x

Piala AFF 2018: 4 Pelatih Jebolan Piala Dunia, Ada yang Lawan Timnas Indonesia!

Selasa, 30 Oktober 2018 11:03 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
Piala AFF 2018 4 Pelatih Jebolan Piala Dunia, Ada yang Lawan Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM - Piala AFF 2018 bakal segera berlangsung, sejumlah tim pun melakukan perubahan besar demi meraih hasil maksimal, termasuk mendatangkan pelatih berkualitas yang bahkan beberapa pernah tampil di gelaran Piala Dunia.

Tak tanggung-tanggung, dalam ajang Piala AFF 2018 kali ini akan ada empat nama pelatih berbau Piala Dunia yang bakal menghiasi kompetisi sepak bola antar negara ASEAN terbesar tahun ini.

Bahkan dua diantara para pelatih tersebut akan menjadi rival dan saling adu sikut dengan Timnas Indonesia, lantaran berada satu grup di babak penyisihan nanti.

Baca Juga

Lantas, siapa-siapa sajakah pelatih jebolan Piala Dunia tersebut dan bagaimanakah kiprah para pelatih serta peluang Timnas Indonesia untuk menang saat berhadapan dengan tim-tim itu.

Berikut INDOSPORT.com rangkum beberapa daftar pelatih jebolan Piala Dunia yang bakal tampil dan melatih tim di ajang Piala AFF 2018 kali ini.


1. Sven-Goran Eriksson

Pelatih asal Swedia Sven Goran Eriksson resmi menjadi nahkoda Timnas Filipina.

Kabar mengejutkan jelang kick off perdana Piala AFF 2018, di mana Timnas Filipina secara resmi mengangkat Sven-Goran Eriksson sebagai pelatih kepala mereka.

Sebagai juru taktik, pelatih berusia 70 tahun tersebut telah banyak menukangi beberapa tim besar Eropa dan sejumlah Timnas berbagai negara.

Bahkan beberapa dari negara yang dilatih berhasil tampil di Piala Dunia, salah satunya saat menukangi timnas Inggris dari 2001-2006, dan sukses mengantarkan The Three Lions melaju sampai perempat final Piala Dunia 2002.

Sven-Goran Eriksson juga sempat melatih Timnas Pantai Gading pada Piala Dunia 2010, namun sayang saat itu Drogba dan kawan-kawan gagal lolos dari fase grup.

Meski memiliki sejumlah catatan melatih yang mentereng, namun dengan masa bergabung dengan Timnas Filipina yang sebentar dan berbekal skuat yang cukup jauh di bawah Indonesia, besar kemungkinan Timnas Indonesia akan meraih kemenangan saat berhadapan dengan Filipina di babak penyisihan Grup B pada 25 November 2018 mendatang.


2. Milovan Rajevac

Milovan Rajevac, pelatih Timnas Thailand di Piala AFF 2018.

Sang juara bertahan sekaligus rival terberat Timnas Indonesia di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018, Thailand mendatangkan pelatih asal Serbia, Milovan Rajevac.

Meski namanya tak sepopuler Sven-Goran Eriksson, namun karir Milovan Rajevac di kancah Eropa cukup bersinar salah satunya saat sukses membawa Timnas Ghana melaju sampai perempat final Piala Dunia 2010.

Bersama Timnas Thailand, dirinya sukses membawa tim Gajah Putih itu menjuarai turnamen Kings Cup 2017 dan membawa Thailand lolos ke putaran final Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab.

Dengan materi pemain yang lebih baik terlebih bakal bermain di kandang Thailand pada 17 November 2018 mendatang, Timnas Indonesia memiliki peluang kecil untuk menang, namun tak menutup kemungkinan akan ada keajaiban dalam laga tersebut.


3. Park Hang-seo

Pelatih Vietnam U-23, Park Hang-seo, saat menyanyikan lagu kebangsaan Korea Selatan di laga semifinal Asian Games 2018, Sabtu (29/08/18).

Jika dua pelatih sebelumnya merupakan pelatih kepala yang tampil di Piala Dunia, lain halnya dengan pelatih Timnas Vietnam yang bakal diarsiteki eks asisten pelatih Guus Hiddink pada gelaran Piala Dunia 2002.

Meski hanya menjadi asisten, namun Park Hang-seo kelihatan mengadaptasi seluruh kemampuan dan cara melatih Guus Hiddink, terbukti dengan moncernya Timnas Vietnam di bawah arah Park.

Capaian terbaik Park Hang-seo adalah mampu mengantar timnas U-23 Vietnam mencapai final Piala Asia U-23 2018, dan meraih runner-up setelah kalah 1-2 dari Uzbekistan di partai puncak.

Andai bertemu Timnas Indonesia, sejatinya Vietnam wajib waspada meski memiliki pemain-pemain berkualitas. Pasalnya, Vietnam selalu mendapatkan nasib kurang beruntung saat bertemu Indonesia di berbagai ajang.

Bahkan di gelaran Piala AFF 2016 lalu, Vietnam kembali menerima kutukan Indonesia dengan takluk di babak semifinal, dan membuat Timnas Indonesia melangkah ke partai final.


4. Keisuke Honda

Keisuke Honda saat memimpin skuat Kamboja di laga persahabatan melawan Malaysia.

Jika sebelumnya merupakan pelatih dan asisten pelatih jebolan Piala Dunia, kali ini mantan pemain yang pernah tampil di Piala Dunia yang bakal mencoba peruntungannya di dunia kepelatihan.

Adalah Keisuke Honda, eks pemain Timnas Jepang tersebut resmi menjabat sebagai pelatih kepala Timnas Kamboja pada helatan Piala AFF 2018 kali ini.

Kiprah Keisuke Honda dalam Piala Dunia sendiri terbilang cukup mentereng, yakni telah tampil pada tiga kali edisi Piala Dunia beruntun, antara lain pada tahun 2010, 2014, dan 2010.

Baca Juga

Kamboja bisa dibilang bukan negara dengan kekuatan sepak bola kuat seperti negara ASEAN lain, namun jika Timnas Indonesia terlalu meremehkan Kamboja bukan tak mungkin kejutan bakal terjadi.

Ikuti Terus Update Sepak Bola Seputar Piala AFF 2018 Hanya di INDOSPORT.COM