x

3 Pemain yang Perannya Bisa Selamatkan Kiprah Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Sabtu, 17 November 2018 14:32 WIB
Editor: Juni Adi
Tiga pemain yang perannya bisa selamatkan kiprah Indonesia di Piala AFF

INDOSPORT.COM - Kiprah Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 sejauh ini masih belum meyakinkan, meski sudah meraih kemenangan di laga kedua Grup B, menjamu Timor Leste pada Selasa (13/11/18) lalu.

Namun kemenangan tersebut harus diraih dengan susah payah, lantaran Timor Leste sempat memberi perlawanan ketat hingga mereka mampu unggul lebih dahulu, meski pada akhirnya Timnas Indonesia menang dengan skor akhir 3-1.

Hasil itu membuat publik Tanah Air kembali optimis untuk mendukung perjuangan anak asuh Bima Sakti di ajang Piala AFF 2018, setelah sempat dibuat kecewa dan pesimis karena di laga perdana takluk 1-0 dari Singapura.

Baca Juga

Pada laga selanjutnya, Timnas Indonesia akan kembali menemui ujian berat saat berhadapan dengan tuan rumah Thailand, Sabtu (17/11/18).

Skuat Garuda diharapkan bisa mencuri poin maksimal, guna menjaga peluang lolos ke semifinal dan juga menghapus catatan buruk saat bertandnag ke Stadion Rajamangala dimana mereka belum sekalipun meraih kemenangan.

Baca Juga

Untuk mewujudkan ambisi tersebut, tiga pemain Timnas Indonesia ini wajib tampil maksimal di laga melawan Thailand untuk bisa memperpanjang nafas Skuat Garuda di turnamen dua tahunan ini. Berikut ulasannya dari INDOSPORT :


1. Alberto Goncalves

Indonesia vs Timor Leste

Sama seperti edisi tahun 2010 yang bergantung dengan sosok Cristian Gonzales, pada Piala AFF 2018 ini Timnas Indonesia kembali harus bergantung pada sosok striker naturalisasi, yakni Alberto Goncalvez.

Meski usianya sudah tidak lagi muda, ketajaman Beto di dalam kotak penalti sudah tidak diragukan lagi sehingga diriya dipanggil oleh Bima Sakti untuk jadi unjung tombak andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, diantara striker lokal yang tampil gemilang di Liga 1.

Beto sudah membuktikan hal tersebut di turnamen resmi pertamanya sebagai WNI, saat membela Timnas Indonesia di Asia Games 2018 lalu.

Meski gagal mengantar Skuat Garuda meraih medali emas, tapi dirinya tetap bisa berbangga karena namanya masuk dalam jajaran lima besar top skor Asian Games 2018 dengan empat gol.

Sayang, ketajaman pemain berusia 37 tahun itu belum teruji di Piala AFF 2018. Dari dua laga, Beto baru mencetak satu gol. Padahal kemampuan dirinya sebagai striker tunggal andalan sangat diperlukan Timnas Indonesia, guna mendulang gol demi gol untuk bisa meraih kemenangan.

Pria berdarah Brasi itu masih punya kesempatan dalam dua laga kedepan saat melawan Thailand dan Filipina, guna membawa Timnas Indonesia lolos ke babak semifinal.


2. Stefano Lilipaly

Indonesia vs Timor Leste

Sama seperti Alberto Goncalves, Stefano Lilipaly juga tampil gemilang bersama Timnas Indonesia di ajang Asia Games 2018 lalu.

Meski bukan sebagai striker murni, namun naluri menyerangnya mampu membuatnya mencetak gol dan masuk  dalam jajaran top skor dengan koleksi empat gol.

Dirinya juga menjadi salah satu pemain warisan Piala AFF 2016 lalu, yang tampil gemilang hingga membawa Timnas Indonesia ke partai final.

Namun sayang, meski komposisi pemain Timnas Indonesia tidak banyak berubah dari dua edisi sebelumnya, penampilan Lilipaly kurang menonjol di Piala AFF 2018 ini.

Pemain naturalisasi asal Belanda itu memulai turnamen dengan awal yang lamban, dan belum menjadi kunci permainan Timnas Indonesia dari dua laga yang sudah dimainkan. Selain itu, Lilipaly juga baru mencetak satu gol dari titik putih, ke gawang Timor Leste. 

Situasi tersebut tentunya wajib menjadi catatan penting dalam pekerjaan rumah Bima Sakti di dua laga sisa, untuk mengembalikan performa Stefano Lilipaly ke bentuk terbaiknya.


3. Evan Dimas

Evan Dimas.

Meski baru berusia 23 tahun, Evan Dimas kerap jadi pilihan utama siapaun pelatih Timnas Indonesia, untuk ajang Piala AFF. Tercatat, dirinya sudah merasakan tiga kali edisi turnamen dua tahunan itu.

Grafi permainan Evan dianggap terus meningkat, sehingga mulai menjadi pemain inti di lini tengah Timnas Indonesia. Sayang, perannya tidak terlihat dalam dua laga terakhir Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

Padahal, Evan memiliki kemampuan di atas rata-rata, dan bisa menjadi kunci permainan Timnas Indonesia dalam setiap pertandingan.

Bertanggung jawab secara luas untuk menghubungkan antara lini pertahanan dengan lini serang, pemain milik Selangor FA itu tumbuh subur ketika diberi banyak ruang gerak.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Seputar Piala AFF 2018 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.

Evan DimasAlberto GoncalvesStefano LilipalyHansamu Yama PranataTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2018

Berita Terkini