x

Termasuk Solari, Ini 5 Pelatih Real Madrid yang Dipromosikan dari Tim Muda

Rabu, 14 November 2018 11:44 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
Santiago Solari, pelatih Real Madrid.

INDOSPORT.COM – Klub sepak bola Real Madrid resmi menunjuk Santiago Solari sebagai pelatih kepala. Ia diangkat menjadi juru taktik utama hingga 2021 usai sebelumnya menjabat sebagai caretaker atau pelatih interim.

Keputusan tersebut bukalah tanpa alasan sebab Santiago Solari sukses membawa Real Madrid meraih empat kemenangan beruntun, 2 di La Liga Spanyol, 1 di Copa del Rey, dan 1 di Liga Champions.

Nama Santiago Solari sebelum menggantikan Julen Lopetegui memang kurang terdengar. Ia hanya menjabat sebagai pelatih tim Castilla atau Real Madrid B.

Baca Juga

Real Madrid sebelumnya pernah melakukan hal serupa dengan menunjuk Zinedine Zidane. Langkah tersebut terbukti sukses usai legenda Timnas Prancis itu membawa Real Madrid meraih tiga kali juara Liga Champions.

Santiago Solari dan Zinedine Zidane hanya dua dari sederet pelatih Real Madrid yang diangkat dari tim Castilla. Kebijakan tersebut ternyata telah lama dilakukan oleh Los Blancos.

Berikut INDOSPORT.com merangkum 5 pelatih Real Madrid yang pernah dipromosikan dari tim muda Castilla.


1. Promosi yang Sukses

Penyerang legendaris Real Madrid, Vicente del Bosque

1. Miguel Munoz

Miguel Munoz merupakan salah satu pemain dan pelatih Real Madrid tersukses. Sebagai seorang pelatih, ia berhasil membawa Los Blancos juara European Cup (atau sekarang Liga Champions) pada musim 1959/60 dan 1965/66 serta sembilan gelar La Liga Spanyol.

Sebelum melatih tim utama Real Madrid, Miguel Munoz ternyata mengawali kariernya di Real Madrid B. Ia membesut tim Castilla pada musim 1959/60.

Hal itu tidak lepas dari dedikasinya bersama Real Madrid. Sebelum memutuskan menjadi pelatih, ia telah membela Real Madrid selama 10 tahun sejak 1948 hingga 1958.

2. Vicente del Bosque

Pelatih yang sukses membawa Timnas Spanyol juara Piala Dunia 2010 ini pernah menjabat pelatih tim Real Madrid B selama tiga tahun sejak 1987 sampai 1990. Akan tetapi, ia baru naik tingkat pada musim 1994.

Vicente del Bosque total berhasil mempersembahkan 8 gelar bagi Real Madrid. Sempat gagal di awal musimnya dan dipecat, ia kembali dan sukses meraih gelar Liga Champions pada tahun 1999/2000 dan 2001/02 serta La Liga Spanyol 2000/01 dan 2002/03.


2. Promosi yang Gagal

Rafael Benitez bersama Presiden Real Madrid, Florentino Perez.

3. Rafael Benitez

Rafael Benitez telah meniti karier sebagai staf pelatih tim muda Real Madrid sejak usia 26 tahun. Ia memulai tugasnya sebagai pelatih tim Castilla pada tahun 1986 dan sukses meraih 3 gelar pertamanya pada tahun 1990.

Pelatih asal Spanyol ini sempat menjadi asisten pelatih Vicente del Bosque di Real Madrid. Rafael Benitez lantas melanglang buana ke sejumlah klub di Spanyol, Inggris, hingga Italia.

Ia akhirnya baru kembali ke Real Madrid sebagai pelatih tim senior pada musim 2015. Sayangnya, pelatih yang kini menjabat manajer klub Newcastle United ini gagal mempersembahkan satu gelar pun bagi Real Madrid.

4. Julen Lopetegui

Julen Lopetegui baru saja dipecat Real Madrid setelah menjalani 14 pertandingan. Ternyata, ia pernah menjabat pelatih tim Castilla pada musim 2008/09.

Sepuluh tahun berselang, Julen Lopetegui akhirnya baru ditunjuk sebagai pelatih utama Real Madrid. Penunjukkannya bahkan sedikit diwarnai kontroversi sebab ia dikontrak sebelum Piala Dunia 2018 di Rusia berlangsung.

Namun demikian, perjalanannya bersama Real Madrid hanya berlangsung singkat. Ia masuk ke dalam daftar pelatih Real Madrid yang gagal mempersembahkan gelar bagi Los Blancos.


3. Zidane Paling Sukses

Zinedine Zidane dengan trofi Liga Champions.

5. Zinedine Zidane

Zidane Zidane bisa dibilang sebagai salah satu pelatih Real Madrid terbaik yang dipromosikan dari tim Castilla. Disebut tanpa pengalaman, ia sukses mempersembahkan total 9 gelar.

Legenda Timnas Prancis ini menjadi pelatih Real Madrid yang sukses mempersembahkan tiga trofi Liga Champions secara beruntun.

Baca Juga

Selain itu, ia sukses meraih satu gelar La Liga Spanyol pada musim 2016/17, Piala Super UEFA 2016, 2017, dan Piala Dunia Antarklub 2016, 2017.

Di sisi lain, ada empat pelatih lagi, selain Santiago Solari, yang pernah dipromosikan dari Real Madrid Castilla ke tim utama, yakni Amancio Amaro, Ramon Grosso, Mariano Garcia Remon, dan Juan Ramon Lopez Caro. Uniknya, keempat pelatih ini gagal mempersembahkan gelar bagi Real Madrid.

Ikuti Terus Update La Liga Spanyol dan Berita Sepak Bola Indonesia di INDOSPORT.COM

Real MadridVicente del BosqueZinedine ZidaneRafael BenitezReal Madrid CastillaJulen LopeteguiSantiago SolariLiga SpanyolTRIVIA

Berita Terkini