x

Mengenal Sosok Mohammad bin Salman, Calon Pemilik Anyar Manchester United

Kamis, 18 Oktober 2018 17:15 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Mohammad bin Salman

INDOSPORT.COM - Manchester United akhir-akhir ini kerap menjadi sorotan. Apalagi kalau bukan karena performanya yang belum juga stabil di Liga Inggris. 

Paul Pogba dkk masih belum mampu mengerek performa Man United menuju tangga persaingan juara. Pelatih Jose Mourinho pun tak pelak ikut terseret dalam pusaran pemberitaan media. 

Di tengah pembicaraan soal performa Man united, akhir-akhir ini media Inggris diramaikan dengan kabar Putra Mahkota Arab Saudi yang ingin mengakuisisi saham The Red Devils dari tangan keluarga Glazer. 

Baca Juga

Siapakah sebenarnya sosok Putra Mahkota Arab Saudi yang bernama Mohammad bin Salman ini?

Mohammad bin Salman merupakan anak dari Raja Salman yang saat ini berkuasa di Arab Saudi. Walau masih sebagai putra mahkota, namun perannya di Saudi cukup penting dan berpengaruh lantaran sang ayah saat ini menderita Alzheimer. 

Mohammed bin Salman sejatinya baru dinobatkan sebagai putra mahkota pada 2017 lalu menyusul dibatalkannya status sang sepupu, Mohammad Bin Nayef, sebagai penerus tahta. 

Saat ini, pria berusia 33 tahun itu juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan. 

Semenjak menjadi Putra Mahkota, Bin Salman telah meluncurkan kampanye anti korupsi secara besar-besaran. Di bawah kendalinya, Saudi telah menangkap sekitar 500 orang dan menutup 2000 rekening lokal dan menyelamatkan aset senilai sekitar 600 miliar pound (Rp11.959 triliun).

Ia juga dikenal sebagai sosok islam moderat. Ia diketahui menginginkan agar reformasi sosial terjadi di Arab Saudi seperti mengizinkan wanita menyetir mobil dan memperkenalkan bioskop ke negara yang konservatif. 


1. Kiritik

Raja Salman, ayah dari Muhammad bin Salman.

Namun begitu, ia juga tak terlepas dari kritik. Ia dikritik lantaran mengekang kebebasan pers di Saudi, terutama setelah hilangnya jurnalis Jamal Khashoggi dari Konsulat Saudi di Istanbul. 

Pemerintah Turki mencurigai Khashoggi tewas disiksa oleh pasukan yang dikirim dari Riyadh. 

Menengok kehidupan pribadinya, Mohammad bin Salman telah menikah dengan Putri Sarah bint Mashhoor pada 2008 lalu dan dikaruniai empat anak. Total kekayaan Muhammad bin Salman ditaksir menembus angka 850 miliar poundsterling atau sekitar Rp17.017 triliun. 


2. Peluang Memiliki Man United

Avram Glazer, salah satu pemilik Man United.

Tidak diketahui secara pasti apakan Bin Salman secara pribadi akan mengambil alih Man United. Namun, setidaknya ia akan memainkan peranan besar atau bekerja sama dengan salah satu dari individu terkemuka di negara tersebut. 

Keluarga Glazer diyakini akan meminta sekitar 3 miliar pound (Rp59 triliun) bagi yang ingin mengambil alih klub. 

Namun, seperti yang kita tahu, para investor dari Arab Saudi jelas memiliki uang yang diinginkan Glazer, bahkan untuk mengambil 100 saham sekali pun. 

Dilaporkan oleh SunSport, kecuali jika pemerintah Inggris ikut campur, pihak Premier League sendiri tak punya kuasa untuk menghentikan niatan pihak Saudi untuk memiliki Manchester United.

Investor Arab Saudi sebelumnya telah sering berkecimpung di dunia olahraga. Salah satunya membawa laga WWE dan juga World Boxing Super Series Final ke negaranya. 

Baca Juga

Jika jadi mengambil alih Man United. itu artinya duo Manchester resmi jatuh ke tangan pengusaha Timur Tengah setelah sebelumnya klub Man City dimiliki oleh Syeikh Mansour dari Uni Emirat Arab.

Terus Ikuti Update Liga Inggris dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

Manchester UnitedAvram GlazerRaja Salman

Berita Terkini