x

5 Pemain Papua yang Pantas Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Kamis, 1 November 2018 10:45 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
5 Pemain Papua yang pantas perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, diantaranya Boaz Solossa.

INDOSPORT.COM - PSSI resmi mengumumkan 23 nama pemain yang bakal bertanding di Piala AFF 2018 mendatang, dalam rilis nama pemain tersebut tak satupun pemain Papua yang dipanggil ke Timnas Indonesia untuk turnamen nanti.

Dari nama-nama yang dipanggil PSSI, hampir semua merupakan alumni Piala AFF dua tahun lalu ditambah dengan para pemain jebolan U-23 dan U-19 serta beberapa pemain debutan.

Tak masuknya pemain asal Papua membuat sejumlah publik pecinta sepak bola Tanah Air heran. Pasalnya, bakat pemain asal Indonesia bagian Timur tersebut sangat sering menghiasi skuat Timnas Indonesia.

Baca Juga

Bahkan mantan kapten Timnas Indonesia yang juga pemain debutan paling muda di gelaran Piala AFF 2004, Boaz Solossa luput dari pemanggilan PSSI.

Sejatinya masih banyak talenta asal Papua yang layak mengisi skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 nanti. Selain dikenal memiliki skill mumpuni para pemain Papua juga dikenal memiliki fisik yang kuat dan kecepatan yang dapat merusak pertahanan lawan.

Lantas siapa-siapa sajakah pemain asal Papua yang pantas perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 nanti, berikut tim INDOSPORT.com coba merangkum beberapa nama pemain tersebut.


1. 1. Terens Puhiri

Pemain Port FC Terens Puhiri.

Meski dalam 23 nama yang akan dibawa Timnas Indonesia terdapat sejumlah pemain sayap berkualitas, namun sangat disayangkan jika PSSI mengabaikan talenta yang dimiliki Terens Puhiri.

Terlebih saat melihat kecepatan larinya yang sampai membuat tim asal Liga Thailand, Port FC, kepincut untuk meminangnya, meski hanya sebagai pinjaman di musim 2018 ini.

Walaupun jarang tampil sebagai pemain utama di Liga Thailand, namun pengalaman dan usia yang masih terbilang cukup muda ada baiknya PSSI memberikan kesempatan kepada pemain kelahiran Jayapura ini untuk berseragam Timnas Indonesia, minimal dalam laga uji coba.

2. Boaz Solossa

Kapten Persipura Jayapura Boaz Solossa.

Meski kini kapten Persipura Jayapura tersebut tak lagi berusia muda, namun pengalaman dan akurasi Boaz Solossa  masih sangat dibutuhkan.

Terbukti dalam pertandingan terakhir di kasta tertinggi Liga Indonesia -Liga 1-, pesepak bola kelahiran Sorong ini mampu mencetak satu gol berkelas saat berhadapan dengan Persebaya Surabaya.

3. Yanto Basna

Di tengah krisis pertahanan yang kerap menerpa Timnas Indonesia berbagai level umur, kehadiran Yanto Basna setidaknya dapat memberikan ketenangan bagi penjaga gawang.

Bahkan mantan pemain Persib Bandung tersebut terbilang cukup sukses, bersama Khon Kaen F.C di Liga 2 Thailand dirinya kerap menjadi pilihan utama dan membawa tim finis diperingkat empat Liga 2 Thailand.


2. 4. Todd Ferre

Selebrasi pemain Persebaya Surabaya, Osvaldo Haay saat membobol gawang Madura United.

Salah satu pemain cukup menonjol dalam gelaran Piala Asia U-19 2018 ini adalah Todd Ferre, terlebih saat dirinya mampu mencetak hattrick ke gawang Qatar yang kini tengah bertanding di babak semifinal Piala AFC U-19 2018.

Memiliki kecepatan serta teknik olah bola yang mumpuni, membuat dirinya kerap merepotkan barisan pertahana lawan ditambah dengan akurasi tendangan yang baik menjadikan pemain berusia 19 tahun ini semakin komplit.

Todd Rivaldo Ferre menguasai bola dan dibayang-bayangi pemain UEA U-19.

Maka sangat disayangkan jika Timnas Indonesia mengabaikan talenta pemuda kelahiran Jayapura tersebut digelaran Piala AFF 2018 kali ini, terlebih dalam kompetisi level internasional yang diikuti Timnas Indonesia selanjutnya.

5. Osvaldo Haay

Penampilan apiknya bersama Persebaya harusnya menjadi acuan bagi PSSI untuk memanggil Osvaldo Haay ke skuat Timnas di Piala AFF 2018 kali ini, bahkan statistiknya lebih dibandingkan Febri Haryadi yang masuk ke skuat Timnas Indonesia.

Baca Juga

Sebagai perbandingan, Febri Hariyadi bersama klubnya Persib Bandung di Liga 1 musim ini baru mencetak satu gol dan dua assist untuk Persib, sedangkan Osvaldo Haay telah mencetak 6 gol bahkan satu hattrick saat menaklukan Madura United.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas Indonesia Serta Serba-serbi Piala AFF 2018 di INDOSPORT.COM