x

3 Pemain Timor Leste yang Pernah Berkompetisi di Liga Indonesia

Minggu, 11 November 2018 16:24 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri
Felipe Bertoldo, eks Arema FC.

INDOSPORT.COM – Pertandingan Timnas Indonesia vs Timor Leste di laga kedua Grup B kompetisi sepak bola Piala AFF 2018 berlangsung, Selasa (13/11/18), di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Timnas Indonesia butuh kemenangan untuk menjaga asa lolos ke babak berikutnya. Anak asuh Bima Sakti di atas kertas seharusnya mampu menaklukkan Timor Leste di kandang sendiri.

Timor Leste diperkuat sejumlah pemain yang memiliki darah Brasil dan Portugal. Hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka.

Baca Juga

Di sisi lain, kompetisi sepak bola Indonesia pernah diperkuat sejumlah pemain asing asal Timor Leste. Mereka mengisi satu slot pemain asing Asia yang disediakan oleh operator Liga Indonesia.

Mereka tidak jarang menjadi andalan tim-tim hebat klub sepak bola Indonesia. Namun demikian, ada yang hanya bertahan satu musim bahkan dilepas saat masih berstatus pemain seleksi.

Berikut INDOSPORT.com merangkum 3 pemain Timor Leste yang pernah berkompetisi di Liga Indonesia.


1. 1. Alan Leandro da Silva Pinheiro

Caption

Striker kelahiran Brasil berpaspor Timor Leste ini pernah membela Mitra Kukar di kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016. Ia melengkapi kuota pemain asing yang telah dihuni Marlon da Silva (striker), Rodrigo Dos Santos (gelandang) dan Arthur Cunha da Rocha (bek).

Alan Leandro pernah membela Timnas Timor Leste U-23 di SEA Games 2011 dan juga Timnas senior pada tahun 2012.

Pada tahun 2014 lalu, ia tercatat bermain di Liga Thailand bersama Bangkok United dan pada 2012 sempat menjalani seleksi bersama Sriwijaya FC.


2. 2. Felipe Bertoldo

Pemain asal Brasil, Arthur Cunha dan Fellipe Bertoldo ikuti latihan perdana bersama Arema Cronus.

Felipe Bertoldo pertama kali datang ke Indonesia pada tahun 2016 untuk membela Mitra Kukar di ISC A. Ia lantas hijrah ke klub Oman dan kembali lagi ke Tanah Air pada tahun 2017 untuk bergabung bersama Arema FC.

Sayangnya, pemain kelahiran Brasil ini mengalami permasalahan. Paspor Timor Leste miliknya dianggap palsu oleh AFC.

Arema FC kala itu menempatkan Felipe Bertoldo sebagai pemain asing dari Asia. Otomatis, Singo Edan tidak bisa mendaftarkan Felipe Bertoldo sebagai pemain asing dari Asia.


3. 3. Pedro Henrique

Pedro Henrique Oliveira, saat bertemu dengan pemain dan jajaran manajemen Persbaya Surabaya.

Pedro Henrique sempat menjalani seleksi bersama Persebaya Surabaya jelang Liga 1 2018. Ia didatangkan oleh manajemen Bajul Ijo pada tanggl 19 Februari dan langsung dicoba pada turnamen pramusim Piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) II.

Baca Juga

Akan tetapi, pelatih Angel Alfredo Vera mencoret Pedro Henrique karena dianggap tidak menyetel dengan gaya permainan Persebaya Surabaya.

Persebaya Surabaya akhirnya menjatuhkan pilihan mereka kepada David da Silva. Terbukti, ia kini menjadi calon top skor Liga 1 2018.

Ikuti Terus Update Liga Indonesia dan Berita Sepak Bola Indonesia di INDOSPORT.COM

Timor LesteLiga IndonesiaAlan LeandroTRIVIA

Berita Terkini