x

3 Fakta Buktikan Kualitas Sepak Bola Indonesia Tertinggal Jauh dari Thailand

Jumat, 16 November 2018 13:33 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
5 Negara tersukses jika bermain kandang di Piala AFF.

INDOSPORT. COM - Perjuangan Timnas sepak bola Indonesia untuk bisa meraup prestasi besar di gelaran kompetisi sepak bola Asia Tenggara, Piala AFF 2018 terus berlanjut. Thailand jadi lawan berikutnya yang harus dihadapi Timnas Indonesia.

Ya, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand dalam laga ketiga babak Grup B Piala AFF 2018. Laga ini bakal dilangsungkan di Stadion Rajamangala pada Sabtu (17/10/18) pukul 18.30 WIB.

Pertemuan Thailand vs Timnas Indonesia kali ini seperti ulangan laga final Piala AFF 2016. Kala itu, Timnas Indonesia harus takluk dari Thailand dengan skor agregat 2-3.

Baca Juga

Sejarah yang terjadi dua tahun lalu itu seakan menggambarkan bahwa kualitas sepak bola Timnas Indonesia tengah tertinggal bila dibandingkan dengan Thailand. Tak heran, bila Thailand lantas kerap dijuluki sebagai rajanya sepak bola Asia Tenggara.

Fakta ketertinggalan kualitas sepak bola Timnas Indonesia dibanding Thailand ternyata tak hanya itu saja. Ada beberapa fakta lain yang mendukung asumsi tadi.


1. Peringkat FIFA

LOGO FIFA.

Fakta pertama yang bisa menjelaskan ketertinggalan kualitas Timnas Indonesia ialah terkait peringkat FIFA. Posisi Timnas Indonesia masih tertinggal jauh ketimbang Thailand.

Dalam ranking FIFA yang terakhir dirilis pada 25 Oktober 2018 lalu, Timnas Indonesia berada di urutan 160. Posisi ini membuat Timnas Indonesia tertinggal 39 peringkat dengan Thailand yang berada di urutan 121.

Baca Juga

Bahkan lebih hebatnya lagi, rangking FIFA Thailand pernah masuk 50 besar dunia pada tahun 1998 silam. Kala itu, Thailand berada di urutan 45, sementara pada tahun yang sama Timnas Indonesia ada di urutan 87.


2. Kasta Kompetisi

Adisak Kraisorn, pemain Timnas Thailand yang membobol gawang Timor Leste 6 kali di Piala AFF 2018.

Perbedaan mencolok yang juga terlihat dari kualitas sepak bola Thailand dan Timnas Indonesia ialah terkait kasta kompetisi. Kedua negara ini mengikuti kasta kompetisi yang levelnya berbeda jauh.

Pada tahun 2017 lalu misalnya, perbedaan sangat mencolok dan begitu ketara. Kala itu, Thailand sedang berjuang untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2018 dengan mengikuti babak kualifikasi zona Asia.

Baca Juga

Sementara Timnas Indonesia pada tahun yang sama tak mengikuti ajang kompetisi sama sekali. Timnas Indonesia malah lebih sibuk dengan laga-laga uji coba seperti melawan Myanmar, Kamboja, Puerto Rico, dan Guyana.


3. Skor Melawan Timor Leste

Striker Timnas Thailand, Adisak Kraisron.

Fakta terakhir yang menunjukan ketertinggalan Timnas Indonesia terlihat dari skor akhir laga melawan Timor Leste. Ya, baik Thailand maupun Timnas Indonesia, sama-sama telah menghadapi perlawanan Timor Leste di gelaran Piala AFF 2018.

Namun, skor akhir yang didapat Thailand dan Timnas Indonesia nampak sangat berbeda. Meski sama-sama mampu meraup kemenangan, Thailand menang dengan skor yang sangat meyakinkan.

Baca Juga

Ya, Thailand membantai Timor Leste dengan skor tragis 7-0. Sementara Timnas Indonesia akhirnya bisa meraup kemenangan 3-1 setelah tertinggal satu gol lebih dulu dari Timor Leste.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM