x

4 Pemain Liga Eropa yang Bakal Absen di Timnas Filipina

Rabu, 7 November 2018 18:12 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain Liga Eropa yang berpotensi absen di Timnas Filipina.

INDOSPORT.COM - Timnas Filipina terlihat sangat serius untuk menatap Piala AFF 2018. Maklum, mereka belum pernah sekali pun masuk ke babak final dan menjuarai turnamen ini. 

Manajemen melakukan persiapan dengan mendatangkan pelatih kaliber dunia, Sven-Goran Eriksson. Mereka juga telah lebih serius dalam mempersiapkan tim yang kompetitif. 

Namun, dengan fakta bahwa turnamen Piala AFF 2018 berada di luar kalender internasional FIFA, maka persiapan tim Filipina bakal terganjal. 

Baca Juga

Pasalnya. di tim Filipina saat ini setidaknya ada empat pemain kunci yang merumput di Eropa. Jika laga Piala AFF bentrok dengan kompetisi di Eropa, ada kemungkinan para pemain ini batal bergabung dengan tim The Azkals. 

Siapa saja keempat pemain tersebut? Berikut ini daftarnya. 


1. 4. John-Patrick Strauss (Gelandang/Erzebirge-Aue)

Gelandang Timnas Filipina, John-Patrick Strauss.

Lahir dari ibu orang Filipina dan ayah berdarah Jerman, pemain 22 tahun ini meniti karier persepakbolaan di Jerman. 

Saat ini John-Patrick Strauss bermain untuk klub Bundesliga 2, Erzgebirge-Aue. 

Di karier juniornya, ia pernah membela klub RB Leipzig U-17 dan U-19 sebelum akhirnya promosi ke tim reserved RB Leipzig II pada musim 2015/16 dan 2016/17. 

Jika melihat catatan penampilannya, John-Patrick Strauss terbilang lumayan. Di Leipzig junior, ia mencetak 10 gol dan mencatatkan 54 penampilan. 

Sementara di klubnya saat ini, Erzebirge-Aue, ia telah tampil sebanyak 19 kali sejak 2017. Sayang, kompetisi Bundesliga 2 baru memasuki pekan ke-12 dan tidak libur selama Piala AFF berlangsung. 


2. 3. Amin Nazari (Gelandang Bertahan/IFK Mariehamn)

Pemain Filipina yang merumput di Liga Finlandia, Amin Nazari.

Amin Nazari merupakan produk dari klub raksasa Swedia, Malmo FF. Amin Nazari yang saat ini berusia 25 tahun mengawali karier di Malmo sebelum akhirnya dipinjamkan ke klub Assyriska FF and Falkenbergs FF. 

Di 2017, Amin akhirnya berlabuh ke klub liga utama Finlandia, Mariehamn.

Amin bermain di posisi gelandang jangkar. Perannya dalam membangun serangan dari lini belakang sangat dibutuhkan Timnas Filipina dalam menghadapi Piala AFF. 

Namun, ia berpotensi absen lantaran belum ada kejelasan apakah klub tempatnya bernaung mengizinkan sang pemain pergi selama kurang lebih sebulan. 


3. 2. Daisuke Sato (Bek Kiri/Sepsi Sfantu Gheorghe)

Pemain Filipina yang merumput di Liga Rumania, Daisuke Sato.

Daisuke Sato merupakan pemain sepak bola asal Filipina yang kini memperkuat klub liga utama Rumania, Sepsi Sfantu Gheorghe. 

Sato merupakan produk dari akademi klub Jepang Urawa Red Diamonds. Ia sempat bermain dengan klub raksasa Filipina, Global FC sebelum akhirnya mencoba peruntungan di Rumania. 

Ia juga sempat bermain di Denmark sebelum akhirnya kembali lagi ke Rumania. 

Keberadaan Sato di sisi kiri penyerangan Filipina sangat dibutuhkan. Sayang, Liga Rumania saat ini sedang seru-serunya sehingga diragukan Sato bakal meninggalkan klub untuk Piala AFF 2018. 


4. 1. Neil Etheridge (Kiper/Cardiff City FC)

Neil Etheridge.

Mungkin nama yang paling terkenal dari deretan ini adalah Neil Etheridge. 

Maklum, pemain berposisi kiper ini kini sedang memperkuat klub Liga Primer Inggris, Cardiff City. 

Karier Neil di Cardiff relatif sedang menanjak. Bisa dibilang, ia adalah pesepak bola Filipina yang memiliki karier paling cemerlang sejauh ini lantaran bermain di Liga Inggris. 

Namun begitu, Filipina mesti siap kehilangan Neil untuk Piala AFF lantaran jadwal turnamen yang mentok dengan kalender jeda internasional FIFA. 

Baca Juga

Satu-satunya jalan adalah mengharapkan Cardiff untuk melepas Neil ke Timnas Filipina. Jika tidak, maka ini merupakan salah satu kehilangan terbesar tim The Azkals.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak Bola Seputar Piala AFF 2018 Hanya di INDOSPORT.COM.

FilipinaBola InternasionalPiala AFF 2018Neil EtheridgeTRIVIA

Berita Terkini