x

Kalah dari PSIS, Ini Hitung-hitungan Persib Bisa Juara Liga 1 2018

Senin, 19 November 2018 09:25 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
Lima Pelatih Liga 1 Favoritkan Persib Bandung Juara Musim 2018

INDOSPORT.COM - Usai kalah dari PSIS Semarang, Persib masih punya peluang juara Liga 1 2018 meski berat. Ini hitung-hitungan Persib juara Liga 1 usai kalah dari PSIS. 

Memiliki kesempatan untuk menyalip Persija Jakarta di urutan kedua klasemen Liga 1 2018, Persib Bandung justru harus mengalami nasib buruk kalah telak 0-3 atas tuan rumah PSIS Semarang, Minggu (18/11/18).

Baca Juga

Kekalahan itu bukan saja membuat Persib bandung akhirnya gagal menyalip rivalnya itu, namun juga membuat peluang mereka untuk menjadi juara di Liga 1 2018 semakin berat.

Meski berat, memang secara matematis klub kebanggaan Bobotoh itu masih memiliki peluang untuk menjadi yang terbaik di Liga 1 2018. Namun semuanya itu akan sangat bergantung pada hasil laga sisa dua klub pesaing mereka PSM Makassar dan Persija Jakarta.

Andai kedua klub tersebut tak maksimal di tiga dan empat sisa laga mereka masing-masing, bukan tak mungkin gelar juara akan kembali merapat ke kota Bandung. Begini hitung-hitungannya.


1. Hitungan Peluang Persib Bandung Bisa Juara Usai Kalah dari PSIS

Tiga hal yang bisa membatalkan Persija Jakarta jadi juara Liga 1 2018

Dengan menyisakan tiga pertandingan Liga 1 2018, Persib saat ini telah mengoleksi 49 poin. Dnegan asumsi akan meraih angka maksimal 58 poin di akhir musim, ini tiga syarat dan ketentuan yang bisa membuat Persib Bandung juara.

1. Persib menyapu kemenangan di tiga laga sisa menghadapi Perseru Serui (kandang), Persela Lamongan (tandang) dan Barito Putera (kandang) sementara PSM Makassar dan Persija kalah di sisa laga mereka.

2. PSM Makkasar Hanya meraih satu kemenangan di tiga laga sisanya.

Dengan poin PSM Makasar yang berjumlah 54 saat ini, jika hanya menang di satu laga sisa itu artinya poin mereka hanya berjumlah 57. 

Jikapun satu laga sisa itu bertambah dengan satu poin dari hasil imbang di pertandingan lainnya, poin PSM Makassar yang menjadi 58 juga tak akan menghalangi Persib Bandung menjadi juara. Karena secara head to head, Persib Bandung unggul atas PSM Makassar.

Baca Juga

Persib mampu menang 3-0 di Bandung, sementara PSM hanya menang 1-0 di Makassar.

Skenario ini masih sangat mungkin melihat calon lawan PSM Makassar di sisa laganya yang terhitung berat. PSM masih akan menghadapi Bali United (kandang), Bhayangkara FC (tandang) dan PSMS Medan (kandang).

Namun jangan lupa jika skenario ini berjalan, maka akan ada satu syarat lagi demi Persib Bandung bisa juara Liga 1 2018. 

3. Persija Jakarta maksimal hanya meraih dua kemenangan dan satu imbang di empat laga sisanya.

Jika itu terjadi, maka poin Persija Jakarta yang kini 50 akan menjadi 57. Jumlah tersebut tak akan menghalangi Persib Bandung jika menyapu tiga laga sisanya.

Namun jika kemudian Persija Jakarta bisa menambah satu hasil imbang lainnya, maka hilang sudah harapan Persib Bandung menjadi juara.

Karena dengan poin 58, cukup bagi Persija untuk menyingkirkan Persib bandung dari gelar juara karena secara head to head Macan Kemayoran bisa mengungguli Maung Bandung. Itu didapat karena Persija menang di Jakarta dengan skor 1-0, sementara Persib menang di Bandung dengan skor 3-2 otomatis Persija unggul gol tandang.

Baca Juga

Jika ketiga skenario itu berjalan sempurna hingga akhir musim, maka Persib Bandung sekali lagi berhak atas gelar juara Liga 1 Indonesia. Namun sebaliknya, jika sedikit saja dari tiga skenario itu meleset maka Persib Bandung harus mengikhlaskan gelar juara ke salah satu diantara PSM Makassar atau Persija Jakarta.

Ikuti Terus Kabar berita sepak bola Liga 1 2018 Lainnya di INDOSPORT.COM

 

Persib BandungPersija JakartaPSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini