x

3 Alasan Logis Final Liga 1 Persib vs Persija Digelar di Magelang

Minggu, 18 November 2018 18:19 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM - Final kompetisi sepak bola Indonesia usia muda, Liga 1 U-19 musim 2018 yang mempertemukan Persib U-19 vs Persija U-19 mengalami penundaan. Kabarnya laga akan dihelat di Magelang dan berikut 3 alasan logisnya.

Babak final Liga 1 U-19 2018 awalnya dihelat di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Minggu (18/11/18) malam. Namun dibatalkan oleh pihak kepolisian.

Sehingga PT Liga Indonesia Baru langsung bergegas untuk melakukan penjadwalan ulang serta menentukan venue pertandingan. Sebab laga final tak boleh ditunda lagi.

Baca Juga

Di sisi lain, beredar rumor kalau pertandingan final Liga 1 U-19 2018 akan dihelat antara Kota Bali atau Magelang. Banyak yang berasumsi kalau Magelang akan terpilih.

Oleh karenanya INDOSPORT coba menjelaskan alasan logis partai final Liga 1 U-19 2018 antara Persib U-19 vs Persija U-19 dihelat di Kota Magelang.


1. Cikarang Daerah Rawan

The Jakmania dan Bobotoh saat melakukan aksi 1.000 lilin di Stadion Patriot.

Sesuai pernyataan yang disampaikan oleh Ketua Panpel semifinal dan final Liga 1 U-19 2018 Barry Timothy, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian.

"Setelah melakukan banyak pertimbangan, terutama terkait keamanan, kami akhirnya memutuskan menunda laga final Liga 1 U-19 2018," tutur Barry dikutip laman resmi Liga Indonesia, Sabtu (17/11/18) lalu.

Alasan kenapa pihak kepolisian menilai kalau keamanan laga Persib U-19 vs Persija U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, sangat riskan? Karena daerah tersebut begitu rawan terjadi gesekan.

Baca Juga

Pasalnya Cikarang adalah wilayah perbatasan antara DKI Jakarta dan Jawa Barat (Bandung). Sehingga hal yang ditakutkan adalah bentrokan antarsuporter.

Bermain di Stadion Moch Soebroto, Magelang tampaknya akan sangat ideal untuk kedua tim. Sebab venue tersebut sangat netral untuk menggelar pertandingan.


2. Sudah Familiar

Stadion Moch Soebroto, Magelang

Selanjutnya adalah Stadion Moch Soebroto, Magelang merupakan tempat yang sudah cukup familiar bagi Persib Bandung U-19 maupun Persija Jakarta U-19 bertanding.

Sebab baik Persib U-19 dan Persija U-19 pernah melakukan sejumlah laga di stadion tersebut pada babak delapan besar Grup A Liga 1 U-19 2018.

Baca Juga

Dirasa sangat cocok untuk pertandingan final. Apalagi keduanya pernah bertanding juga di Stadion Moch Soebroto, Magelang yang dimenangkan Persib U-19. Akankah Persija U-19 mampu balas kekalahan?


3. Hemat Waktu

Ilustrasi Persib Bandung U-19 vs Persija Jakarta U-19.

Lebih lanjut bertanding di Stadion Moch Soebroto, Magelang juga bisa dibilang dapat menghemat waktu. Sebab baik Persib U-19 maupun Persija U-19 bisa dengan cepat tiba di Magelang usai berlaga di Cikarang.

Selain hemat waktu, operasional tim juga dapat ditekan karena kedua tim bisa melakukan perjalanan darat. Bahkan untuk tempat menginap tim juga bisa dicari dengan harga terjangkau.

"Kalau Magelang perjalanannya bisa lewat darat dan lapangan untuk kami berlatih juga memadai‎," kata pelatih Persib U-19 Budiman kepada INDOSPORT, Minggu (18/11/18).

Baca Juga

Di sisi lain Pelatih Persija U-19 Sudirman menilai untuk mengambil sisi positifnya saja terkait penundaan ini. Karena keputusan ini yang terbaik dari pihak kepolisian.

"Tapi kami mengharapkan segera ada keputusan terkait jadwal baru agar kami bisa persiapkan babak final dengan baik,” timpal Sudirman seperti dikutip laman resmi klub.

Terus Ikuti Update Liga 1 U-19 2018 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM.

Persija Jakarta U-19Persib U-19Liga IndonesiaLiga U-19Liga 1 U-19Stadion Moch SoebrotoMagelangTRIVIA

Berita Terkini