x

5 Calon Pelatih Terbaik Liga 1 Musim 2018: Persib dan Persija Diunggulkan

Selasa, 27 November 2018 17:32 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
Lima calon pelatih terbaik Liga 1 2018

INDOSPORT.COM - Gelaran kompetisi sepak bola kasta tertinggi Liga Indonesia -Liga 1- musim 2018/2019, telah memasuki pekan-pekan terakhir turnamen dan akan segera menemukan sang juara di musim ini.

Menjelang akhir musim, hanya tersisa dua tim yang dapat bersaing untuk meraih takhta juara yakni PSM Makassar sebagai pemuncak klasemen dan Persija Jakarta yang berada di bawahnya dengan hanya selisih satu poin.

Meski tersisa dua tim yang bakal meraih gelar juara, namun selama kompetisi berlangsung hampir seluruh tim menampilkan permainan atraktif dan membuat persaingan di papan atas hingga bawah sangatlah ketat.

Baca Juga

Penampilan atraktif tim-tim tersebut, tentu tak lepas dari hasil tangan dingin masing-masing pelatih yang mampu meracik strategi ciamik dan membuat lawan tak berkutik kala bertanding.

Dan sampai pengujung musim ini, terdapat beberapa pelatih yang dianggap tampil cemerlang dan mampu membawa timnya meraih hasil maksimal di Liga 1 musim 2018.

Untuk itulah, tim INDOSPORT.com coba merangkum 5 juru taktik yang paling berpengaruh besar selama gelaran Liga 1 serta berpotensi menjadi calon pelatih terbaik di tahun 2018 ini, dan berikut ulasanya.


1. 1.Djajang Nurdjaman

Pelatih Persebaya, Djajang Nurdjaman.

Sempat dianggap gagal lantaran dipecat PSMS Medan akibat tak mampu membawa tim asal Sumatra Utara tersebut tampil konsisten di Liga 1, Djajang Nurdjaman kemudian membuktikan kelasnya saat menukangi Persebaya Surabaya.

Bersama tim Persebaya, pelatih yang karib disapa Djanur sukses mecatatkan penampilan impresif dengan membawa The Green Force keluar dari zona degradasi bahkan membuka peluang Persebaya tampil di kompetisi Asia musim depan.

Dalam 11 pertandingan, Persebaya di bawah arahan Djanur berhasil meraih tujuh kemenangan, satu hasil imbang dan tiga kekalahan yang membuat mereka bertengger di peringkat ke 7.

Hebatnya lagi, 2 pertandingan berhasil mereka menangkan kontra tim penghuni lima besar (Persib dan Bali United) di luar kandang mereka dan satu pertandingan kontra PSM Makassar berhasil dimenangkan dengan skor fantastis 3-0.

Dengan capaian tersebut, tak heran jika Djanur masuk dalam nominasi calon pelatih terbaik Liga 1 musim 2018 kali ini.

2.Simon McMenemy

Simon McMenemy, pelatih Bhayangkara FC.

Menangani sebuah tim baru, pelatih asal Skotlandia tersebut mampu memberikan dampak positif kepada Bhayangkara bahkan membuat tim tersebut meraih gelar juara musim lalu.

Di musim ini pun Simon McMenemy masih tetap konsisiten dan membuat Bhayangkara FC tetap menjadi tim berbahaya di Liga 1, dan menduduki peringkat keempat dengan raihan 49 poin serta selisih delapan poin dari sang pemuncak klasemen.


2. 3.Mario Gomez

Pelatih Persib, Mario Gomez saat ditemui di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Sabtu (10/11/2018).

Menjalani musim perdana di kompetisi Liga 1, Roberto Mario Carlos Gomez alias Mario Gomez mampu membuktikan kelasnya dan membuat Persib Bandung yang sempat terseok tampil impresif musim ini.

Bahkan Maung Bandung sempat merasakan dinginya puncak klasemen hingga beberapa pekan, sebelum akhirnya insiden pengeroyokan suporter dan berakibat menurunya prestasi Persib Bandung.

Namun meski tak lagi memuncaki klasemen, nama Mario Gomez tetap menjadi salah satu pilihan untuk kandidat pelatih terbaik tahun ini lantaran kejeniusanya meramu taktik skuat Pangeran Biru hingga penghujung musim.

4.Stefano Cugurra Teco

Pelatih Persija Jakarta Stefano Cugurra Teco saat konfrensi pers.

Pelan tapi pasti, Persija mulai menunjukkan tajinya di kompetisi lokal dan bangkit menjadi salah satu tim calon juara musim ini setelah menduduki peringkat kedua dengan hanya selisih satu poin dari PSM Makassar.

Capaian Teco juga terlihat di musim lalu dan di awal musim ini, di mana Persija yang pada musim lalu tak terlalu memiliki pemain bintang dan hanya mengandalkan Simic, mampu finis di peringkat keempat dan meraih gelar Piala Presiden 2018.

5.Robert Rene Alberts

Terakhir terdapat nama lawas di kancah sepak bola nasional, Robert Rene Alberts yang kini kembali melatih tim PSM Makassar setelah sempat berpisah lama di tahun 2011 hingga 2015.

Kembali ke Indonesia, kiprah Robert Rene Alberts masih cukup gemilang. Terbukti dalam dua musim menangani PSM Makassar, dirinya mampu membuat Juku Eja menjadi tim menakutkan.

Baca Juga

Bahkan musim lalu PSM arahanya mampu finis di urutan ketiga, dan di Liga 1 musim ini dirinya berpeluang membawa PSM Makassar meraih gelar juara setelah nyaman duduk di puncak klasemen.

Ikuti Terus Berita Timnas Indonesia dan Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM