x

3 'Pembantaian' Terbesar Timnas Indonesia vs Filipina

Senin, 19 November 2018 13:47 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia punya rekor superior atas Filipina. Berikut 3 kemenangan terbesar Timnas Indonesia atas Filipina. 

Dalam olahraga sepak bola, Timnas Indonesia memang lebih unggul dari Filipina. Dari 24 kali pertemuan, Timnas Indonesia sudah menang 19 kali, 3 kali bermain imbang, dan hanya dua kali menelan kekalahan. 

Dan kedua negara akan kembali berjumpa di ajang Piala AFF 2018. Laga Indonesia vs Filipina di Piala AFF 2018 merupakan laga terakhir kedua tim di fase grup. 

Baca Juga

Pertandingan Indonesia vs Filipina akan berlangsung 25 November mendatang di Stadion Gelora Bung Karno. Sebelum menyaksikan pertandingan tersebut, berikut INDOSPORT merangkum 3 momen kemenangan terbesar Timnas Indonesia atas Filipina di berbagai ajang. 


1. Indonesia 9-0 Filipina

Timnas Indonesia.

Laga Indonesia vs Filipina yang berakhir dengan skor 9-0 tersebut terjadi di ajang Merdeka Tournament (Merdeka Games) 1962 di Malaysia. 

Pada Merdeka Tournament 1962, menjadi juara Grup A dan lolos ke final. Salah satu kemenangan yang diraih Timnas adalah dengan mencukur Filipina dengan skor telak 9-0. 

Baca Juga

Timnas Indonesia pun akhirnya finis sebagai juara Grup A dan melaju ke final bertemu Pakistan. Indonesia akhirnya menjadi juara usai mengalahkan Pakistan 2-1 di final. 


2. Indonesia 12-0 Filipina

Timnas senior pada saat latihan di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang.

Kemenangan telak 12-0 Indonesia atas Filipina tersebut terjadi di turnamen sepak bola President Cup 1972. President Cup merupakan turnamen sepak bola yang digelar oleh Korea Selatan pada kurun 1971 hingga 1999. 

Pada edisi kedua tahun 1972, Indonesia tergabung di Grup B bersama Myanmar, Singapura, dan Filipina. 

Pada pertandingan terakhir melawan Filipina, Timnas Indonesia yang saat itu diperkuat Waskito, Iswadi Idris, serta Jacob Sihasale menang dengan skor 12-0. 

Baca Juga

Waskito dan Iswadi Idris masing-masing mencetak hattrick pada pertandingan itu. 


3. Indonesia 13-1 Filipina

Budi Sudarsono.

Skor 13-1 yang dicatatkan Timnas Indonesia atas Filipina tersebut terjadi di ajang Piala AFF (Tiger) 2002. Timnas Indonesia yang saat itu menjadi tuan rumah, mengamuk di laga terakhir dan membantai Filipina. 

Bambang Pamungkas mencetak gol pada menit pertama dan masih bisa menambah tiga gol lagi. Zaenal Arif juga mampu mencetak 4 gol saat itu. 

Lalu BeJo Sugiantoro mencetak dua gol, sedangkan Budi Sudarsono serta Imran Nahumarury masing-masing mencetak satu gol. 

Baca Juga

Kemenangan-kemenangan besar tersebut, kini sudah sulit untuk diulangi Timnas Indonesia jika bertemu Filipina. 

Ikuti Terus Berita Piala AFF 2018 dan Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM 

FilipinaPiala KemerdekaanTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTurnamen MerdekaPiala AFF 2002Piala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini