x

Ketimbang Tahun 2016, Ini 4 Modal Sempurna Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Sabtu, 3 November 2018 16:23 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Indonesia vs Myanmar.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia beberapa hari lagi akan berjuang di Piala AFF 2018 pada 9 November mendatang. Sesuai dengan jadwal pertandingan Piala AFF 2018, Timnas Indonesia akan menjalani laga pembuka kontra Singapura.

Timnas Indonesia sendiri pun mendapatkan cobaan yang begitu berat sebelum bertarung di Piala AFF 2018. Mulai dari ditinggal Luis Milla, hingga dicoretnya Saddil Ramdani karena sang pemain terjerat kasus hukum.

Meski mendapatkan berbagai masalah, namun Timnas Indonesia nampaknya sedikit memperoleh angin segar. Karena Timnas Indonesia memiliki modal yang sangat bagus dibandingkan dengan Piala AFF 2016 lalu.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT mencoba untuk membahas 4 modal sempurna yang dimiliki Timnas Indonesia dibandingkan dengan Piala AFF 2016 lalu.


1. Komposisi Pemain Mulai Padu

Laga Persahabatan Timnas Indonesia vs Mauritius.

Para pemain Timnas Indonesia sudah mulai padu setelah menggelar beberapa pertandingan uji coba sebelum Piala AFF 2018. Bagaiamana tidak, dalam tiga pertandingan uji coba terakhir Timnas Indonesia tak pernah menelan kekalahan.

Hasil buruknya hanya bermain imbang 1-1 kontra Hong Kong pada pertengahan Oktober lalu. Sementara dua laga lainnya, Indonesia sukses menorehkan kemenangan (Indonesia 1-0 Mauritius, dan Indonesia 3-0 Myanmar).

Ambisi Pemain

Para pemain Timnas Indonesia tentunya memiliki ambisi yang sangat besar untuk membawa pulang trofi Piala AFF 2018. Ambisi tersebut bisa hadir melalui semangat juang yang ada di dalam diri para pemain Timnas Indonesia.

Api semangat itu semakin membara ketika para juniornya (Timnas U-16 dan Timnas U-19) telah berjuang matia-matian mengharumkan nama bangsa. Semangat para pemain senior pun terpecut setelah melihat antusias besar suporter dan perjuangan terhadap adik-adiknya.


2. Bebas Ambil Pemain dari Klub

Indonesia vs Hong Kong.

Timnas Indonesia saat ini tidak terbentur dengan regulasi yang diterapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait pemanggilan pemain. Artinya, Timnas Indonesia dibebaskan untuk mengambil beberapa pemain dari klub Liga 1.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan apa yang diterapkan operator liga pada tahun 2016 lalu. Karena Timnas Indonesia hanya diperbolehkan mengambil dua pemain dari setiap klub untuk menjalani Piala AFF 2016.

Dengan begitu, Timnas Indonesia seharusnya bisa tampil maksimal pada Piala AFF 2018 nanti. Karena mereka tak mendapat larangan apapun untuk memanggil pemain dari klub-klub Liga 1 2018.


3. Persiapan Tak Begitu Mepet

Penggawa Timnas Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah.

Terakhir, modal bagus yang dimiliki Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2018 adalah persiapannya yang cukup lama. Karena hal itu tak mereka dapatkan saat bersaing di Piala AFF 2016 lalu.

Timnas Indonesia hanya membutuhkan waktu beberapa bulan dalam mempersiapkan skuatnya. Hal itu tak terlepas dari sanksi yang diberikan FIFA kepada PSSI beberapa tahun lalu.

Baca Juga

Meski persiapannya terbilang mepet, namun Timnas Indonesia sukses menjadi runner up di Piala AFF 2018. Ini pun bisa menjadi tolak ukur bagi Timnas Indonesia - yang punya persiapan yang lebih banyak - di Piala AFF 2018 nanti.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lain Serta Serba-serbi Timnas Indonesia di INDOSPORT.

Piala AFF 2016Timnas IndonesiaBola InternasionalPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini