x

Selama Menjabat Ketua PSSI, Ini 3 Prestasi yang Pernah Ditorehkan Edy Rahmayadi

Senin, 26 November 2018 18:05 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil

INDOSPORT. COM - Sosok Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi belakangan memang dibanjiri begitu banyak kritikan menyusul kegagalan Timnas Indonesia di gelaran Piala AFF 2018. Meski demikian, sejatinya Edy Rahmayadi telah memberikan sejumlah prestasi dan kemajuan bagi sepak bola Indonesia.

Ya, gelaran Piala AFF 2018 telah merampungkam ke semua laga di babak grup. Langkah Timnas Indonesia sendiri harus terhenti hanya sampai fase grup ini dan gagal lolos ke babak semifinal.

Timnas Indonesia tergabung di dalam Grup B bersama Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste. Setelah memainkan ke semua laga babak grup, Timnas Indonesia hanya bisa mendulang tiga poin dan bertengger di urutan empat klasemen.

Baca Juga

Hasil ini lantas menyudutkan sosok Edy Rahmayadi selaku Ketua Umum PSSI. Edy Rahmayadi dianggap publik jadi pihak yang paling bertanggung jawab atas kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

Tak hanya itu, publik juga banyak yang berharap agar Edy Rahmayadi mundur dari jabatannya. Tagar ataupun tulisan #EdyOut menyeruak di mana-mana, baik di media sosial, ataupun di dalam Stadion Gelora Bung Karno.

Segala kritikan terbilang memang pantas dilayangkan kepada Edy Rahmayadi. Namun, harus diingat lagi, bahwa semasa kepemimpinannya di PSSI, Edy Rahmayadi telah mampu menghadirkan sejumlah prestasi dan kemajuan bagi sepak bola Indonesia.


1. Kompetisi Usia Muda

Edy Rahmayadi.

Edy Ramhayadi sepertinya menyadari betul pentingnya pembinaan pemain muda. Tak heran, bila PSSI lantas menggelar kompetisi jenjang usia untuk para pemain muda.

Baca Juga

Ya, pada musim 2018/19 ini, PSSI telah melangsungkan dua kompetisi usia muda, yakni Liga 1 U-16 2018, dan Liga 1 U-19 2018. Dua kompetisi ini pun jadi ajang yang bagus untuk membina talenta bibit-bibit muda pemain Indonesia.


2. Prestasi Tim Nasional

Ketum PSSI, Edy Rahmayadi, memberikan ciuman kepada para pemain muda Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia memang menuai hasil buruk dalam gelaran Piala AFF 2018. Namun, tidak demikian yang terjadi dengan Timnas Indonesia di level junior.

Ya, Timnas Indonesia U-16 contohnya. Pada tahun 2018 ini, Timnas Indonesia U-16 berhasil menyabet gelar juara dalam ajang Piala AFF U-16.

Baca Juga

Tak hanya itu saja, Timnas Indonesia U-16 dan Timnas Indonesia U-19 juga berhasil meraih prestasi di gelaran Piala Asia. Walau akhirnya gagal mencapai target menembus semifinal, keduanya berhasil tampil apik dan lolos ke sampai ke babak 8 besar.


3. Mandatangkan Pelatih Kelas Dunia

Luis Milla resmi diperkenalkan PSSI sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia dalam era kepemimpinan Edy Ramhayadi sebagai ketua PSSI, sempat dihiasi oleh nama pelatih kelas dunia. Ya, dahulu, Timnas Indonesia pernah dibesut oleh Luis Milla.

Sebagai informasi, Milla dahulu pernah merasakan bermain bersama klub top dunia yakni Real Madrid dan Barcelona. Sebagai pelatih, Milla bahkan juga pernah membawa Timnas Spanyol U-21 menjuarai gelaran Piala Eropa.

Baca Juga

Namun, keputusan Edy Rahmayadi selanjutnya terkait Milla sungguh disayangkan. Menjelang gelaran Piala AFF 2018, Edy memutuskan untuk mencopot jabatan pelatih Timnas Indonesia dari Milla dan menggantinya dengan Bima Sakti.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Timnas Indonesia Hanya di INDOSPORT.COM.

Timnas IndonesiaEdy RahmayadiLiga IndonesiaPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini