x

Menerka Calon Juara Liga 1 di 3 Laga Sisa: Persija Jakarta Lebih Diunggulkan!

Sabtu, 17 November 2018 06:59 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
Menerka Calon Juara Liga 1 di 3 Laga Sisa: Persija Jakarta Lebih Diunggulkan!

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola tertinggi Liga Indonesia-Liga 1 musim 2018/2019 telah mencapai fase akhir, dan dalam 3 laga sisa publik akan segera mengetahui sang pemegang tahkta baru di kompetisi nasional tahun ini.

Dalam persaingan menuju tangga juara, kini hanya tinggal tersisa 3 klub dari 18 kontestan yang masih memiliki peluang untuk bisa merengkuh trofi Liga 1 di edisi keduanya kali ini. 

Hingga saat ini, PSM Makassar masih kokoh memuncaki klasemen sementara dengan raihan 54 poin dari 31 laga yang telah dimainkannya. 

Baca Juga

Namun selisih PSM Makassar dari dua klub sepak bola pesaing di bawahnya terbilang sangat dekat, bahkan jika PSM Makassar melakukan satu saja kesalahan maka posisi mereka di puncak klasemen dapat dengan mudah dikudeta.

Di peringkat kedua klasemen sementara Liga 1, ada Persija Jakarta yang hanya berjarak empat poin dari PSM Makassar. Namun Persija Jakarta lebih unggul jumlah laga, yakni mereka baru menjalani 30 pertandingan.

Sementara di peringkat ketiga ada Persib Bandung yang juga belum memainkan laga pekan ke-31 mereka, dan dengan jarak hanya lima poin membuat posisi PSM Makassar pun masih dapat dikejar oleh Persib Bandung.

Dengan 3 laga tersisa setelah pekan ke-31 usai, maka hitung-hitungan juara pun akan semakin lebih menarik. Uniknya, berdasarkan peluang dan hitung-hitungan yang terjadi, tim Persija Jakarta justru mendapat peluang juara paling besar.

Lebih lengkapnya, berikut catatan menarik dan perhitungan unik dari peluang 3 klub Liga 1, untuk dapat meraih gelar juara di akhir musim yang telah dirangkum INDOSPORT:


1. PSM Makassar

PSM Makassar vs Persija Jakarta

Peluang PSM Makassar menjuarai Liga 1 musim ini adalah 25 persen, hal tersebut dikarenakan dua match yang bakal mereka lakoni ke depan.

PSM Makassar akan menjamu Bali United di pekan ke-32, serta bertandang ke markas sang juara bertahan musim lalu, Bhayangkara FC di kandang The Army.

Dua laga tersebut terbilang cukup berat terlebih kala berhadapan dengan Bali United, pasalnya di pertemuan pertama Liga 1 musim 2018/2019 lalu PSM Makassar dipermalukan Bali United dengan skor 2-0.

Lain halnya dengan Bhayangkara FC, meski PSM mampu menang di pekan pertama tetapi kemenangan tersebut diraih saat PSM bermain dengan dukungan penuh pendukung mereka sendiri.

Andai PSM mampu tampil lepas saat berhadapan dengan Bhayangkara, bukan tak mungkin anak asuh Rene Albert tersebut dapat mencuri poin dan memperbesar peluang mereka meraih gelar juara.

Prediksi 3 laga sisa
PSM Makassar vs Bali united (2-1)= 3 poin.
Bhayangkara vs PSM Makassar(1-1)= 1 poin.
PSM Makassar vs PSMS Medan (2-0)= 3 poin.

Total= 7 poin + 54 poin = 61 poin.


2. Persib Bandung

Aksi selebrasi pemain klub sepak bola Persib Bandung.

Serupa dengan PSM Makassar, peluang Persib Bandung untuk meraih gelar juara musim ini mulai menurun terlebih usai secara mengejutkan kalah di tangan PSMS Medan di pekan ke-30 dengan skor 0-1.

Selain itu, ketidakhadiran Bobotoh (pendukung Persib) dan harus bermain di luar kandang sendiri di setiap pertandingan, nyatanya memberikan dampak yang luar biasa bagi Persib Bandung.

Tercatat usai mengalami laga usiran dan tanpa dihadiri penonton, Persib Bandung hanya meraih satu kemenangan kontra Bhayangkara, dua hasil imbang serta meraih empat kekalahan yang membuat mereka merosot ke urutan ketiga.

Baca Juga

Meski dalam empat pertandingan sisa nanti mereka hanya akan menjamu PSIS, Perseru, Persela dan Barito, namun dengan penampilan yang bak roller coaster membuat Persib Bandung diprediksi sulit untuk meraih gelar juara.

Namun jika mereka mampu tampil konsisten dengan minimal meraih satu kemenangan di partai kandang dan mencuri angka di tiga laga sisanya, serta berharap Persija dan PSM terjatuh di pekan terakhir, bukan tak mungkin Persib dapat menambah jumlah bintang di jersey mereka.

Prediksi 4 laga sisa.
PSIS Semarang vs Persib Bandung, (1-1)= 1 poin.
Persib Bandung vs Perseru Serui, (2-1)= 3 poin.
Persela Lamongan vs Persib Bandung (1-1)= 1 poin.
Persib Bandung vs Barito Putera (1-0)= 3 poin.

Total= 8 poin + 49= 57


3. Persija Jakarta

PSM Makassar vs Persija Jakarta

Tim terakhir yang memiliki peluang untuk meraih gelar juara Liga 1 musim 2018/2019 adalah Persija Jakarta, di mana tim kebanggaan ibukota tersebut bertengger di urutan kedua dengan hanya selisih empat angka dari PSM Makassar.

Meski selisih empat angka, namun Persija memiliki laga lebih banyak ketimbang PSM Makassar yang dipastikan dapat membantu langkah Macan Kemayoran untuk merengkuh gelar di akhir musim.

Di atas kertas, Persija memiliki peluang dua kali lebih besar dari tim PSM Makassar dan Persib Bandung yakni 50 persen. Hal tersebut didasari oleh empat pertandingan yang bakal mereka lakoni dan perolehan poin maksimal yang diraih.

Dalam empat laga terakhir yang dijalani Persija, tiga di antaranya bakal bermain di kandang Persija dan mungkin akan sangat mudah mereka menangkan.

Andai mampu menyapu bersih laga kandang, Persija bakal memperoleh poin 59 ditambah dengan hasil laga tandang mereka (jika menang mereka akan meraih 62 poin dan jika imbang hanya 60 poin).

Namun untuk dapat meraih gelar juara, selain meraih hasil sempurna di empat laga sisa Persija Jakarta juga harus berharap PSM Makassar dan Persib Bandung tersungkur di pekan-pekan terakhir.

Baca Juga

Prediksi 4 laga sisa
Persija Jakarta vs Persela (2-1)= 3 poin.
Persija Jakarta vs Sriwijaya (2-0)= 3 poin.
Bali United vs Persija Jakarta (1-1)= 1 poin.
Persija Jakarta vs Mitra Kukar (1-0)= 3 poin.

Total= 10 poin + 50 poin = 60 poin.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT