFF U-18 2018.

Di laga Timnas U-19 vs Arab Saudi U-19, lini depan Skuat Garuda Asia cukup menjadi sorotan. Terlebih yang sukses mencetak gol di laga itu adalah winger Saddil Ramdani, bukan penyerang depan Hanis Saghara.

Hanis Saghara sendiri sempat menjadi sorotan netizen karena kontribusi di laga tersebut dianggap kurang.

Tanpa mengecilkan kualitas pemain Bali United tersebut, sebenarnya pelatih Indra Sjafri memiliki alternatif pilihan lain di lini depan Timnas. Dia adalah penyerang asal Mitra Kukar, M. Rafli Mursalim.

Baca Juga

Di pertandingan Timnas U-19 vs Arab Saudi U-19, Rafli memang sempat dicoba Indra Sjafri sejak menit ke-55 menggantikan Saghara. Namun saat Timnas U-19 vs Yordania U-19 nanti, rasanya layak bagi Rafli untuk merasakan permainan sejak menit pertama.

Secara kualitas Rafli juga sudah terbukti tak kalah dari Saghara. Meski belum sekalipun mencetak gol di Liga 1 musim ini, jangan lupakan bahwa Rafli adalah Top Skor Liga Santri Nasional 2016.

Gelar yang bisa menjadi tolak ukur bahwa penyerang 19 tahun itu punya kualitas yang tajam sebagai pemain yang bisa diandalkan untuk mencetak gol.


3. Firza Andika

Firza Andika.

Hampir selalu menjadi pilihan utama di klubnya PSMS Medan, Firza Andika sempat tersisihkan saat Timnas Indonesia U-19 menghadapi Arab Saudi U-19 lalu.

Dirinya tergeser oleh pemain asal Sriwijaya FC di pos bek kiri, Samuel Christianson. Meski akhirnya memang Firza Andika kemudian dimasukan pada menit ke-20 oleh Indra Sjafri setelah Samuel mengalami cedera dan tak bisa melanjutkan pertandingan.

Baca Juga

Dengan kualitas sebagai bek sayap modern yang bisa bertahan sekaligus membantu penyerangan, juga kenyataan bahwa Samuel tak bisa diturunkan di laga Timnas U-19 vs Yordania U-19, rasanya tak ada pilihan lain bagi Indra Sjafri selain untuk menurukan Firza Andika sejak menit awal di laga tersebut.


4. Egy Maulana Vikri

Aksi selebrasi Egy Maulana Vikri usai mencetak gol.

Soal kesempatan menjadi pemain utama sejak menit awal, Egy Maulana Vikri memang tinggal hanya menunggu waktu.
Soal kualitas sudah tak ada yang bisa membantah pemain Lechia Gdansk tersebut pantas menjadi starter.

Namun memang selepas akhirnya diperbolehkan Lechia Gdansk untuk kembali memperkuat Timnas Indonesia U-19, Egy belum semenit pun merasakan bermain dalam sebuah pertandingan.

Melihat sudah beberapa hari Egy kembali ke Indonesia, maka di laga Timnas U-19 vs Yordania U-19 nanti, rasanya sangat pantas bagi Indra Sjafri untuk kembali memberikan kepercayaan bagi pemain asal Medan itu untuk tampil sejak menit pertama.

Selain untuk mengembalikan ritme permainan Egy Maulana bersama rekan-rekannya di Timnas, diturunkannya Egy sejak menit pertama nanti juga sekaligus bisa mengobati kerinduan publik sepak bola Indonesia akan pemain yang dalam beberapa bulan terakhir ini menghabiskan waktu di kompetisi sepak bola Liga Polandia.

Terus Ikuti Perkembangan Timnas Indonesia U-19 dan Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Indonesia U-19Piala Asia U-19Timnas u-19YordaniaTimnas IndonesiaBola InternasionalEgy Maulana VikriM Rafli MursalimFirza AndikaTodd Rivaldo FerrePiala Asia U-19 2018Timnas Indonesia U-19TRIVIA

Berita Terkini