x

Selain Saddil Ramdani, Ini 4 Bintang Timnas Indonesia yang Pernah Ditahan Polisi

Jumat, 2 November 2018 19:27 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Saddil Ramdani berebut bola dengan pemain Jepang.

INDOSPORT.COM - Kasus penganiayaan pada perempuan saat ini sedang menjerat bintang muda Timnas Indonesia, Saddil Ramdani. Bahkan laporan terbaru, saat ini Saddil ditahan Polres Lamongan.

Saddil saat ini dilaporkan ke pihak kepolisian Lamongan atas kasus penganiayaan yang dilakukan bintang Timnas Indonesia U-19 itu terhadap kekasihnya berinisial AS (19).

Kasatreskrim Polres Lamongan AKP Wahyu Norman Hidayat juga menjelaskan pasal yang bisa menjerat Saddil adalah pasal 351 ayat 1 dengan ancaman dua tahun delapan bulan atau 352 KUHP dengan ancaman penjara sembilan bulan.

Baca Juga

Karena kasus ini juga, posisi Saddil di Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2018 terancam. Bahkan pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti sudah mengantongi nama yang akan menggantikan Saddil Ramdani.

Kasus yang berbuntut pada penahanan di kepolisian ternyata bukan hal yang jarang terjadi di skuat Timnas Indonesia. Beberapa kali, eks bintang Timnas Indonesia ternyata pernah ditahan oleh polisi.

Berikut INDOSPORT coba rangkum setidaknya 4 mantan bintang Timnas Indonesia yang pernah ditahan oleh polisi karena sejumlah kasus, termasuk kasus penganiayaan.


1. Diego Michiels

Diego Michiels saat jalani persidangan

Pemain naturalisasi Indonesia, Diego Michiels juga pernah ditahan oleh kepolisian. Karena dirinya terlibat pengeroyokan di klub malam daerah Senayan, Jakarta pada 2012 lalu.

Kapten Borneo FC itu pun dijerat dua pasal, yakni pasal 170 Ayat 2 KUHP tentang pengeroyokan dan Pasal 351 Ayat 1 KUHP tentang penganiayaan ringan. 3 bulan lebih dia mendekam di penjara.


2. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto saat membela timnas Piala AFF 2004.

Pemain yang dijuluki 'Si Kurus' itu dituduh menggunakan sabu di Hotel Wetan Surabaya pada 1997 silam. Hal itu dilakukan sehari sebelum PSM bertarung di kandang Petrokimia Putra Gresik.

Akan tetapi, usai melakukan serangkaian tes dan pemeriksaan, Kurniwan dinyatakan tidak bersalah. Beruntung, dirinya bisa melanjutkan karier sepakbolanya.

3. Mursyid Effendi

Mursyid Effendi.

Dua tahun setelah Mursyid mempermalukan nama Indonesia saat mencetak gol bunuh diri dalam laga "Sepakbola Gajah" melawan Thailand di Piala Tiger 1998. Dia menjadi salah satu pemain yang ikut menggunakan sabu di hotel yang sama dengan Kurniawan DY.

Bahkan, bersama pesepak bola Indonesia lainnya, Kuncoro, dia disebut orang yang memaksa untuk menggunakan sabu. Namun, Mursyid cukup beruntung setelah tes urine dia dinyatakan tidak bersalah.


3. Ali Sunan

Ali Sunan.

Gelandang Persija Ali Sunan lewat tes doping 2012 lalu urinenya positif mengandung amphetamine dan metamphetamine. Kedua zat ini merupakan stimulan yang ada dalam sabu-sabu.

Baca Juga

Ali sempat mengelak dirinya menggunakan narkoba. Namun, setelah tes urine menyatakan dia positif merupakan pemakai narkotika, dirinya pun ditahan 2 tahun tidak boleh merumput.

Terus Ikuti Update Piala AFF 2018 dan Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

Diego MichielsKurniawan Dwi YuliantoTimnas IndonesiaPiala AFFLiga IndonesiaSaddil RamdaniPiala AFF 2018

Berita Terkini