x

1 Hal yang Harus Dipelajari Persib Bandung dari Arema FC

Sabtu, 24 November 2018 14:58 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Pemain Persib Bandung protes ke wasit dalam laga melawan Perseru Serui di Liga 1 2018, Jumat (23/11/18).

INDOSPORT. COM - Klub sepak bola Persib Bandung harus terus menuai hasil buruk di gelaran kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Gojek Liga 1 2018 sejak menerima hukuman dari Komisi Disiplin PSSI.

Hal ini membuat Persib setidaknya harus berkaca dari Arema FC untuk bisa mengatasi hal itu.

Ya, pasca insiden tewasnya seorang Jakmania, Haringga Sirla pada laga Liga 1 pekan ke-23 melawan Persija Jakarta, Persib mendapat sejumlah sanksi tegas dari Komisi Disiplin PSSI.

Salah satu sanksi yang diterima Persib ialah bertanding tanpa boleh dihadiri oleh suporternya, Bobotoh.

Usai mendapat hukuman itu, Persib seakan kehilangan tajinya. Sejak mendapat hukuman, Persib telah memainkan sembilan laga Liga 1 2018, dan hanya mampu meraup satu kemenangan.

Baca Juga

Mendapati segala hasil buruk yang diterima, Persib tentu harus bisa bebenah. Salah satu cara yang bisa dipakai untuk bisa mengatasi masalah yakni dengan belajar dari klub Liga 1 lainnya, Arema FC.


1. Arema Tetap Ganas Walau Bertanding Tanpa Penonton

Selebrasi gol Konate Makan dan Dendi Santoso di laga lanjutan Liga 1 kontra Perseru Serui.

Persib dan Arema terbilang memiliki kesamaan nasib. Arema juga mendapat hukuman dari Komisi Disiplin PSSI bertanding tanpa suporter setianya, Aremania, pasca segala insiden pada laga Liga 1 pekan ke-24 melawan Persebaya Surabaya.

Mendapat hukuman yang sama, nasib Arema justru nampak sangat berbeda dengan Persib. Arema bahkan terbilang memiliki peforma yang mentereng meski sedang tak bisa berlaga tanpa didukung Aremania.

Sejak mendapat hukuman, Arema total sudah tiga kali menggelar laga kandang. Hebatnya, ketiga pertandingan itu berhasil disapu bersih kesemuanya oleh Arema dengan hasil kemenangan.

Hal yang didapat Arema itu begitu kontras dengan raihan Persib setelah dihukum Komisi Disiplin PSSI. Persib justru terjungkal, dan baru bisa sekali meraih kemenangan dalam sembilan laga terakhir sejak mendapat hukuman bertanding tanpa Bobotoh.

Baca Juga

Faktor tersebutlah yang lantas bisa menjadikan Arema sebagai bahan pembelajaran bagi Persib. Walau sedang tak bisa bertanding didukung suporter setianya, Arema tetap mampu tampil ganas, dan jauh berbeda dengan yang ditampilkan Persib.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT