x

Ada Riko Simanjuntak, 3 Pemain Timnas Indonesia yang Bakal Pindah Klub Usai Piala AFF 2018

Senin, 26 November 2018 20:05 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
Riko Simanjuntak mengantisipasi ke siapa dia akan melakukan umpan bola.

INDOSPORT. COM - Timnas Indonesia sudah resmi tersingkir dari gelaran kompetisi sepak bola Piala AFF 2018. Usai keikutsertaan kemarin, sejumlah pemain Timnas Indonesia santer dikabarkan akan berpinah klub.

Ya, gelaran Piala AFF 2018 telah merampungkan kesemua laga di babak grup. Langkah Timnas Indonesia sendiri harus terhenti hanya sampai fase grup ini.

Timnas Indonesia tergabung di dalam Grup B bersama Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste. Setelah memainkan kesemua laga babak grup, Timnas Indonesia hanya bisa mendulang tiga poin dan bertengger di urutan empat klasemen.

Baca Juga

Mendapati kegagalan ini, sejumlah pemain Timnas Sepak Bola Indonesia justru mendapatkan berkah tersendiri. Usai gagal menorehkan prestasi gemilang untuk negaranya, beberapa pemain Timnas Indonesia malah santer dikabarkan akan berpindah klub.

Lalu, siapa sajakah para pemain Timnas Indonesia yang akan berpindah klub usai gagal di gelaran Piala AFF 2018 tersebut? INDOSPORT mencoba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut ini.


1. Zulfiandi

Zulfiandi melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Thailand

Pemain yang satu ini mencetak sebuah gol indah kala berlaga membela Timnas Indonesia melawan Thailand. Lewat tendangan dari luar kotak penalti, Zulfiandi mampu merobek jala gawang Thailand dalam laga yang berakhir dengan skor 4-2 (Timnas Indonesia kalah) tersebut.

Mungkin faktor itulah yang sampai membuat Zulfiandi dilirik klub asal Thailand, Chainat Hornbill FC. Bahkan, kabar ketertarikan Hornbill FC itu dikonfirmasi langsung oleh manajer Zulfiandi, Mulyawan Munal.

"Tadinya begitu (ada tawaran). Sebenarnya ada klub Thailand yang lirik, kelihatannya. Tetapi kita pertimbanginlah nanti," ucap Muly.

Baca Juga

Zulfiandi sendiri sampai saat ini masih terdaftar sebagai pemain dari klub sepak bola Liga 1, Sriwijaya FC. Bila isu tadi benar-benar terwujud ke depannya, Sriwijaya tentu harus bersiap kehilangan Zulfiandi.


2. Andik Vermansah

Pemain Timor Leste melakukan pelanggaran terhadap Andik Vermansyah.

Sebelum gelaran Piala AFF 2018 dimulai, Andik Vermansah memang sudah dipastikan akan berpindah klub. Maklum saja, kontraknya bersama klub sepak bola Malaysia, Kedah FA tak diperpanjang.

Namun, yang menjadi kejutan ialah soal ke mana Andik akan berlabuh selanjutnya. Andik kini santer dikabarkan akan kembali berlaga di kompetisi Indonesia.

Ya, beberapa waktu lalu, Andik secara terang-terangan mengutarakan niatnya ingin membela klub Liga 1, Persebaya Surabaya. Andik sendiri dahulu diketahui juga pernah membela seragam Bajul Ijo, dan rasanya transfer ini bakal benar-benar terwujud.

Baca Juga

"Jujur satu kata, saya pengen balik ke Persebaya," kata Andik.


3. Riko Simanjuntak

Riko Simanjuntak dikawal ketat dua pemain Filipina

Riko Simanjuntak bisa dibilang menjadi penggawa Timnas Indonesia yang paling bersinar pada gelaran Piala AFF 2018 lalu. Dibantu kecepatan berlarinya, Riko berhasil menorehkan dua assists bagi Timnas Indonesia dan kerap mendapat pujian dari media asing.

Penampilan apik bintang Persija Jakarta ini lantas berbuah manis. Riko santer dikabarkan tengah menjadi perbincangan dari klub-klub Thailand. 

Kabar tersebut bahkan dibeberkan oleh pelatih Timnas Indonesia sendiri, Bima Sakti. Bima menyebut Riko kini sedang menjadi incaran banyak klub di Thailand.

Baca Juga

"Seperti Riko yang sudah banyak dibicarakan dengan klub-klub di Thailand, semoga saja pemain lain bisa menyusul. Yang pasti kecepatannya Riko menjadi pembicaraanlah," kata Bima.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT