x

Jelang Laga Timnas Indonesia vs Timor Leste, Ini Kondisi Rumput Stadion GBK Pasca Konser GNR

Senin, 12 November 2018 20:24 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Kondisi lapangan GBK jelang laga lawan Timor Leste, rumput terlihat hijau namun di beberapa bagian tampak tidak rapat/padat usai konser Guns N' Roses.

INDOSPORT.COM - Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta akan kembali digunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola, tepatnya laga kedua Grup B Piala AFF 2018 antara Timnas Indonesia vs Timor Leste.

Laga sepak bola ini sendiri dilakukan lima hari pasca diselenggarakannya konser musik band legendaris asal Amerika Serikat, Guns N Roses (GNR).

Baca Juga

Hal itu tentu saja membuat penggemar sepak bola bertanya-tanya seperti apa kondisi rumput Stadion GBK jelang laga Timnas Indonesia vs Timor Leste, lantaran venue tersebut menggelar dua event dalam waktu yang berdekatan.

Berdasarkan pantauan awak portal berita olahraga INDOSPORT, Senin (12/11/18), kondisi lapangan dan rumput GBK tetap dalam keadaan baik.

Rumput jenis zoysia matrella atau rumput manila itu terlihat hijau, meski ada ada beberapa bagian yang terlihat longgar atau tidak padat pertumbuhannya.

Baca Juga

Demi melindungi rumput saat konser GNR berlangsung lima hari lalu, pihak penyelenggara menutup rumput lapangan dengan grass cover berstandar internasional atau sesuai dengan Football Stadiums Technical Recommendation dan Requirements yang disusun oleh FIFA (induk tertinggi sepak bola dunia).

"Dengan penutup rumput oleh grass cover ini, penonton GnR tidak akan menginjak-injak rumput dan rumput lapangan akan tetap terjaga," demikian rilis Humas GBK sebelum berlangsungnya konser.

Kondisi lapangan GBK jelang laga Timnas Indonesia vs Timor Leste.

Saat konser GNR, grass cover yang digunakan terbagi dalam 2 jenis yaitu armor deck 1 dan armor deck 3.

Armor deck 1 digunakan khusus untuk menutup permukaan rumput, dan setiap meter persegi block-nya mampu menopang beban seberat 300 kg, dengan permukaan yang memiliki pori-pori sehingga sirkulasi udara tetap terjaga dan rumput tetap dapat tumbuh.

Baca Juga

Sedangkan armor deck 3 digunakan khusus untuk menutup permukaan track atletik yang mampu menopang beban sebesar 600 kg hingga 900 kg per meter persegi.

Dengan demikian, dipastikan bahwa lapangan dan rumput Stadion GBK sudah dalam keadaan normal, apalagi dalam beberapa hari terakhir pihak pengelola telah melakukan perawatan berupa pemupukan maupun brush treatment atau perawatan yang intensif.

Terus Ikuti Update Piala AFF 2018 dan Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

Timor LesteStadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2018

Berita Terkini