x

3 Pertandingan Persib U-19 Sempat Rusuh Karena Ulah Suporter

Jumat, 9 November 2018 17:33 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola usia muda Liga 1 U-19 ternyata tak luput dari rusuh karena ulah suporter. Kali ini Persib Bandung U-19 mengalami kesialan tersebut dalam sejumlah pertandingan.

Seharusnya kompetisi sepak bola usia muda seperti Liga 1 U-19 harus lepas dari yang namanya kerusuhan atas ulah suporter. Sebab kejadian buruk ini juga akan berdampak buruk pada para pesepak bola usia muda.

Rusuh yang terjadi dalam pertandingan akan berdampak besar pada tim yang bermain. Karena mereka nantinya bisa dijatuhi hukuman berat dari Komisi Disiplin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Komdis PSSI).

Baca Juga

Tentunya rusuh yang terjadi akan mencederai kompetisi yang seharusnya khusus untuk pembinaan usia muda. Ditakutkan kalau kejadian ini terus berlanjut akan berdampak besar pada para pesepak bola U-19 ini.

Namun saat ini yang menjadi sorotan adalah Persib U-19. Karena usai ditelusuri INDOSPORT.com, pertandingan Persib U-19 pernah mengalami kerusuhan akibat ulah suporter. Berikut kejadiannya.


1. Persija U-19 vs Persib U-19

Penonton masuk ke lapangan di laga Persija U-19 vs Persib U-19.

Pertandingan Persija U-19 vs Persib U-19 di babak delapan besar Liga 1 U-19 musim 2018 juga terjadi kerusuhan. Tepatnya ketika pertandingan memasuki menit ke-89 yang berlangsung di Stadion Moch. Soebroto, Magelang.

Secara tiba-tiba saja suporter yang diduga adalah penggemar Persija U-19 turun ke lapangan dan berlari ke arah tribune pendukung Persib U-19. Sontak para pemain yang ada di lapangan berlari mengamankan diri ke koridor stadion.

Para terduga suporter ini pun bergelagat seperti mengajak berkelahi. Selain itu juga ada yang menyalakan flare (suar) di dalam lapangan untuk memancing keributan dari suporter Persib U-19.

Kejadian tersebut mengehentikan pertandingan setidaknya selama 20 menit. Beruntung pihak keamanan langsung sigap dan bergegas meredam amarah suporter terduga Persija U-19 itu.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui siapa yang akan menerima hukuman dari Komdis PSSI. Bisa Persija U-19 saja atau pun sebaliknya serta kedua tim yang salah.


2. Persib U-19 vs Barito Putera U-19

Laga Persib U-19 vs Barito Putera U-19 rusuh.

Selanjutnya ada laga Persib U-19 vs Barito Putera U-19 yang juga terjadi kerusuhan oleh suporter. Kejadian teresbut terjai pada 18 Oktober 2018 lalu di Liga 1 U-19 2018.

Kejadian ini dikarenakan suporter Persib U-19 kedapatan melempar botol ke dalam lapangan ketika pertandingan berlangsung. Atas ulahnya ini Persib U-19 diganjar denda uang sebesar Rp15 juta oleh Komdis PSSI.

"Suporter Persib U-19 terbukti melakukan pelemparan botol ke dalam lapangan dan diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran disiplin," bunyi ‎surat yang ditandatangani Ketua Komdis PSSI Asep Edwin Firdaus, seperti dilansir dari halaman resmi Persib Bandung, Sabtu (03/11/18).

Baca Juga

Dalam surat tersebut juga menjelaskan kalau ampai terjadi pengulangan terhadap pelanggaran ini, maka kubu Persib U-19 akan mendapatkan hukuman yang lebih berat ke depannya.


3. Persib U-19 vs Persipura U-19

Persipura Jayapura U-19 vs Persib Bandung U-19.

Terakhir adalah pertandingan final Liga 1 U-19 2017 lalu antara Persib U-19 vs Persipura U-19. Pertandingan ini berlangsung di Stadion Wibawa Mutki, Cikarang, Jawa Barat, November 2017.

Kericuhan terjadi saat pertandingan Persib U-19 vs Persipura U-19 tengah berlangsung. Kerusuhan ini pecah dari tribune timur yang dihuni oleh terduga para Bobotoh atau Viking.

Baca Juga

Mereka diduga tidak puas akan hasil akhir pertandingan Persib U-19 vs Persipura U-19. Terduga suporter Persib U-19 ini tak sungkan untuk melempar botol, kursi, sampai menyalakan kembang api.

Itulah tiga kejadian kerusuhan suporter di pertandingan Persib U-19 sejauh ini. Namun tindakan tersebut harus segera dihentikan agar kompetisi Liga 1 U-19 tak terganggu akan hal yang mencoreng dunia sepak bola Indonesia.

Terus Ikuti Update Liga 1 U-19 2018 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM.

Barito PuteraSuporter sepakbolaSuporterPersija Jakarta U-19Persib U-19Liga IndonesiaLiga U-19Liga 1 U-19Persipura U-19TRIVIA

Berita Terkini