x

3 Tanda-tanda Timnas Indonesia Tersisihkan di Piala AFF 2018

Kamis, 22 November 2018 11:18 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
Bima Sakti tampak lesu usai Timnas ditaklukan Thailand dengan skor 4-2

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia kembali mengulang catatan buruk empat tahun silam. Skuat Garuda gagal lolos dari babak penyisihan grup turnamen sepak bola Piala AFF 2018.

Kepastian tersebut diketahui setelah pertandingan Filipina vs Thailand, Rabu (21/11/18) lalu. Thailand yang diharapkan mampu mengalahkan Filipina justru bermain imbang 1-1.

Hasil itu membuat langkah Timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal sirna. Timnas Indonesia tidak bisa lagi mengejar perolehan angka Filipina yang mengoleksi 7 poin.

Baca Juga

Timnas Indonesia tertahan di peringkat ke-4 dengan poin 3. Dengan demikian, pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina, Minggu (25/11/18) mendatang, sudah tidak berarti apa-apa lagi bagi kelanjutan tim Merah Putih di Piala AFF 2018.

Tanda-tanda Timnas Indonesia akan kesulitan di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018 sudah terlihat sejak awal turnamen. Anak asuh Bima Sakti sulit meraih kemenangan pada laga awal bahkan susah payah menaklukkan Timor Leste.

Puncaknya, Thailand memvonis Timnas Indonesia dengan memberi kekalahan di Stadion Rajamangala dan meraih hasil imbang di kandang Filipina.

Berikut INDOSPORT merangkum 3 tanda-tanda Timnas Sepak Bola Indonesia tersisihkan di Piala AFF 2018.


1. 1. Gagal Memanfaatkan Pertandingan Pertama

Febri Hariyadi saat berduel merebut bola dengan pemain Singapura.

Pertandingan pertama merupakan langkah awal untuk menentukan nasib ke depan. Tampaknya, Timnas Indonesia gagal memanfaatkan momentum tersebut.

Timnas Indonesia yang diharapkan mampu mencuri poin pada pertandingan perdana justru melempem di kandang Singapura. Hansamu Yama dan kawan-kawan kalah dengan skor tipis 0-1.

Tim Merah Putih tertekan sepanjang pertandingan dan minim mendapatkan peluang. Belum lagi, Putu Gede Juni Antara harus diusir wasit usai melanggar keras pemain Singapura.

Baca Juga

Kekalahan tersebut tidak hanya merusak momentum Timnas Indonesia, tetapi mengurangi nilai head to head atas Singapura di klasemen Grup B.


2. 2. Kesulitan Hadapi Timor Leste

Indonesia vs Timor Leste

Meskipun menang atas Timor Leste dengan skor 3-1, Timnas Indonesia harus susah payah mengalahkan tim yang baru tampil sebanyak dua kali di Piala AFF tersebut.

Timnas Indonesia bahkan tertinggal lebih dahulu dari Timor Leste setelah hanya bermain imbang 0-0 di babak pertama.

Berkaca dari hasil tim unggulan lain di Grup B, Timnas Indonesia jelas jauh tertinggal. Thailand bahkan mampu mencukur Timor Leste dengan skor 7-0.

Baca Juga

Kemenangan atas Timor Leste sempat menaikkan asa Timnas Indonesia. Mereka naik ke urutan kedua di bawah Thailand.

Meskipun begitu, kemenangan 3-1 atas Timor Leste sulit membuat Timnas Indonesia bersaing dengan tim lain. Timnas Indonesia seharusnya mampu menang besar dan menjaga gawang tetap cleansheet.


3. 3. Harus Bergantung Thailand

Skuat Timnas Thailand.

Timnas Indonesia sempat meninggikan asa usai mampu unggul terlebih dahulu melalui gol tendangan jarak jauh Zulfiandi. Sayangnya, Thailand dengan cepat mengembalikan keadaan.

Thailand sekali lagi menjadi momok bagi Timnas Sepak Bola Indonesia. Skuat Garuda kembali memperpanjang rekor buruk di Stadion Rajamangala dengan kekalahan 2-4.

Setelah itu, Timnas Indonesia harus bergantung kepada Thailand untuk dapat lolos ke semifinal. Ya, Thailand harus menang dari Filipina agar Timnas Indonesia bisa menentukan nasib di laga melawan Filipian, Minggu (25/11/18) nanti.

Baca Juga

Sayangnya, Thailand memvonis Timnas Indonesia dengan keputusan yang menyakitkan. Thailand hanya bermain imbang 1-1 dengan Filipina.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia dipastikan tersingkir di Piala AFF 2018. Dengan demikian, pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina tidak akan berarti apa-apa lagi.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 dan Berita Sport Lainnya di INDOSPORT.COM

ThailandSingapuraTimor LesteTimnas IndonesiaBola InternasionalPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini