x

Termasuk Indonesia, 3 Tim Piala AFF 2018 Ini Percaya dengan Pelatih Lokal

Jumat, 23 November 2018 13:50 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Tiga tim Piala AFF 2018 ini percaya dengan pelatih lokal.

INDOSPORT.COM - Turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara – Piala AFF 2018 – telah berlangsung sejak awal November lalu. Tak heran jika hampir setiap negara memberikan kepercayaan kepada pelatih asing dalam ajang ini.

Hampir setiap federasi di negara masing-masing sepertinya lebih percaya diri ketika memperkerjakan pelatih asing saat bertarung di Piala AFF 2018. Hal itu dilakukan agar mampu membawa dampak besar bagi timnya.

Meski begitu, bukan berarti seluruh peserta Piala AFF 2018 ditukangi oleh pelatih asing. Sebagian kecil peserta Piala AFF 2018 nampaknya masih mempercayakan posisi tersebut kepada pelatih lokal.

Baca Juga

Hal itu dilakukan karena pelatih-pelatih lokal tahu betul kultur sepak bola mereka. Namun, itu belum tentu membawa dampak baik untuk kelangsungan tim di Piala AFF. Tapi, pelatih lokal juga belum pasti memberikan hasil yang buruk di ajang ini.

Kali ini INDOSPORT mencoba untuk membahas 3 negara yang dilatih oleh pelatih lokal di ajang Piala AFF 2018 ini.


1. Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti dan asisten jelang Timnas Indonesia lawan Filipina.

Seluruh pecinta sepak bola Tanah Air seperti sudah mengetahui jika Timnas Indonesia saat ini dilatih oleh pria lokal, yang juga seorang mantan pemain nasional. Pria yang dimaksud adalah Bima Sakti.

Bima Sakti baru saja ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia untuk mengarungi kompetisi Piala AFF 2018. Itu dilakukan karena PSSI dan Luis Milla tidak menemui kata sepakat dalam negosiasi perpanjangan kontrak.

Bima Sakti sendiri saat ini telah gagal membawa Timnas Indonesia untuk melangkah jauh di Piala AFF 2018. Meski penyisihan grup belum berakhir, namun Timnas Indonesia dapat dipastikan tersingkir di turnamen ini.


2. Singapura

Fandi Ahmad besut Timnas Singapura di Piala AFF 2018.

Bermain dalam satu grup dengan Timnas Indonesia, Singapura nyatanya juga mempercayakan posisi pelatih kepada pria lokal. Bahkan Timnas Indonesia dan Singapura memiliki kesamaan dalam urusan pelatih.

Karena kedua negara ini sama-sama menunjuk mantan pemain tim nasionalnya untuk melatih di Piala AFF 2018. Jika Timnas Indonesia memilih Bima Sakti, Singapura juga menunjukan Fandi Ahmad.

Fandi Ahmad merupakan salah satu pemain Timnas Singapura pada periode 1979-1997. Bermain sebanyak 101, Fandi Ahmad sukses menyarangkan 55 gol sepanjang karier tim nasionalnya.


3. Malaysia

Pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe.

Malaysia nampaknya menjadi negara yang paling mempercayakan kepada pria lokal untuk menduduki kursi kepelatihan tim nasional. Bagaimana tidak, pada Piala AFF 2016 lalu mereka juga mempercayakan Ong Kim Swee untuk melatih.

Kali ini, federasi sepak bola Malaysia kembali mempercayakan pelatih lokal untuk berjuang di Piala AFF 2018. Pelatih tersebut adalah Tan Cheng Hoe. Dirinya merupakan mantan asisten pelatih, yang akhirnya dipromosikan pada tahun lalu.

Kiprahnya di Piala AFF 2018 ini pun terbilang cukup baik. Karena Malaysia masih memiliki peluang lolos ke semifinal jika berhasil memenangkan laga terakhir kontra Myanmar.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya di INDOSPORT.

MalaysiaSingapuraPelatihTimnas IndonesiaBima SaktiBola InternasionalFandi AhmadTan Cheng HoePiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini