x

4 Wasit Asal Indonesia yang Sempat Berkiprah di Piala AFF

Kamis, 15 November 2018 14:58 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
FIFA Fairplay.

INDOSPORT.COM - Akhir-akhir ini kinerja wasit menjadi sorotan, khususnya wasit yang memimpin pertandingan di Tanah Air. Sedikit saja melakukan tindak kontroversi, wasit akan menjadi bulan-bulanan penggemar sepak bola yang tidak terima dengan keputusannya di lapangan hijau.

Persepakbolaan Indonesia pun turut berbenah dalam menaikkan integritas liga, salah satunya adalah dengan menggunakan jasa wasit asing di Liga 1.

Baca Juga

Namun rupanya, upaya ini justru menyingkirkan potensi wasit lokal yang yang juga butuh jam terbang dan pengalaman.

Angin segar datang dari gelaran Piala AFF 2018, di mana salah satu pengadil pertandingan adalah seorang anak bangsa, yakni Thoriq Munir Alkatiri.

Wasit asal Purwakarta tersebut mampu unjuk gigi dalam gelaran turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Selain Thoriq, Indonesia sebelumnya juga memiliki wasit-wasit berkompeten yang bahkan sudah menjadi ‘langganan’ di Piala AFF.

Berikut INDOSPORT merangkum empat wasit asal Indonesia yang pernah berkiprah di gelaran Piala AFF:


1. Thoriq Munir Alkatiri (2018)

Wasit Thoriq Alkatiri begitu berwibawa dengan ketegasannya namun juga murah senyum.

Wasit muda berusia 29 tahun ini tentu tidak diragukan lagi kemampuannya sebagai pengadil di lapangan hijau. Thoriq Alkatiri telah memiliki lisensi FIFA dan Premier Skills Referee level 3.

Baca Juga

Thoriq juga merupakan pemutus absennya wasit asal Indonesia di Piala AFF sejak delapan tahun terakhir. Usianya yang masih muda dan pengalamannya yang telah matang bisa saja membuatnya akan menjadi langganan di turnamen-turnamen internasional selanjutnya.


2. Jimmy Napitupulu (2002, 2004, 2007, 2010)

Jimmy Napitupulu

Indonesia patut berbangga dengan hadirnya sosok Jimmy Napitupulu di berbagai ajang sepak bola internasional. Bahkan wasit kelahiran tahun 1966 tersebut menjadi ‘langganan’ di Piala AFF, mulai dari musim 2002, 2004, 2007, dan terakhir pada 2010.

Baca Juga

Jimmy telah mendapatkan lisensi C1 pada 1 Januari 1997, dan lisensi FIFA pada 1 Januari 2002. Selain berkiprah di Piala AFF, ia juga pernah menjadi pengadil pertandingan final Piala ASEAN Second Leg di Thailand.


3. Midi Setiyono (2002, 2008)

Logo FIFA Fair Play.

Pemilik nama lengkap Setiyono Midi Nitrorejo ini juga terlibat dalam gelaran Piala AFF 2008 sebagai wasit, bersama dengan Jimmy Napitupulu. Sebelumnya, ia juga berpengalaman menjadi pengadil pertandingan di Piala AFF edisi 2002.

Bahkan Piala AFF 2002 merupakan pengalaman perdana pria kelahiran tahun 1967 ini dalam menjalani karir sebagai wasit internasional.

Baca Juga

Hidayat Jajat Sudrajat (2000)

Saat Piala AFF masih menggunakan nama Tiger Cup di tahun 2000, Indonesia telah memiliki andil dalam pengadaan wasit berlisensi internasional yang memimpin pertandingan.

Hanya saja Hidayat baru memimpin beberapa laga di babak penyisihan, lantaran pada babak semifinal dan final, Timnas Indonesia masih bermain.

Saat itu Tim Garuda kalah atas Thailand di babak final yang diselenggarakan pada tanggal 18 November 2000 di Bangkok, dengan skor akhir 4-1.

Penulis: Martini

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

WasitPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini