x

5 Pelatih yang Paling Banyak Tampil di Premier League

Rabu, 21 November 2018 21:22 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Logo Liga Primer Inggris.

INDOSPORT.COM – Sejak awal, Liga Primer Inggris telah memberikan pertandingan yang apik dan menyajikan beberapa pionir permainan sepak bola.

Banyak rasa yang telah dihadirkan dalam liga kasta tertinggi di Inggris, bahagia, sedih, marah dan hal lainnya pun selalu muncul di Premier League.

Setiap tim di Inggris yang hebat pasti memiliki beberapa juru taktik yang sensasional, dan yang telah memiliki banyak pengalaman serta menorehkan sejarahnya sendiri.

Baca Juga

Disadur dari laman 90 Minutes, INDOSPORT.com telah menyiapkan lima pelatih yang paling banyak tampil di Premier League. Berikut ulasannya.


1. Sam Allardyce (512 penampilan)

Pelatih Crystal Palace, Sam Allardyce memutuskan untuk hengkang dari Selhurst Park.

Dipuji sebagai salah satu pelopor ilmu olahraga dalam sepak bola Inggris, Sam Allardyce selalu tertarik untuk membuat pihaknya skuatnya kuat dan tak terkalahkan.

Gaya permainnanya bukan yang paling menarik, tapi dia yakin tahu bagaimana menghasilkan hasil yang baik. Dia sangat dikritik karena ketergantungannya pada taktik bola panjang selama melatih West Ham United, tetapi warisannya tentu tidak diragukan lagi.

Tim yang dikelola:

Bolton Wanderers (226)

West Ham United (114)

Blackburn Rovers (76)

Sunderland (30)

Everton (24)

Newcastle United (21)

Crystal Palace (21)

David Moyes  (526 penampilan)

Mantan pelatih Everton, David Moyes.

Setelah membuat lebih dari 540 penampilan liga, David Moyes memulai karier manajerialnya dengan Preston pada 1998. Empat tahun kemudian, ia pindah ke Everton, dan akhirnya memimpin klub tersebut ke Final Piala FA 2009.

Moyes mendapatkan banyak pujian dari pelatih kawakan seperti Arsene Wenger, Sir Alex Ferguson dan Kenny Daglish untuk prestasinya di Everton, dan akhirnya mengambil alih klub impiannya, Manchester United.

Sayangnya impiannya tersebut harus berakhir dengan cepat dan terpaksa harus melepaskannya setelah hanya 34 pertandingan bersama Setan Merah karena gagal memperpanjang kejayaan Sir Alex Ferguson.

Tim yang Dikelola:

Everton (427)

Sunderland (38)

Manchester United (34)

West Ham United (27)


2. Harry Redknapp (639 penampilan)

Caption

Pensiun pada tahun 1982 setelah membuat 276 penampilan di liga Premier League, Harry Redknapp kembali ke ruang istirahat hanya setahun setelahnya, kemudian memilih bertanggung jawab atas AFC Bournemouth.

Kesungguhan dan tekadnya menarik perhatian semua orang, saat ia mencatat kemenangan 2-0 Piala FA melawan Manchester United.

Mantra terbaiknya sebagai manajer, bagaimanapun datang bersama Portsmouth ketika ia memimpin tim underdog ke kemenangan Piala FA pada 2008 silam

Tim yang Dikelola:

West Ham United (269)

Portsmouth (157)

Tottenham Hotspur (144)

Queens Park Rangers (71)

Southampton (22)

Sir Alex Ferguson (810 penampilan)

Caption

Hampir tidak mungkin untuk meringkas warisan Sir Alex Ferguson (SAF). Salah satu manajer terbaik dalam sejarah olahraga, SAF mengambil alih Manchester United pada November 1986.

Selama 26 tahun berikutnya yang gemilang, ia memimpin klub itu meraih 38 piala, termasuk 13 gelar Premier League, lima Piala FA, dan dua Liga Champions.

Ia juga menjadi pelatih terlama Manchester United, yang tak terkalahkan pada 1999 karena jasanya yang luar biasa, SAF akhirnya memutuskan pensiun pada akhir musim 2012/13 setelah memberikan trofi Premier League terakhir Man United.

Tim Dikelola:

Manchester United (810)


3. Arsene Wenger (828 penampilan)

Arsene Wenger

Ia menjadi manajer terlama dalam sejarah Liga Primer Inggris, Arsene Wenger, meski tidak pernah terlalu hebat dengan bola di kakinya, tetapi kemampuannya untuk membaca permainan tidak ada duanya.

Akhirnya, pada 1996, ia diberi kesempatan untuk memanfaatkan keahliannya dan hanya dalam waktu dua tahun memimpin Arsenal menjadi juara liga dan Piala FA.

Dia mengulangi prestasi pada tahun 2002 dan mempertahankan Piala FA setahun kemudian. Pada 2004, ia mencapai puncak kariernya, memimpin Arsenal ke musim yang tak terkalahkan. Wenger akhirnya mengundurkan diri sebagai manajer pada akhir musim lalu, mengakhiri 22 tahun yang begitu ikonik.

Klub yang Dikelola:

Arsenal (828)

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT

Premier LeagueArsene WengerSir Alex FergusonHarry RedknappDavid MoyesSam AllardyceLiga InggrisTRIVIA

Berita Terkini