x

3 Hal yang Bisa 'Ganggu' Persija Juara Liga 1 2018

Selasa, 13 November 2018 16:22 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Logo Persija Jakarta

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola tertinggi tanah air, Liga 1 2018, telah menyelesaikan pekan ke-30. Persaingan ke tangga juara pun semakin seru karena ada tiga tim yang berpeluang kuat merengkuh juara di empat pekan tersisa. 

Ketiga klub yang berpeluang kuat juara adalah PSM Makassar (53 poin), Persija Jakarta (49 poin), dan Persib Bandung (49 poin).

Khusus bagi Persija Jakarta, tim asuhan Stefano Cugurra Teco ini masih menyisakan satu laga tunda melawan Persela Lamongan. Total, Tim Macan Kemayoran memiliki lima laga sisa dengan potensi menambah 12 poin. 

Baca Juga

Dalam merebut tangga juara, tentu saja ada sejumlah hal yang mesti diwaspadai oleh Persija jika tak ingin gelar juara musim ini melayang. 

Apa saja hal-hal yang bisa 'menggangu' mimpi Persija untuk merengkuh gelar juara untuk pertama kalinya sejak 17 tahun tersebut? Berikut ulasannya.


1. 1. Kalah dari PSM Makassar di pekan 31

Persija Jakarta vs PS Tira

Partai pekan ke-31 melawan PSM Makassar sangat krusial bagi Persija lantaran dapat menentukan siapa juara di akhir musim. 

Saat ini Persija dan PSM berselisih empat poin. PSM ada di peringkat pertama dengan 53 poin sementara Persija membuntuti di posisi kedua dengan 49 poin.  

Jika Persija kalah dari Tim Juku Eja, itu artinya selisih poin kedua tim menjadi tujuh yang mana sangat sulit untuk dikejar Persija di empat laga tersisa. 

Walau masih menyisakan satu laga 'tabungan', rasanya tetap sulit bagi Persija mengejar ketertinggalan tujuh poin di empat laga sisa. Apalagi, PSM tergolong sebagai tim konsisten musim ini. 

Skuat asuhan Robert Rene Alberts pernah mencatatkan rekor 10 laga tanpa kekalahan sebelum akhirnya dihentikan Madura United. 


2. 2. Berpindah-pindah Stadion

The Jakmania yang memadati Stadion Wibawa Mukti.

Persija merupakan tim yang paling sering berpindah stadion di antara klub Liga 1 lainnya musim ini. Total ada lima stadion yang pernah digunakan Tim Macan Kemayoran. 

Kelima stadion itu adalah Stadion GBK, Pakansari, Wibawa Mukti, Sultan Agung, dan Patriot. 

Tentunya ini menjadi sebuah handicap bagi Persija. 

Tim yang memiliki stadion pasti lebih siap. Berbeda dengan Persija yang mesti beradaptasi dengan lapangan tiap berganti stadion. 

Selain itu, Marko Simic dkk harus mengorbankan waktu ekstra untuk jarak tempuh yang jauh seperti saat di Bantul. 

Kondisi ini masih mungkin terjadi di tiga laga kandang tersisa Liga 1 yang dilakoni Persija. Tim Macan Kemayoran belum tahu dengan pasti apakah Stadion Patriot, Wibawa Mukti, atau pun Bantul yang bakal digunakan. 

Hal ini sedkit banyak bakal mengganggu perjuangan Persija merengkuh titel juara. 


3. 3. Kehilangan Andritany dan Riko

Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa.

Liga 1 2018 tetap berjalan meski Piala AFF memasuki pekan-pekan krusial. Pekan ke-31 dan 32 dimainkan bersamaan dengan babak penyisihan Grup Piala AFF. 

Tentu saja Persija menjadi 'korban' atas kondisi ini lantaran dua pilar utamanya, Andritany dan Riko Simanjuntak harus absen membela Timnas Merah Putih. 

Berbeda dengan PSM Makassar, saat ini tak ada satu pun pemain Tim Juku Eja yang dipanggil timnas. Itu artinya Rasyid Bakrie dkk tetap bisa tampil full team dan mempertahankan konsistensinya. 

Baca Juga

Walau begitu, setidaknya tim-tim lain yang menjadi lawan Persija di laga tersisa juga kehilangan pilarnya lantaran dipanggil timnas, seperti Bali United, Sriwijaya, serta Mitra Kukar. 

Terus ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya di INDOSPORT  
 

Persija JakartaPSM MakassarAndritany ArdhiyasaLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini