x

Bila Tak Berpisah, 3 Bintang Timor Leste Ini Bisa Jadi Andalan Timnas Indonesia

Selasa, 13 November 2018 14:47 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Suasana laga Timnas Indonesia vs Timor Leste.

INDOSPORT.COM - Partai kedua di Grup B kompetisi sepak bola Piala AFF 2018, akan menyajikan laga Timnas Indonesia vs Timor Leste di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (13/11/18).

Bagi tim sepak bola berjuluk Skuat Garuda, kemenangan atas negara pecahan Indonesia ini akan menjaga asa Hansamu Yama dan kolega melaju ke babak semifinal Piala AFF 2018.

Ditambah lagi, Timor Leste yang notabene masih baru pada dunia sepak bola dan bermain di hadapan para pendukungnya, diyakini akan menjadi faktor utama kemenangan Timnas Indonesia nanti.

Baca Juga

Walau begitu, negara yang baru berpisah dari Indonesia pada tahun 2002 ini, sejatinya tengah mengalami perkembangan yang pesat dalam persepakbolaannya. Diketahui, sejak tahun 2016, mereka secara resmi memperkenalkan liga teranyarnya.

Satu per satu pemain-pemain muda pun bermunculan berkat kompetisi tersebut. Puncaknya, kala mereka berhasil menembus fase semifinal di ajang Piala AFF U-19 pada  2013 lalu.

Dengan prestasinya tersebut, beberapa pemain-pemain junior pun dipromosikan oleh Norio Tsukitate yang merupakan pelatih timnas senior Timor Leste di ajang Piala AFF 2018 ini.

Sebut saja Henrique Cruz yang berhasil menjadi kunci utama keberhasilan Timor Leste menembus babak utama Piala AFF 2018.

Baca Juga

Menelisik lebih jauh, andai Timor Leste pada tahun 2002 tidak memutuskan berpisah dari Indonesia. Diyakini, Timnas Indonesia akan dipenuhi oleh pemain-pemain dari kepulauan Nusa Tenggara ini.

Berdasarkan pantauan portal berita olahraga INDOSPORT, terdapat tiga pemain Timor Lester yang sekiranya bisa menjadi andalan Timnas Indonesia, andai tidak berpisah. Berikut daftar lengkapnya:


1. Jorge Sabar Victor

Pemain Timor Leste, Jorge Sabar Victor.

Walau baru menginjak usia kepala dua, sosok Victor di lini belakang Timor Leste tak bisa digantikan. Bahkan, karena sangat vitalnya peran yang dijalani oleh pemain sepak bola kelahiran 1997 ini, Norito Tsukitate tak ragu untuk mendapuknya sebagai kapten.

Sebagai bek kiri, permainannya tidak hanya berkutat di lini belakang saja. Kerap kali Victor membantu Timor Leste, kala menyerang. Melalui kecepatannya, serta pergerakannya yang lincah, pemain sepak bola usia 20 tahun ini wajib diwaspadai.

Baca Juga

Mengingat hal itu, Victor pun dinilai layak mengisi pos bek kiri Indonesia, bersaing ketat dengan Rizky Pora, andai Timor Leste tidak memutuskan untuk berpisah.


2. Henrique Cruz

Pemain Timor Leste, Henrique Cruz.

Di plot sebagai juru gedor bersama Rufino Gama. Sosok Henrique Cruz berhasil mencuri perhatian, kala berseragam Timnas Timor Leste. Kemampuannya dalam mengancam barisan pertahanan lawan, diyakini akan menjadi momok yang menakutkan untuk lawan-lawannya.

Pada babak kualifikasi Piala AFF 2018 silam, dirinya berhasil menjadi aktor penentu Timor Leste berhasil menembus putaran final ajang begengsi dua tahunan ini. Sumbangsih dua golnya pada leg pertama, tak mampu dibalas oleh Brunei Darussalam pada leg kedua.

Baca Juga

Dengan kemampuannya dalam urusan mencetak gol, tentu saja Henrique Cruz dipercaya bisa bersaing dengan barisan penyerang Indonesia, semacam Alberto Goncalves dan Stefano Lilipaly.


3. Rufino Walter Gama

Pemain Timor Leste, Rufino Walter Gama.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, persepakbolaan Timor Leste saat ini tengah berkembang pesat.

Kali ini, Rufino yang turut berusia 20 tahun berhasil menjadi sosok kunci Timor Leste dalam mengarungi Piala AFF 2018.

Baca Juga

Instingnya dalam mencetak gol tidak bisa dianggap remeh. Kombinasinya bersama Henrique Cruz pun berhasil menjadi duo penyerang yang wajib diwaspadai oleh para lawan-lawannya.

Tak ayal, Rufino pun diprediksi mampu mengisi satu tempat di lini serang Garuda Nusantara pada masa depan.

Penulis: Ridi F. Khan.

Terus Ikuti Update Piala AFF 2018 dan Sepak Bola Indonesia di INDOSPORT.COM

Timor LesteTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini