x

Profil Peserta Semifinal Liga 2 2018: Kalteng Putra FC

Kamis, 22 November 2018 16:32 WIB
Editor: Rafif Rahedian

INDOSPORT.COM - Kalteng Putra FC secara resmi mendapatkan satu tempat di semifinal Liga 2 2018 setelah menduduki peringkat kedua di klasemen akhir Grup A babak 8 besar.

Tim asal Kalimantan tersebut mengantongi 10 poin, jumlah yang sama dengan pemuncak klasemen akhir Grup A, Semen Padang. Namun Kalteng Putra kalah jumlah gol atas Semen Padang sepanjang babak 8 besar Liga 2 2018.

Dengan begitu, langkah Kalteng Putra untuk bersaing di kasta tertinggi sepak bola Indonesia tinggal selangkah lagi. Tim yang memiliki julukan Laskar Isen Mulang tersebut harus mengalahkan PSS Sleman di semifinal agar mendapatkan tiket otomatis ke Liga 1.

Baca Juga

Sambil menunggu hasil semifinal Liga 2 dimulai, INDOSPORT mencoba untuk membahas profil atau kiprah dan prediksi Kalteng Putra pada pertandingan sebelumnya dan yang akan digelar nanti.


1. Rekam Jejak di Liga 2 2018

Mantan kapten Kalteng Putra Taufiq KAsrun.

Kalteng Putra tampil sangat meyakinkan sejak penyisihan grup wilayah timur Liga 2 2018. Bagaimana tidak, Kalteng Putra menjadi tim yang paling sedikit menelan kekalahan, yakni sebanyak lima kali.

Jumlah kekalahan tersebut juga sama dengan yang ditorehkan Madura FC selama penyisihan grup. Meski demikian Kalteng Putra tetap unggul dari Madura FC dari catatan pertemuannya.

Kalteng Putra sendiri sangat perkasa saat bermain di depan pendukungnya sendiri. Hal itu terbukti ketika anak asuh Kas Hartadi ini tak pernah menelan kekalahan satu pun di laga kandang.

Hasil tersebut pun membuat Kalteng Putra pantas mendapatkan satu tempat di babak 8 besar Liga 2 2018. Pada babak tersebut, Kalteng Putra pun tetap menjadi yang kedua, di bawah Semen Padang. Namun situasi itu cukup membuat mereka lolos ke semifinal Liga 2.

Kekuatan dan Kelemahan

Jika melihat statistik Kalteng Putra di penyisihan grup wilayah timur Liga 2 2018, kekuatan mereka salah satunya terletak di lini pertahanan. Karena mereka menjadi tim kedua yang paling sedikit kebobolan, yakni 18.

Kalteng Putra sendiri mampu mencatatkan 10 kali clean sheets sepanjang penyisihan grup wilayah timur. Catatan itu pun terbilang cukup baik bagi tim kasta kedua sepak bola Indonesia.

Setelah berbicara keunggulan, tak lengkap rasanya jika tidak membahas kelemahan yang dimiliki Kalteng Putra. Kelemahan tersebut sepertinya tidak muncul dari cara permainan Kalteng Putra.

Namun, kelemahan mereka adalah mental para pemainnya saat bertandang ke markas lawan. Sepanjang musim ini, mereka menelan tujuh kekelahan (termasuk babak 8 besar) dan semuanya terjadi saat menjalani laga tandang.


2. Prediksi Startegi dan Starting XI

Penyerang Kalteng Putra, Kushedya Hari Yudo.

Dilansir dari media sosial resmi Kalteng Putra, pelatih Kas Hartadi mennggunakan skema sepak bola modern 4-2-3-1. Di mana Kushedya Hari Yudo menjadi ujung tombak di lini serang mereka.

Taktik ini pun berjalan sangat baik setelah Kalteng Putra menjadi salah satu klub yang paling sedikit kebobolan di penyisihan grup wilayah timur Liga 2 2018. Mereka memanfaatkan dua gelandang bertahannya untuk menjaga kestabilan tim.

Starting XI Kalteng Putra.

Pemain Bintang

Meski hanya berharap dengan satu penyerang, namun bukan berarti produktivitas Kalteng Putra buruk. Meski tak menjadi salah satu klub produktif, namun Kalteng Putra bermain sangat efektif di mana Hari Yudo sukses menjadi pencetak gol terbanyak klub.

Hari Yudo sendiri telah mengoleksi empat gol selama bermain di babak 8 besar Liga 2 2018. Itu nampaknya sudah cukup menjelaskan jika Hari Yudo adalah tumpuang Kalteng Putra untuk bisa promosi ke Liga 1 musim depan.

Dengan penampilan apiknya itu, bukan tidak mungkin Hari Yudo akan mendapatkan tawaran dari klub-klub Liga 1 seperti pendahulunya, Rivaldi Bawuo. Seperti yang diketahui, Rivaldi direkrut Arema FC karena bermain bagus bersama Kalteng Putra musim lalu.


3. Prediksi Kalteng Putra di Semifinal Liga 2

Pemain Kalteng Putra FC, Dadang Apridianto (kiri).

Kalteng Putra akan berhadapan dengan lawan sengit di semifinal Liga 2 2018 kontra PSS Sleman. Kedua tim ini sebelumnya pernah berhadapan di penyisihan grup wilayah timur.

Hasilnya, Kalteng Putra dan PSS Sleman sama kuat. Keduanya berhasil mengantongi kemenangan saat bermain di depan pendukungnya sendiri. Skornya pun sama, yakni 1-0.

Baca Juga

Namun, INDOSPORT memprediksikan bahwa Kalteng Putra akan mendapatkan satu tempat di Liga 1 pada musim depan. Meski Kalteng Putra menelan kekalahan atas PSS, namun mereka sepertinya akan meraih kemenangan dalam perebutan juara ketiga.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.

Liga IndonesiaKushedya Hari YudoLiga 2Kalteng Putra FC

Berita Terkini