x

Perbandingan Mencolok Loyalitas The Jakmania dengan Suporter Timnas Indonesia

Rabu, 21 November 2018 13:53 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
Koreografis dari Jakmania di GBK

INDOSPORT. COM - Perbandingan mencolok jumlah penonton saat laga Timnas Indonesia dan Persija terlihat jelas. Loyalitas suporter Persija alias Jakmania ternyata melampaui suporter Timnas Indonesia.

Persija Jakarta pada Selasa (20/11/18) kemarin memainkan laga lanjutan Liga 1 2018 melawan Persela Lamongan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Mengejutkannya, jumlah penonton di laga itu ternyata jauh lebih banyak ketimbang laga Timnas Indonesia vs Timor Leste yang juga digelar di GBK beberapa waktu lalu.

Jadwal pertandingan Liga 1 2018 pekan ke-31, pada Selasa (20/11/18) kemarin memainkan pertandingan tunda antara Persija Jakarta vs Persela Lamongan. Pertandingan itu digelar di Stadiion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada sore hari.

Selaku tuan rumah, Persija pun berhasil memetik kemenangan dalam laga ini. Ya, Persija sukses menundukuan tamunya, Persela dengan skor meyakinkan 3-0.

Baca Juga

Momen Persija yang akhirnya bisa kembali bermain di GBK setelah terakhir kali pada 12 Mei 2018, ternyata mendapat sambutan baik dari The Jakmania. Buktinya, pada laga kemarin, jumlah penonton yang datang memadati GBK begitu membeludak.


1. Jakmania Lebih Superior Ketimbang Timnas Indonesia

Suporter Timnas Indonesia.

Menurut catatan situs Jak Online, laga Persija vs Persela jumlah penonton yang datang ke stadion mencapai angka 60.059 orang. Angka ini pun menciptakan sebuah rekor tersendiri, terkhusus bila dibandingkan dengan pertandingan Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia pada 13 November 2018 lalu, memainkan pertandingan babak Grup B Piala AFF 2018 melawan Timor Leste. Sama seperti laga Persija vs Persela, pertandingan itu pun diketahui juga dilangsungkan di Stadion GBK.

Akan tetapi, jumlah penonton yang datang ke GBK untuk menyaksikan laga Timnas Indonesia vs Timor Leste justru terbilang sangatlah sedikit. Bahkan, angka yang ada menunjukan empat kali lipat lebih rendah dibanding pertandingan Persija vs Persela.

Menurut catatan INDOSPORT, jumlah penonton laga Timnas Indonesia vs Timor Leste berada di angka 15.138 orang. Padahal tiket yang disediakan pihak panitia pelaksana pertandingan mencapai 60.000 tiket.

Baca Juga

Tak heran bila situasi ini bisa terjadi menghinggapi Timnas Indonesia. Pasalnya, kala menjamu Timor Leste, suporter Timnas Indonesia sedang ramai melakukan aksi boikot tagar #KosongkanGBK yang heboh di media sosial.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 dan OIahraga Lainnya di INDOSPORT.COM