x

Ada Eks Persib, 2 Pemain Timnas Indonesia Pernah Koyak Thailand di Rajamangala

Sabtu, 17 November 2018 12:50 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
Prediksi pertandingan Thailand vs Indonesia

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia akan bertarung melawan Thailand, Sabtu (17/11/18), di Stadion Rajamangala, Bangkok, pada pertandingan ketiga turnamen sepak bola Piala AFF 2018.

Stadion Rajamangala selalu menjadi tempat yang angker bagi Timnas Indonesia. Sejarah mencatat, sejak dibuka tahun 1998 dan digunakan pada Piala AFF edisi 2000, Timnas Indonesia belum pernah menang atas Thailand di Stadion Rajamangala.

Saking angkernya, tidak banyak pemain Timnas Indonesia yang mampu membobol gawang Thailand di stadion berkapasitas sekitar 65.000 penonton itu.

Baca Juga

Timnas Indonesia pernah bertemu tiga kali dengan Thailand di Stadion Rajamangala. Pertemuan tersebut terjadi di final Piala Tiger (AFF) 2000, semifinal Piala AFF 2008, dan final Piala AFF 2016.

Namun demikian, setidaknya ada dua pemain Timnas Indonesia yang pernah mengoyak gawang Thailand di Stadion Rajamangala pada ajang Piala AFF.


1. Uston Nawawi

Timnas Indonesia di Piala Tiger 2000

Uston Nawawi masuk dalam skuat Garuda di Piala AFF 2000. Timnas Indonesia mampu tampil gemilang sepanjang babak penyisihan grup, namun harus finis sebagai runner up di bawah tuan rumah Thailand.

Akan tetapi, takdir berkata lain sebab Timnas Indonesia bertemu lagi dengan Thailand di babak final. Timnas Indonesia yang susah payah melaju ke partai puncak usai mengalahkan Vietnam di semifinal harus menerima kenyataan pahit kalah untuk kedua kalinya dari Thailand.

Baca Juga

Thailand menekuk Timnas Indonesia dengan skor 4-1 di final, skor yang mirip ketika tim Gajah Putih menghajar Gendut Doni dan kawan-kawan di fase penyisihan grup.

Gol tunggal Timnas Indonesia di Stadion Rajamangala kala itu dicetak oleh Uston Nawawi di menit ke-20. Sayangnya, gol tersebut tidak mampu menghentikan aksi gemilang Worrawoot Srimaka yang membukukan hattrick.


2. Nova Arianto

Caption

Timnas Indonesia menjalani misi sulit di putaran kedua semifinal Piala AFF 2008. Skuat Garuda takluk 0-1 di kandang dan harus mengejar agregat ketinggalan 0-1.

Nova Arianto langsung mengejutkan publik Stadion Rajamangala lewat golnya di menit ke-9. Eks bek Persib Bandung ini sukses menanduk umpan sepak pojok Ismed Sofyan dan membuat skor berubah menjadi agregat 1-1.

Baca Juga

Sayangnya, Timnas Indonesia setelah itu tidak mampu mempertahankan atau menambah keunggulannya. Tim Merah Putih takluk dengan skor 1-3 dan gagal melaju ke final.

Sejak gol Nova Arianto tersebut, tidak ada lagi pemain Timnas Indonesia yang mampu mencetak gol di Stadion Rajamangala melawan Thailand. Mampukah skuat Garuda arahan Bima Sakti memutus rentetan buruk tersebut?

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

ThailandNova AriantoTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalStadion Rajamangala

Berita Terkini