x

Rapor Pemain Timnas Usai Ditaklukan Thailand: Lini Belakang Buruk, Winger Persija Paling Baik!

Minggu, 18 November 2018 03:22 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Rafif Rahedian

INDOSPPORT.COM - Berikut rapor para pemain Timnas Indonesia usai gagal meraih hasil positif dalam laga lanjutan babak penyisihan grup Piala AFF 2018, setelah takluk dari tuan rumah Thailand dengan skor mencolok 2-4.

Bermain tandang di Rajamangala Stadium, Bangkok, pelatih Bima Sakti mencoba menurunkan beberapa pemain baru dalam starting line up, dan salah satunya adalah memasang Awan Seto sebagai kiper utama.

Hal tersebut menjadi blunder paling besar bagi Timnas Indonesia, di mana barisan pertahanan Garuda seolah kehilangan arah dan bingung dalam mengantisipasi setiap serangan yang datang.

Baca Juga

Hasilnya, Timnas Indonesia yang sempat unggul lebih dulu harus mengalah dan rela gawangnya dibobol empat kali oleh Thailand dan membuat laga berakhir dengan kemenangan tuan rumah.

Selama 90 menit bermain, Awan Seto pun tak mencatatkan penampilan yang cukup impresif bahkan melansir dari laman sepak bola Foxsport disebutkan bahwa penjaga gawang asal klub Bhayangkara FC tersebut menjadi pemain dengan rating terendah.

Tak hanya Awan Seto, penampilan buruk juga ditampilkan Stefano Lilipaly dalam laga tadi dan membuat kedua pemain tersebut mendapat nilai 4, atau yang paling jelek dari keseluruhan pemain Timnas Indonesia.

Lebih lengkapnya, berikut daftar rapor para pemain Timnas Indonesia dalam laga melawan Thailand di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018 pada Sabtu (17/11/18) malam WIB.


1. Awan Seto Raharjo (4/10)

Kiper timnas Indonesia, Awan Seto saat sesi latihan.

Melakoni debutnya sebagai pemain senior, dan tampil dalam pertandingan big match melawan Thailand membuat Awan Seto tampil tak maksimal.

Bahkan sejumlah gol Thailand dicetak akibat kesalahan yang dibuat Awan Seto, salah satunya dalam gol ketiga yang dikemas Adisak Kraisorn, di mana penjaga gawang berusia 21 tahun tersebut salah membuang bola yang justru jatuh ke kaki pemain Thailand.

Putu Gede Juni Antara (5/10)
Kembali bermain setelah mendapat hukuman, penampilan Putu Gede nyatanya tak banyak perubahan bahkan dirinya gagal berkontribusi dalam penyerangan maupun pertahanan Timnas Indonesia.

Fachruddin Aryanto (6/10)
Punya andil dalam gol kedua Thailand dan membuat situasi saat itu semakin tertekan bagi Indonesia, padahal Timnas sempat mampu mengimbangi permainan tuan rumah.

Hansamu Pranata (5/10)
Tidak dapat berbuat banyak untuk mencegah proses terjadinya gol pertama atau kedua Thailand. Namun dengan ban kapten yang ia pegang, harusnya Hansamu dapat menkoordinasi barisan pertahanan Timnas lebih baik lagi.

Alfath Fathier (6/10)
Usai mencatatkan penampilan gemilang kontra Timor Leste, Alfath Fathier gagal mengulang hal serupa dan terlihat terus tertekan dari serangan Thailand.

Evan Dimas (6/10)
Bermain cukup baik dengan sering memberikan umpan-umpan, dan cukup rajin memotong aliran bola namun sayang masih banyak peluang yang terbuang percuma akibat kesalahan passing.


2. Zulfiandi (6/10)

Pemain Timnas Indonesia Stefano Lilipaly, saat dibangku cadangan.

Menjadi pencetak gol pertama Timnas Indonesia menjadikanya pemain yang cukup bagus, namun perlahan peformanya semakin menurun dan bahkan harus digantikan di babak kedua.

Andik Vermansah (6/10):  
Banyak peluang yang ia ciptakan, namun sayang dirinya harus ditarik keluar pada babak pertama karena cedera dan digantikan oleh Febri Haryadi.

Stefano Lilipaly (4/10)
Penampilan di bawah rata-rata Lilipaly, di mana gelandang Bali United tersebut tak memberikan dampak di seluruh permainan. Sempat mendapat peluang besar di babak pertama ketika hanya berduel 1 lawan 1 dengan kiper, namun ia gagal menemukan golnya.

Riko Simanjuntak (7/10)
Satu-satunya pemain yang menonjol di sisi Indonesia, berhasil merangsek masuk dan menciptakan peluang bahkan dirinya berhasil mencatatkan satu assist untuk gol kedua yang dicetak Fachruddin.

Alberto Goncalves (5/10)
Terlihat lelah dan menjadi biang terciptanya gol kedua Thailand di babak pertama, menjadikan performa Beto pada malam ini sangat jauh dari kata memuaskan.

Pemain Pengganti

Febri Hariyadi (6/10):  
Menggantikan Andik Vermansah yang cidera di babak pertama, Febri semula mampu menggantikan peran mantan pemain Persebaya itu. Namun setelah beberapa menit berselang, dirinya justru kehilangan sentuhan dan hilang dari permainan.

Baca Juga

Bayu Pradhana (5/10):  
Masuk pada menit ke-75 untuk menambah kesegaran di lini tengah, namun Bayu tidak dapat memberikan kontribusi positif pada tim bahkan berakhir dengan kartu kuning.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Seputar Piala AFF 2018 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.

ThailandTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas ThailandPiala AFF 2018

Berita Terkini