x

Piala AFF: 3 Bukti Bahwa Kualitas Timnas Indonesia Tertinggal dari Filipina

Minggu, 25 November 2018 16:44 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Timnas Indonesia usai melawan Timor Leste di Piala AFF 2018.

INDOSPORT. COM - Timnas sepak bola Indonesia akan berhadapan dengan Filipina dalam laga terakhir babak grup B kejuaraan sepak bola Piala AFF 2018.

Jelang laga, ada beberapa fakta yang menunjukan bahwa kini kualitas Timnas Indonesia sudah jauh tertinggal dari Filipina.

Jadwal pertandingan Grup B Piala AFF 2018 pada hari Minggu (25/11/18) ini, akan memainkan laga antara Timnas Indonesia vs Filipina.

Laga bakal berlangsung di markas Timnas sepak bola Indonesia, yakni Stadion Gelora Utama Bung Karno, pada pukul 19.00 WIB.

Bila melihat status tuan rumah, Timnas Indonesia jelas sedikit lebih diunggulkan dalam laga ini. Timnas Indonesia diyakini bakal mendapat suntikan semangat lebih berkat dukungan ribuan suporter yang memadati SUGBK.

Baca Juga

Namun, bila berkaca ke kondisi yang sebenarnya, Timnas Indonesia sejatinya tak terlalu diunggulkan. Pasalnya, Timnas Indonesia kini sudah pasti tersingkir dari gelaran Piala AFF 2018, sementara Filipina masih memiliki peluang untuk lolos ke semifinal.

Fakta itu lantas memang menunjukan bahwa kualitas Timnas Indonesia saat ini sudah jauh tertinggal dari Filipina.

Bahkan, ada beberapa fakta lainnya yang bisa semakin menguatkan asumsi ketertinggalan Timnas Indonesia dari Filipina.

Lalu, apa saja fakta-fakta yang dimaksudkan tersebut? INDOSPORT mencoba merangkumnya dalam ulasan singkat berikut ini.


1. Ranking FIFA

LOGO FIFA.

Ketertinggalan kualitas Timnas Indonesia dari Filipina bisa dilihat dari rangking FIFA. Ya, posisi Timnas Indonesia di rangking FIFA lebih rendah ketimbang Filipina.

Baca Juga

Pada rangking FIFA yang dirilis terakhir 25 Oktober 2018, Timnas Indonesia berada di urutan 160. Sementara itu, Filipina berada di posisi yang jauh lebih tinggi yakni 116.


2. Rekor Pertemuan

Bambang Pamungkas di Piala Tiger 2002.

Rekor pertemuan kedua negara juga sangat menjelaskan bagaimana ketertinggalan kualitas Timnas Indonesia bila dibandingkan dengan Filipina. Ya, rekor pertandingan menunjukan kualitas Timnas Indonesia yang terus menurun dari tahun ke tahunnya.

Pada gelaran Piala AFF 2002, Timnas Indonesia berhasil menuai kemenangan yang sangat besar atas Filipina. Bahkan saking besarnya, skor kala itu mencapai angka 13-1.

Namun, skor kemenangan besar Timnas Indonesia atas Filipina kini sudah semakin sulit ditemui. Dalam dua gelaran Piala AFF terakhir saja, Timnas Indonesia belum sekalipun mampu menundukan Filipina.

Baca Juga

Pada Piala AFF 2014, Timnas Indonesia takluk dengan skor telak 4-0. Berlanjut ke gelaran Piala AFF 2016, Timnas Indonesia hanya bermain imbang dengan Filipina 2-2.


3. Kualitas Pelatih

Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti dan Sven-Goran Eriksson, pelatih Timnas Filipina.

Tanpa mengurangi rasa hormat atas sosok Bima Sakti, kualitas pelatih Timnas Indonesia saat ini memang jauh tertinggal dari Filipina. Bahkan, kini Filipina ditangani oleh pelatih yang merupakan jebolan Piala Dunia, Sven Gorran Eriksson.

Baca Juga

Ya, Eriksson dahulu pernah menangani Inggris di gelaran Piala Dunia 2002 dan 2006. Sementara Bima Sakti, pengalamannya baru pernah menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia di gelaran Asian Games 2018 lalu.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

FilipinaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini