x

3 Kenyataan Pahit yang Harus Dihadapi Timnas Indonesia Jelang Laga Lawan Timor Leste

Selasa, 13 November 2018 11:28 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti, saat konfrensi pers jelang pertandingan antara Indonesia vs Timor Leste.

INDOSPORT. COM - Timnas Indonesia akan melakoni pertandingan kedua babak grup gelaran Piala AFF 2018 dengan menghadapi Timor Leste. Jelang laga tersebut, Timnas Indonesia ternyata harus dihadapkan dengan beberapa kenyataan pahit.

Ya, gelaran kompetisi sepak bola Asia Tenggara, Piala AFF 2018 telah memasuki matchday kedua. Pada hari Selasa (13/11/18) ini, Timnas Indonesia akan bertanding menjamu Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pukul 19.00 WIB.

Laga melawan Timor Leste terbilang sangat krusial bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, hasil laga akan sangat menentukan nasib Timnas Indonesia di gelaran Piala AFF 2018 selanjutnya.

Baca Juga

Sayangnya, Timnas Indonesia tak dibekali dengan kondisi bagus. Menatap laga sore nanti, Timnas Indonesia diketahui harus menghadapi beberapa kenyataan pahit.

Lalu, apa sajakah kenyataan pahit yang harus dihadapi Timnas Indonesia menjelang laga melawan Timor Leste sore nanti? INDOSPORT mencoba merangkumnya ke dalam ulasan berikut ini.


1. Antusiasme Masyarakat Tidak Begitu Tinggi

Ulah fans Indonesia yang meledek timnas mereka sendiri saat menghadapi Singapura

Timnas Indonesia terbilang cukup diuntungkan dalam laga kedua babak Grup B Piala AFF 2018 nanti. Bagaimana tidak, bertanding melawan Timor Leste, Timnas Indonesia akan bertindak sebagai tim tuan rumah.

Ya, Timnas Indonesia akan menjamu Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Bermain di depan publik sendiri, Timnas Indonesia diharapkan bisa tampil lebih maksimal berkat dukungan semangat para pencinta sepak bola yang memadati stadion.

Sayangnya, hal itu nampak agak akan sulit menjadi kenyataan. Pasalnya, antusiasme masyarakat terhadap kiprah Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 nampak tak begitu tinggi.

Baca Juga

Buktinya bisa terlihat dari tingkat penjualan tiket pertandingan pada Senin (12/11/18) kemarin. Dari puluhan ribu kapasitas stadion, baru sekita delapan ribu tiket yang terjual.

"Hari ini tiket baru terjual 8 ribu. Besok dijual secara offline di Blok S, sepanjang hari sampai kick off," ujar Deputi Bisnis Sekjen PSSI (induk tertinggi bola Indonesia), Marsal Marsita.

"Kita tahu mungkin animonya kita kalah 0-1 dari Singapura, jadi sekarang animonya agak berat, dan hari kerja pula," tambah Marsita.


2. Kualitas Rumput SUGBK Masih Kurang

Kondisi lapangan GBK jelang laga lawan Timor Leste, rumput terlihat hijau namun di beberapa bagian tampak tidak rapat/padat usai konser Guns N' Roses.

Timnas Indonesia memang akan sangat diuntungkan dengan status tuan rumah dalam laga kedua babak Grup B. Timnas Indonesia bakal menjamu Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno sore nanti pukul 19.00 WIB.

Sayangnya, kualitas rumput lapangan SUGBK sepertinya tak akan begitu menunjang permainan Timnas Indonesia. Ya, kini rumput SUGBK diketahui masih belum begitu baik kondisinya pasca dipakai untuk menggelar konser musik band legendaris asal Amerika Serikat, Guns N Roses (GNR).

Baca Juga

Berdasarkan pantauan awak portal berita olahraga INDOSPORT, Senin (12/11/18), kondisi rumput lapangan SUGBK memang terlihat menghijau. Akan tetapi, ada ada beberapa bagian rumput yang terlihat longgar atau tidak padat pertumbuhannya.


3. Modal Buruk dari Laga Perdana

Pertandingan Timnas Singapura vs Indonesia di Laga perdana Piala AFF 2018

Timnas Sepak Bola Indonesia harus menatap laga kedua babak Grup B Piala AFF 2018 melawan Timor Leste dengan modal yang kurang apik. Bagaimana tidak, pada laga perdana melawan Singapura, Timnas Indonesia harus takluk dengan skor tipis 1-0.

Permainan Timnas Indonesia pun tidak begitu apik dalam laga tersebut. Berdasarkan data yang dihimpun dari situs resmi AFF, Timnas Indonesia hanya mampu melesatkan satu tendangan ke arah gawang sepanjang 90 menit pertandingan melawan Singapura.

Baca Juga

Parahnya lagi, Timnas Indonesia juga harus kehilangan satu pemainnya. Ya, kala berjumpa Singapura, bek kanan Timnas Indonesia, Putu Gede, menerima kartu merah dan dipastikan akan absen saat berlaga melawan Timor Leste.

Terus Ikuti Berita Seputar Piala AFF 2018 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM