x

Negara Kecil Seluas Kabupaten Tangerang Ini Lolos ke Piala Dunia U-20

Selasa, 30 Oktober 2018 14:07 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia gagal meraih mimpi untuk tampil di ajang Piala Dunia, usai dua kategori Timnas Indonesia yakni U-16 dan U-19 tak mampu menembus parta semifinal Piala Asia (AFC) 2018. Berbeda nasib dengan Indonesia, salah satu negara kecil di Oceania berhasil lolos ke fase grup Piala Dunia U-20 di Polandia tahun 2019.

Kedua kategori kelompok usia tersebut hanya mampu melangkah hingga perempatfinal, Timnas Indonesia U-16 dikandaskan Australia di Piala Asia U-16 sedangkan Timnas Indonesia U-19 baru saja takluk atas Jepang di Piala AFC U-19 2018.

Jika Indonesia yang termasuk salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia gagal tampil di Piala Dunia, lain halnya dengan sebuah negara di kawasan Oceania ini.

Baca Juga

Tahiti U-19 yang berasal dari negara dengan luas total 1.044 kilometer persegi itu, berhasil lolos ke Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. Ini merupakan pencapaian kedua Tahiti U-19 lolos ke Piala Dunia sejak terakhir pada tahun 2009 di Mesir.

Kepastian tersebut didapat usai Timnas Tahiti U-19 berhasil melangkah ke partai final OFC U-19 Championship 2018 (selevel dengan Piala AFC U-19), meski di partai puncak kalah dari Selandia Baru dengan skor 0-1 di Stade Pater, Pirae, Agustus lalu.

Dalam debut perdananya di Piala Dunia U-20 tahun 2009 lalu, Timnas Tahiti yang tergabung di Grup B bersama Spanyol, Nigeria, dan Venezuela harus puas menjadi juru kunci dan kebobolan 21 gol tanpa mencetak satu gol pun.

Baca Juga

Sebagai informasi, dengan luas negara hanya sekitar 1.044 kilometer persegi, luas Tahiti hampir didekati salah satu daerah di Provinsi Banten, Indonesia, yakni Kabupaten Tangerang, yang memilki luas area sekitar 959 kilometer persegi.

Meski hanya menjadi negara kepulauan kecil, keberhasilan Timnas Tahiti menembus Piala Dunia U-20 patut diapresiasi dan menjadi motivasi bagi Indonesia, yang jumlah sumber daya manusia (SDM) dan kemampuanya jauh di atas Tahiti. So, kapan Indonesia bisa menyusul?

Terus Ikuti Berita Terbaru Sepak Bola Seputar Timnas Indonesia di INDOSPORT.COM