x

6 Pelatih Sepak Bola Top Dunia yang Pernah Melatih di Asia Tenggara

Sabtu, 8 Juni 2019 13:40 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Abdurrahman Ranala

INDOSPORT.COM - Kedatangan eks pelatih Timnas Inggris, Sven-Goran Eriksson, sebagai pelatih Filipina di Piala AFF 2018 menggemparkan jagat sepak bola Asia Tenggara.

Sven-Goran Eriksson menambah panjang deretan pelatih sepak bola top dunia yang pernah melatih di Asia Tenggara. Sebelumnya, sudah banyak pelatih kelas dunia yang datang untuk menangani klub dan tim nasional.

Mereka datang tidak semata-mata karena bayaran yang tinggi. Para pelatih tentu menginginkan tantangan baru yang tidak mereka temui di Eropa bahkan belahan bumi lainnya.

Baca Juga

Keberadaan pelatih sepak bola top dunia di Asia Tenggara tentu memberikan pengaruh terhadap strategi dan prestasi di negara tempat mereka melatih.

Timnas Indonesia bahkan juga pernah mengundang Luis Milla sebagai salah satu pelatih top Eropa dan dunia. Meskipun hanya bertahan 1,5 tahun, Luis Milla mampu membangun pondasi skuat muda Timnas Indonesia.

Berikut INDOSPORT.com merangkum 6 pelatih sepak bola top dunia yang pernah melatih ke Asia Tenggara dilansir dari FOX Sport Asia.


1. Kedatangan Legenda Manchester United

Legenda MU Bryan Robson saat hadir dalam acara peluncuran produk kartu salah satu Bank Swasta Indonesia.

1. Bryan Robson

Bryan Robson merupakan salah satu legenda Manchester United. Ia sukses meraih 2 gelar Premier League dan 3 Piala FA di Old Trafford di era 90-an.

Timnas Thailand pernah mencicipi servis Bryan Robson pada tahun 2010/2011. Ia memulai debutnya dengan meraih kemenangan di kualifikasi Piala Asia 2011 melawan Singapura dengan skor 3-1.

Namun demikian, torehan Bryan Robson tercoreng oleh Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Thailand kala itu harus tersingkir di babak penyisihan grup.

Bryan Robson akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri pada tahun 2011. Ia lantas memutuskan untuk kembali ke menjadi bagian dari Manchester United.

2. Steve Kean

Steve Kean pernah menjabat sebagai pelatih Blackburn Rovers pada tahun 2009 menggantikan Sam Allardyce. Ia gagal membawa timnya bertahan di Premier League Inggris dan akhirnya hijrah ke Asia Tenggara pada tahun 2012.

Pelatih asal Skotlandia itu berlabuh ke klub Liga Primer Singapura asal Brunei, DPMM FC, pada November 2013. Ia sukses membawa timnya meraih runner up di dua kompetisi yang berbeda di Singapura.

Steve Kean berhasil membawa DPMM FC juara semusim setelahnya sebelum akhirnya meninggalkan klub itu pada tahun 2017. Ia sempat menangani Timnas Brunei di kualifikasi Piala AFF 2014 menghadapi Laos.


2. Keisuke Honda Latih Kamboja

Keisuke Honda saat memimpin skuat Kamboja di laga persahabatan melawan Malaysia.

3. Peter Reid

Peter Reid merupakan sosok besar bagi klub Bolton Wanderers, Manchester City, dan Queens Park Rangers. Ia juga pernah memperkuat Timnas Inggris di Piala Dunia 1986.

Pelatih asal Inggris ini sempat menangani Manchester City dari tahun 1990 hingga 1993 sebelum akhirnya berlabuh ke Sunderland selama 7 musim dan membawa tim tersebut 2 kali juara kasta kedua Liga Inggris periode 1995 dan 2002.

Sempat hiatus selama 4 tahun, Peter Reid lantas memutuskan untuk menangani Timnas Thailand. Ia langsung membawa tim Gajah Putih juara T&T Cup.

Peter Reid tidak bertahan lama dan memutuskan pergi pada September 2009. Ia lalu melatih Plymouth Argyle di Inggris dan Mumbai City FC di Liga Super India.

4. Keisuke Honda

Pemain asal Jepang berusia 32 tahun ini telah memutuskan menandatangani kontrak 2 tahun sebagai pelatih Timnas Kamboja di Piala AFF 2018 mendatang tanpa bayaran sedikit pun.

Keisuke Honda dikabarkan sering mengadakan video call dari Melbourne seminggu sekali untuk memberikan arahan kepada para pemain dan staf Timnas Kamboja.

Pemain yang turut membawa Jepang juara Piala Asia 2011 ini berambisi membantu untuk membentuk permainan dan mempromosikan Timnas Kamboja.


3. Unbeatable di Thailand

Selebrasi pemain pemain Muangthong United menang atas Darul Takzim.

5. Slavisa Jokanovic

Usai menangani Fulham, Slavisa Jokanovic memutuskan menjadi pelatih klub Liga Thailand, Muangthong United FC pada tahun 2012/13.

Mantan gelandang Chelsea ini sukses menghadirkan gelar juara ketiga dalam sejarah Muangthong United FC. Tidak hanya itu, Slavisa Jokanovic sukses membuat timnya tidak terkalahkan sepanjang musim dan mencetak rekor tersendiri.

Slavisa Jokanovic sempat membawa Watford promosi ke Premier League Inggris, namun memutuskan pergi di tahun 2015 karena tidak adanya kesepakatan kontrak.

Sempat kembali ke Fulham pada musim 2015/16, Slavisa Jokanovic pernah dirumorkan bakal menggantikan Antonio Conte di Chelsea.

Baca Juga

6. Clodoaldo

Clodoaldo merupakan gelandang bertahan Timnas Brasil di era Piala Dunia 1970. Ia turut mencetak gol di semifinal kala itu saat menghadapi Uruguay.

Perjalanan Clodoaldo di Asia Tenggara berlangsung singkat. Ia pernah melatih Timnas Timor Leste pada tahun 2010. Clodoaldo memimpin 3 pertandingan Timor Leste. Namun demikian, ketiga laga tersebut berakhir dengan kekalahan.

ThailandKeisuke HondaBryan RobsonPiala AFFBola InternasionalASEAN Football Federation (AFF)TRIVIA

Berita Terkini