x

Hitung-Hitungan Peluang PSM Makassar Juara Liga 1 2018

Senin, 5 November 2018 10:08 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
Skuat PSM Makassar menjalani latihan di Stadion Gelora Bangkalan, Madura jelang lawan Madura United.

INDOSPORT. COM - Posisi PSM Makassar di puncak klasemen Liga 1 semakin kokoh saja menyusul kemenangan yang diraih atas Persipura Jayapura dengan skor 4-2 pada Minggu (04/11/18) kemarin. Tinggal menyisakan lima pertandingan lagi, berikut hitung-hitungan PSM Makassar untuk menjuarai Liga 1.

Bertanding di Stadion Andi Mattalata, skuat PSM Makassar benar-benar menunjukan kualitas permainannya. Wiljan Pluim, Muhammad Rachmat, Ferdinand Sinaga, dan Allesandro Ferreira, bergantian menjebol gawang tim lawan.

Sementara Persipura Jayapura, hanya dua kali mampu merobek jala gawang PSM Makassar. Dua gol Tim Mutiara Hitam diborong semuanya oleh Boaz Solossa.

Baca Juga

Kemenangan ini tentu saja semakin mengokohkan posisi PSM Makassar di puncak klasemen Liga 1. Skuat Juku Eja kini berada di puncak dengan torehan 53 poin, atau unggul empat angka dari sang peringkat kedua, Persib Bandung.

Belum lagi, saingan PSM Makassar lainnya, Persija Jakarta, baru mengalami kekalahan telak dari lawannya kemarin, Persebaya Surabaya. Hasil itu bisa semakin memuluskan upaya PSM Makassar untuk mengakhiri kompetisi dengan trofi gelar juara.

Gelaran Liga 1 sendiri sejatinya tak akan berlasung lama lagi, sebab tinggal menyisakan lima pertandingan. Lalu, bagaimana peluang PSM Makassar untuk bisa menjuarai gelaran Liga 1?


1. Lima Laga Penentuan

Muhammad Syamsuddin Rachmat, pemain PSM Makassar.

Dalam gelaran Liga 1, PSM Makassar memiliki lima laga tersisa. Bila dilihat dari jadwal yang ada, PSM Makassar mungkin diuntungkan lantaran tiga dari lima laga sisa akan dimainkan di kandang.

Akan tetapi, tiga laga kandang sisa yang bakal dilakoni PSM Makassar dijamin tak akan berlangsung mudah. Pasalnya, PSM Makassar akan menjamu tim-tim kuat, seperti Persija Jakarta, Bali United, dan PSMS Medan.

Mungkin ada pengecualian untuk PSMS Medan yang kini berada di dasar klasemen Liga 1. PSM Makassar secara data di atas kertas akan mudah mengatasi perlawanan PSMS Medan.

Namun, PSMS Medan tetap saja tak boleh untuk diremehkan. Bila saat hari H pertandingan tiba dan kepastian degradasi sudah didapat, PSMS Medan bisa tampil lebih lepas tanpa beban yang kemungkinan besar akan makin menyulitkan PSM Makassar.

Sementara itu, untuk dua laga tandang lainnya, jadwal yang ada juga terbilang tak mudah bagi PSM Makassar. Juku Eja bakal bertandang melawan tim-tim seperti Persebaya Surabaya dan Bhayangkara FC.

Persebaya Surabaya kini peformanya sedang menanjak. Pada laga kemarin saja, saat menjamu Persija Jakarta, Bajul Ijo mampu meraup kemenangan besar 3-0.

Lalu Bhayangkara FC, kekuatannya juga tak bisa dianggap remeh. Bhayangkara FC kini diketahui masuk lima besar teratas klasemen dan juga berpotensi menyulitkan PSM Makassar.


2. Skema PSM Makassar Untuk Menjuarai Liga 1

Wiljan Pluim berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persipura Jayapura.

Saat ini, PSM Makassar berada di puncak klasemen dengan torehan 53 poin. Skuat Juku Eja unggul empat poin dari tim peringkat kedua, Persib Bandung.

Cara paling aman dalam hitung-hitungan ini untuk memastikan gelar juara bagi PSM Makassar ialah memenangkan semua laga tersisa. Cara itu jelas akan membuat PSM Makassar mengakhiri musim sebagai juara, meskipun Persib Bandung juga mampu menyapu bersih semua laga sisa dengan kemenangan.

Namun, PSM Makassar harus melihat jadwal dari lima laga tersisa nanti. Lawan-lawan mereka terbilang tidaklah mudah, dan menyapu bersih semua laga sisa dengan kemenangan agaknya sulit terwujud.

PSM Makassar sendiri lantas memiliki dua opsi aman lainnya. Opsi pertama ialah, PSM Makassar hanya boleh satu kali menelan kekalahan dan empat lainnya diakhiri dengan kemenangan.

Bila opsi ini terwujud dan Persib Bandung juga menyapu bersih semua laga sisa dengan kemenangan, raihan poin PSM Makassar tetap tidak terkejar. Jika PSM Makassar satu kali kalah dan meraih empat kemenangan maka mereka akan meraih 65 poin, sementara poin maksimal yang bisa diraih Persib Bandung jika menyapu bersih lima laga ialah 64 poin.

Selanjutnya, opsi kedua ialah PSM Makassar hanya boleh sekali meraih hasil imbang, dan empat sisanya wajib diakhiri dengan kemenangan. Skema ini akan membuat PSM Makassar tetap menjuarai Liga 1 dengan torehan 66 poin, dan tak mungkin dikejar lagi oleh Persib Bandung.

Hanya skema-skema itulah yang bisa membuat PSM Makassar melenggang mulus meraih gelar juara. Bila yang didapat di luar dari skema tadi, PSM Makassar harus bergantung pada hasil pertandingan dari Persib Bandung dan PSM Makassar juga harus tetap mewaspadai Persija yang kini ada di peringkat ketiga klasemen sementara.

Persija masih menyisakan enam pertandingan dan jika mampu menyapu bersih laga dengan kemenangan maka mereka akan mengumpulkan total poin 66. Jika PSM tergelincir alias kalah satu pertandingan dari lima laga sisa, sementara Persija menang di enam pertandingan maka otomatis Persija menjadi juara.

Terus Ikuti Berita Sepak bola Liga 1 Lainnya di INDOSPORT.COM