x

Berkat Luis Milla, 3 Pemain Naturalisasi Ini Jalani Debut Bersama Timnas Indonesia

Minggu, 21 Oktober 2018 17:22 WIB
Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana | Editor: Yohanes Ishak
Pelatih Luis Milla berdiskusi dengan Beto Goncalves di sela-sela latihan.

INDOSPORT.COM – Meski belum ada 2 tahun menukangi Timnas Indonesia, Luis Milla nyatanya telah memberikan kesempatan debut kepada beberapa pemain naturalisasi di Tanah Air.

Kabar mengejutkan baru saja menghampiri sepak bola Tanah Air. Bima Sakti baru saja diumumkan sebagai pengganti Luis Milla sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Baca Juga

Pengumuman ini memang benar-benar di luar dugaan banyak pihak. Pasalnya, sebelumnya PSSI gencar akan memperpanjang kontrak Milla. Namun hal tersebut tak kunjung terjadi, justru sebaliknya.

Kehilangan Milla di tubuh Timnas Indonesia jelas menjadi sebuah kerugian besar. Dengan segala kemampuan yang dimiliki, pelatih asal Spanyol itu sukses membuat beberapa perubahan bagi Timnas Garuda seperti pola dan gaya permainan.

Tak hanya itu saja, Milla juga dikenal sebagai pelatih yang doyan mengorbitkan banyak pemain baik muda. Pelatih berusia 52 tahun itu juga tak jarang memberikan kesempatan kepada para pemain senior dan naturalisasi dalam menjalani debut bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga

Maka dari itu, berikut berita olahraga INDOSPORT merangkum tiga pemain naturalisasi yang diberikan kesempatan oleh Luis Milla untuk menjalani debutnya berseragam Merah Putih.


1. Ezra Walian

Ezra Walian.

Proses naturalisasi dari seorang Ezra Walian bisa dibilang menjadi yang tercepat. Hanya dalam hitungan bulan saja, ia akhirnya resmi dinaturalisasi. Tidak hanya itu saja, kesenangan Ezra nyatanya terus berlanjut.

Baca Juga

Penyerang muda dan berbakat Ezra Walian menjadi pemain naturalisasi pertama yang diberi kesempatan oleh Milla dalam melakoni debut Timnas. Ia melakukannya tepat sehari setelah dinaturalisasi.

Ezra diturunkan dalam laga uji coba ketika timnas Indonesia menghadapi Myanmar di Stadion Pakansari, Selasa (21/03/17) lalu. Pemain kelahiran Amsterdam itu dapat kesempatan bermain selama 45 menit. Sayang, dirinya tidak mampu berbuat banyak.


2. Ilija Spasojevic

Ilija Spasojevic saat tampil membela Timnas Indonesia melawan Bahrain.

Berbeda dengan Ezra, proses pengajuan naturalisasian dari Ilija Spasojevic tidaklah mulus. Namun akhirnya Spaso pun berhasil mendapatkan status kewarganegaraan Indonesia pada Oktober 2017 lalu.

Kurang dari satu bulan, pemain Bali United itu langsung mendapat panggilan membela Garuda dari pelatih Luis Milla. Spaso pun akhirnya menjalani debut pada Sabtu (18/11/17) lalu saat menghadapi Timnas U-23 Suriah di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Baca Juga

Sayangnya, laga tersebut berakhir dengan kekalahan Garuda dengan skor tipis 0-1. Spaso yang diturunkan juga bisa dibilang kurang mulus debutnya. Pemain kelahiran Montenegro itu gagal melepaskan satu pun tembakan.


3. Alberto Goncalves

Selebrasi striker Timnas Indonesia, Beto Goncalves usai membobol gawang Hongkong

Nama Alberto Goncalves tentu masih segar dalam ingatan penggemar sepak bola Tanah Air. Pasalnya, penyerang gaek berusia 37 tahun itu menjadi pemain naturalisasi terakhir yang mendapat kesempatan membela Timnas Indonesia di era Luis Milla. Bahkan hingga saat ini.

Baca Juga

Penyerang milik Sriwijaya FC itu menjalani debutnya bersama timnas U-23 dalam laga persahabatan kontra Thailand pada Mei lalu di Stadion PTIK, Jakarta Selatan. Sayangnya, Beto juga melakoni debutnya dengan hasil buruk, yakni kalah 1-2.

Meski begitu, peran Beto dalam laga debutnya cukup terlihat. Penyerang kelahiran Brasil itu sukses menyumbang satu assist usai mengirim umpan silang manja yang disempurnakan menjadi gol oleh Septian David Maulana.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

Alberto GoncalvesIlija SpasojevicTimnas IndonesiaLuis MillaBima SaktiBola InternasionalEzra Walian

Berita Terkini