x

Hasil Pertandingan Timnas Indonesia vs Timor Leste: Garuda Comeback

Selasa, 13 November 2018 21:02 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Isman Fadil
Indonesia vs Timor Leste

INDOSPORT.COM - Pertandingan Piala AFF 2018 antara Timnas Indonesia vs Timor Leste baru saja berakhir dengan akhir yang bahagia bagi tim tuan rumah setelah berhasil raih kemenangan tipis 2-1. Hasil ini diraih dengan tidak mudah karena Timnas Indonesia sempat tertinggal terlebih dahulu

Babak pertama pertandingan berjalan dengan ketat dan kedua tim tidak mampu melancarkan serangan berbahaya sehingga skor imbang tanpa gol. Timor Leste akhirnya unggul melalui aksi Rufino Gama yang melepaskan tembakan jarak jauh yang menghujam gawang Andritany.

Baca Juga

Timnas Indonesia yang tidak mau malu di depan pendukungnya sendiri, Alfath Fathier akhirnya berhasil mencetak gol penyeimbang di menit ke-60. Berhasil menyamakan skor, Timnas Indonesia semakin bersemangat menyerang dan hasilnya Andik Vermansah dijatuhkan di kotak penalti. 

Stefano Lilipaly yang maju sebagai eksekutor sukses menunaikan tugasnya dan membuat Timnas Indonesia berbalik unggul. Beto Goncalves tidak mau kalah, dia berhasil menyusul mencetak gol dan membuat Indonesia unggul 3-1, hingga pertandingan berakhir skor tetap 3-1 untuk kemenangan Timnas Indonesia atas Timor Leste.


1. Babak Pertama

Indonesia vs Timor Leste

Dua menit pertandingan berjalan, Timor Leste yang bertindak sebagai tim tamu justru malah mengambil inisiatif menyerang ke jantung pertahanan Timnas Indonesia. Untungnya tusukan di sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia itu tidak menghasilkan peluang yang berbahaya.

Timnas Indonesia tidak tinggal diam, Febri Hariyadi melakukan tusukan ke sisi kanan pertahanan Timor Leste dan melepaskan umpan mendatar, tetapi tidak ada pemain Indonesia yang menyambut umpan tersebut.

Timor Leste melakukan pelanggaran keras sehingga Timnas Indonesia mendapatkan tendangan bebas di menit ke-12, Hargianto yang maju sebagai eksekutor gagal melaksanakan tugasnya setelah tembakannya melayang di atas mistar. Hansamu Yama nyaris membuka keunggulan di menit ke-20 melalui sundulan yang memanfaatkan sepak pojok, sayang bola masih melebar.

Menit ke-31, Timor Leste berhasil mendapatkan peluang melalui tendangan jarak jauh yang masih tipis menyamping dari gawang Andritany. Evan Dimas membalas di tiga menit berselang dengan sebuah tandukan keras yang masih bisa diblok oleh penjaga gawang Timor Leste.

Tak sampai disitu, Febri Hariyadi melanjutkan peluang tersebut dengan sepakan jarak jauh yang sangat keras, tapi kembali hanya menyamping dari gawang Timor Leste. Menit ke-43 terjadi kemelut yang berakhir dengan tembakan Hansamu Yama yang masih membentur Tiang gawang, hingga jeda turun minum, skor masih imbang tanpa gol.

 


2. Babak Kedua

Indonesia vs Timor Leste

Babak kedua berjalan, lini pertahanan Timnas Indonesia bermain dengan sangat buruk dan lengah, buktinya mereka membiarkan Rufino Gama mendapatkan bola di depan kotak penalti. Rufino Gama memanfaatkan umpan dari tendangan bebas dengan langsung melepaskan tembakan jarak jauh yang langsung menghujam gawang Andritany di menit ke-48, skor 1-0 untuk Timor Leste.

Timnas Indonesia tersengat dan langsung keluar melancarkan serangan bertubi-tubi ke gawang Timor Leste. Hasilnya Evan Dimas dan Septian David mendapatkan peluang bersih di dalam kotak penalti, tetapi kedua peluang itu masih belum menemui sasaran.

Akhirnya Alfath Fathier yang mencetak debut di ajang internasional bersama Timnas Indonesia berhasil mencetak gol penyeimbang untuk Timnas Indonesia di menit ke-60. Berhasil mencetak gol penyama kedudukan, Timnas Indonesia semakin bersemangat dalam membangun serangan guna mencari gol.

Akhirnya, tusukan Andik Vermansah yang tinggal satu lawan satu dengan penjaga gawang dijatuhkan di kotak terlarang. Stefano Lilipaly yang maju sebagai eksekutor penalti berhasil memaksimalkannya dengan sebuah gol, Timnas Indonesia membalikan kedudukan atas Timor Leste.

Alfath Fathier yang berhasil mengemas satu gol, bermain semakin baik dan maju menyerang membantu penyerangan dengan melepaskan sepakan jarak jauh yang masih belum temui sasaran. Kembali, Riko Simanjuntak melakukan pergerakan manis dan berhasil melepaskan umpan manja ke dalam kotak penalti.

Bola kiriman Riko berhasil ditanduk dengan mudahnya oleh Beto Goncalves yang membuat Timnas Indonesia memperbesar keunggulan dengan skor 3-1 di menit ke-82. Timor Leste tidak tinggal menyerah dan langsung menggempur pertahanan Indonesia, buktinya penyerang mereka sempat satu lawan satu, tapi untungnya Andritany mampu menggagalkannya.

Peluang demi peluang kembali tercipta, tetapi hingga peluit tanda pertandingan berakhir, skor tetap 3-1 untuk kemenangan Timnas Indonesia atas Timor Leste.


3. Susunan Pemain

Indonesia vs Timor Leste

Timnas Indonesia: 

Timor Leste: 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Seputar Piala AFF 2018 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.

Timor LesteStefano LilipalyBeto GoncalvesTimnas IndonesiaBola InternasionalPiala AFF 2018

Berita Terkini